Home » Tips Windows » Cara Mengatasi Task Manager Tidak Bisa di Buka

Cara Mengatasi Task Manager Tidak Bisa di Buka

Cara Mengatasi Task Manager Tidak Bisa di Buka – Task Manager merupakan salah satu dari aplikasi bawaan dari sistem operasi windows yang berguna untuk mengatahui kinerja komputer, proses dan penggunaan CPU, informasi muatan dan memori, aktifitas jaringan dan statistik dan lain sebagainya. Untuk mengantifkan aplikasi ini ada beberapa cara di antaranya dengan tombol kombinasi ctrl+alt+del atau bisa juga Ctrl+Shift+Esc, jika ketiga tombol tersebut(ctrl+alt+del)(ctrl+shift+esc) di tekan bersaamaan maka task manager akan muncul. Cara lainya yakni dengan klik kanan pada taskbar dan pilih Task manager.

Jika cara di atas tidak berhasil kemungkinan ada masalah di windows anda atau juga memang sengaja fitur task manager nya disable. Jika bermasalah kemungkinan penyebabnya adalah virus yang menyebabkan task manager tidak dapat dijalankan biasanya muncul pesan “Task Manager has been disabled by your administrator”. Jika memang terkena virus ini terjadi karena antivirus yang kurang maksimal. Jika ingin windows anda tetap aman dari virus cobalah Microsoft Security Essential (MSE), antivirus ini gratis asalkan windows kita original alias bukan bajakan.

Baca Juga : Cara Mengganti Bahasa Windows Menjadi Bahasa Indonesia

Cara Mengatasi Task Manager Tidak Bisa di Buka

Untuk mengaktifkan task manager yang disabled tersebut gunakan beberapa cara ini agar kembali normal. Jadi tidak usah khawatir dan panik dan tidak perlu instal ulang windows.

Cara Mengaktifkan Task Manager dengan Script

1. Buka aplikasi notepad atau notepad++
2. Copy atau ketik script di bawah ini di notepad atau notepad++ dan jangan sampai salah ketik
    [Version]
    Signature=”$Chicago$”
    Provider=mailplus
    [DefaultInstall]
    DelReg=del
    [del]

HKCU, Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Policies\System,DisableTaskMgr

   

    Bisa langsung download scriptnya di sini
3. Simpan dengan extensi .inf dengan nama terserah. Misalnya saja santridrajat.inf
4. Jika sudah maka klik kanan dan pilih instal pada file yang sudah tersimpan tersebut. Maka pengaturan task manager akan kembali ke default

Cara Mengaktifkan Task Manager dengan Local Group Policy Editor

  1. Jalankan RUN windows dengan menekan “windows + R“. Setelah itu pada Run, ketikkan “gpedit.mse” (tanpa tanda kutip) dan tekan tombol Enter.
  2. Pada User Configuration – Administrative Templates
  3. Pilih System – Ctrl+Alt+Del Options.
  4. Klik dua kali pada Remove Task Manager – Pilih Disabled – Apply dan OK.
  5. Kemudian Restart komputer atau laptop sobat.

Cara Mengatasi Task Manager Tidak Bisa di Buka
Beberapa cara di atas dapat mengatasi task manager yang disable. Dan jika cara-cara di atas tidak berhasil kemungkinan besar virus yang ada di windows anda sudah parah. Jika sudah begitu sebaiknya instal ulang saja windowsnya dengan ketentuan format drive windowsnya agar aman. Dan sebelum instal ulang amankan data-data penting karena bisa saja kita meletakkan data penting di drive yang ada sistem operasinya.

Baca juga : Cara Upload Dan Setting Penyimpanan Online Google Drive

Demikian Cara Mengatasi Task Manager Tidak Bisa di Buka atau disabled dan semoga bermanfaat. Silakan share artikel Cara Mengatasi Task Manager Tidak Bisa di Buka ini kepada yang lainnya siapa tahu orang lain membutuhkannya. Terima Kasih

About Jun Setyawan

Aku tak sebaik yang kau ucapkan tetapi aku juga tak seburuk yang terlintas di hatimu (Ali Bin Abi Tholib)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *