Home » Tips Windows » Cara Mengatur Tema Windows 10

Cara Mengatur Tema Windows 10

Cara Mengatur Tema Windows 10 – Windows merupakan sistem operasi keluaran dari Microsoft yang paling anyar saat ini. Windows 10 hadir menyempurnakan sistem operasi Windows 8 dan juga Windows 8.1. Di Windows 10 ini Microsoft kembali menghadirkan tombol start mana di windows 8 dihilangkan. Dengan hadirnya tombol start ini diharapkan pengguna lebih mudah.

Karena masyarakat akan merasa bingung jika tanpa hadirnya tombol start ini. Mungkin karena sudah terbiasa menggunakan tombol start yang ada di windows 7. Tidak hanya soal tombol start. Pengaturan di windows 10 ini pun berubah dan berbeda dengan versi sebelumnya. Jika windows 8 atau windows mungkin masih mirip dengan windows 7. Tapi beda lagi dengan windows 10.

Baca juga : Apa Itu Skinpack, Kelebihan dan Kekurangannya

Ada banyak pengaturan di windows 10. Tapi kali ini kita akan bahas mengenai cara mengatur tema windows 10 saja terlebih dahulu. Seperti apa pengaturan windows 10 ?

Cara Mengatur Tema Windows 10

1. Silakan klik tombol start

2. Kemudian akan muncul tampilan baru dan pilih menu Personalization

3. Akan muncul tampilan seperti di bawah ini

Cara Mengatur Tema Windows 10

4. Pada gambar tersebut ada 5 bagian inti yakni Background, Colors, Lock Screen, Themes, Start

5. Kita bahas satu persatu di bawah ini

a. Background

Pada bagian ini kita bisa mengatur background atau gambar dasar di layar. Di bawah tulisan Background ada 3 pilihan menu background. Picture adalah pilihan backgroudn berupa gambar. Solid Color berupa backround yang berdasar warna saja, misalnya Hijau, Kuning, merah dan sebagainya.

Menu Browse untuk mencari gambar mencari gambar. Browse ini muncul ketika kita memilih menu Background gambar. Jika memilih solid File maka akan muncul menu warna. Dan jika memilih slide show akan muncul untuk memilih album gambar yang akan di jadikan slide background

b. Colors

Pada bagian ini kita bisa mengatur warna dasar dari menu start dan juga taskbar. Secara default wana asli bawaan windows 10 adalah biru. Silakan ganti sesuai dengan keinginan sobat santri drajat ya.

c. Lock Screen

Pada bagian lock screen ini kita bisa memilih gambar yang akan di jadikan gambar dasar ketika layar terkunci. Di bagian bawah juga terdapat menu Screen Timeout Setting dan Screen Saver Settings.

Screen Timeout Settings adalah pengaturan layar dimana ketika tidak digunakan. Misalnya saja ketika baterai tercharge berapa menit layar akan terkunci ketika tidak digunakan. Dan lain sebagainya.

d. Themes

Di bagian themes user bisa mengganti tema. Di bagian ini dibagi lagi menjadi beberapa bagian. Themes setting untuk mengatur tema. Advanced Sound Settings untuk mengatur suara atau sound dasar. Desktop Icon Seting untuk mengatur icon apa saja yang dimunculkan di Dekstop. Sedangkan mouse untuk mengatur mouse atau pointer.

e. Start

Cara Mengatur Tema Windows 10

Pada bagian start ini ada beberapa bagian menu :

  • Show most used app : Menampilkan aplikasi yang sering digunakan.
  • Show recently addes apps : Menampilkan aplikasi yang baru saja digunakan
  • Use Start Full Screen : dibagian ini kita bisa mengganti menu start. Bisa ditampilkan mirip windows 8 atau mirip dengan windows 7

Baca juga : Cara Mempercepat Download IDM

Silakan di otak-atik sendiri pengaturan tema ini. Sebenarnya masih banyak pengaturan tema di windows 10 ini. Dan mohon maaf tidak semua bisa saya tuliskan di sini dan juga kurang adanya gambar. Perlu diketahui bahwa pada tutorial kali ini saya menggunakan windows 10 pro. Sekian dulu tentang Cara Mengatur Tema Windows 10. Semoga bermanfaat dan jangan lupa share artikel Cara Mengatur Tema Windows 10 ini.

Bagikan / Share

About Jun Setyawan

Aku tak sebaik yang kau ucapkan tetapi aku juga tak seburuk yang terlintas di hatimu (Ali Bin Abi Tholib)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *