Home » Excel » Cara Mengatur Kertas Folio F4 di Excel

Cara Mengatur Kertas Folio F4 di Excel

Cara Mengatur Kertas Folio F4 di Excel – Ketika mendengar kata Excel yang ada dipikiran kita adalah kotak-kotak yang banyak sekali. Memang ciri khas dari software ini adalah halaman yang kotak-kotak. Sebenarnya kotak-kotak tersebut bisa dihilang. Silakan baca artikel tentang bagaimana cara menghilangkan kotak-kota excel ini.

Microsoft Excel merupakan aplikasi yang mana ditujukan untuk mengolah data. Karena itulah dibuat kotak-kotak. Dengan adanya kotak-kota inilah kita akan terbantu. Misalnya saja untuk membuat tabel yang jumlahnya sangat banyak.

Kita mengenal Excel sebagai bagian keluarga dari Microsoft Office yang mana terdiri dari Word, Excel, Power Point dan lainnya. Namun Excel ini ada yang berbeda dengan Word yakni masalah ukuran kertas. Jika kita menggunakan MS Word kita bisa menemukan ukuran kertas Folio atau F4 (Ukuran 33cm x 21,5 cm) dan juga A4. Kedua kertas inilah yang banyak digunakan di Indonesia.

Baca juga : Cara Mengatur Kertas Folio F4 di Word

Di Excel memang ada ukuran Folio namun ukurannya berbeda yakni 35×21,5 cm. Tentunya hal ini akan mempengaruhi pengaturan ketika dicetak. Nah karena itulah kita akan bahas bagaimana Cara Mengatur Kertas Folio F4 di Excel. Agar ketika sobat Santri Drajat beraktitiftas menggunakan Excel yang mana menggunakan Excel tidak kebingungan.

Cara Mengatur Kertas Folio F4 di Excel

1. Seperti biasanya, buka Excel dan pilih menu Page Layout

2. Klik pada bagian pojok menunya

Cara Mengatur Kertas Folio F4 di Excel

3. Kemudian akan muncul menu seperti gambar di bawah ini dan silakan pilih menu Option

Cara Mengatur Kertas Folio F4 di Excel

4. Selanjutnya pilih menu Pages dan pilih menu Custom Form

5. Kemudian klik Add lalu kolom Custom Form Name masukkan nama yang dikehendaki. Misalnya Folio/F4. Di dalam kolom ukuran masukkan ukuran 21,5 cm X 33,0 cm jika menggunakan ukuran centimeter atau 215,0 mm X 330,0 mm jika menggunakan milimeter. Dan klik OK

Cara Mengatur Kertas Folio F4 di Excel

6. Jika berhasil sobat akan menemukan ukuran custom tersebut di menu pilihan kertas yang mana biasanya muncul di bagian akhir pilihan kertas seperti di bawah ini.

Cara Mengatur Kertas Folio F4 di Excel

Dengan cara seperti atas maka sobat akan lebih mudah untuk mengatur kertas ukuran Folio F4 ini. Ukuran kertas ini secara otomatis akan tersimpan di pengaturan Excel. Sobat bisa menggunakannya kapanpun tanpa harus mengatur kertasnya kembali seperti cara di atas. Kiranya cukup itu dulu tutorial cara mengatur kertas Folio F4 di excel ini. Jangan lupa share.

Bagikan / Share

About Jun Setyawan

Aku tak sebaik yang kau ucapkan tetapi aku juga tak seburuk yang terlintas di hatimu (Ali Bin Abi Tholib)

One comment

  1. Oke makasih gan artikelnya
    Sangat bermamfaat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *