Home » Hardware » Cara Mengatasi Komputer Yang RAMnya Rusak

Cara Mengatasi Komputer Yang RAMnya Rusak

Cara Mengatasi Komputer Yang RAMnya Rusak – Salah satu kerusakan komputer yang terjadi adalah RAM yang rusak. Rusaknya RAM ini dikarenakan beberapa sebab misalnya banyak debu yang menempel, posisi RAM yang kurang tepat atau yang lainnya.

Bagi yang belum pada apa itu RAM bisa membaca tentang RAM dan Sejarah Perkembangannya. RAM di dalam sebuah komputer berfungsi sebagai tempat penyimpanan sementara. Dan jika RAM ini tidak berfungsi maka komputer tidak akan dapat digunakan. Ada beberapa ciri kerusakan RAM diantaranya :

  1. CPU Menyala tapi monitor tetap saja hitam atau tidak menyala
  2. Lampu CPU berkedip dan CPU restrat kembali
  3. Muncul bunyi Beep beberapa kali. Untuk masalah bunyi beep ini lebih jelasnya silakan baca tentang Analisa Bunyi Beep pada Komputer

Beberapa ciri di atas dapat dijadikan analisa bahwa RAM komputer sedang rusak. Namun tidak menutup kemungkinan terjadi kerusakan pada bagian lain.

Mengatasi Komputer Yang RAMnya Rusak

Cara mudah untuk menguji apakah RAM komputer anda rusak adalah mencoba dengan menggunakan RAM lain. Bisa meminjam RAM komputer lain, dan jika menyala dengan RAM komputer lain maka yang rusak adalah RAM komputer anda.

Jangan terburu-buru membeli RAM baru. Cobalah bersihkan motherboard dari berbagai kotoran karena terkadang debu menjadi salah satu penyebab komputer tidak dapat menyala.

Selanjutnya bersihkan RAM dengan kuas secara perlahan dan konektor RAM dengan menggunakan penghapus pensil secara perlahan agar tidak merusak bagian dari RAM.

Bagikan artikel ini

About Jun Setyawan

Aku tak sebaik yang kau ucapkan tetapi aku juga tak seburuk yang terlintas di hatimu (Ali Bin Abi Tholib)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *