Home » Software » Cara Mengatasi Gagal Update Microsoft Security Essential

Cara Mengatasi Gagal Update Microsoft Security Essential

Cara Mengatasi Gagal Update Microsoft Security Essential – Dengan melakukan update antivirus maka akan membuat antivirus yang kita gunakan menjadi lebih baik kemampuannya untuk melindungi komputer kita. Di antara antivirus yang bagus untuk windows adalah Microsoft Security Essential atau biasa disebut MSE. MSE merupakan antivirus gratis dari windows untuk digunakan di sistem operasi windows dengan syarat windows tersebut original/asli. Agar optimal penggunaannya maka antivirus ini harus selalu di update. Update antivirus ini bisa otomatis bila komputer yang digunakan terkoneksi internet dan juga sudah terdapat pembaharuan.

Namun ada pula yang mengalami kendala ketika melakukan update antivirus ini. Di bawah ada 2 tips bagi yang mengalami Gagal Update Microsoft Security Essential :

Cara Mengatasi Gagal Update Microsoft Security Essential

#Cara Pertama Mengatasi Gagal Update Microsoft Security Essential

1. Jalankan RUN Windows dengan menekan tombol windows + R
2. Setelah itu ketikan perintah service.msc dan tekan enter

Cara Mengatasi Gagal Update Microsoft Security Essential

3. Maka akan muncul menu baru

Cara Mengatasi Gagal Update Microsoft Security Essential

4. Matikan windows update seperti gambar di atas
5. Selanjutnya kita akan menghapus atau mengganti folder directori di windows
6. Ketikan %windir% pada menu pencarian windows dan tekan enter

Cara Mengatasi Gagal Update Microsoft Security Essential

7. Akan muncul menu windows explorer. Cari folder SoftwareDistribution dan ganti nama folder tersebut atau bisa menghapusnya, agar lebih aman ganti saja dengan menambahkan _ di akhir kata menjadi SoftwareDistribution_
8. Aktfifkan kembali update services windows update seperti langkah nomor 2 sampai nomor 4 kemudian aktifkan kembali windows update tersebut.
9. Jalankan microsoft security essential dan lakukan update online.
10. Agar update berhasil gunakan koneksi yang cepat dan stabil agar ketika proses update berlangsung tidak putus di tengah jalan.

#Cara Kedua Mengatasi Gagal Update Microsoft Security Essential

Cara kedua ini yang paling gampang menurut saya. Yakni melakukan update secara offline. Update secara offline ini maksutnya adalah kita hanya mendownload file terbaru dari MSE tanpa menggunakan MSE itu sendiri.

Untuk cara update offline silakan baca tutorialnya pada Cara Update Offline Antivirus Microsoft Security Essential. Sekian tentang Cara Mengatasi Gagal Update Microsoft Security Essential. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

About Jun Setyawan

Aku tak sebaik yang kau ucapkan tetapi aku juga tak seburuk yang terlintas di hatimu (Ali Bin Abi Tholib)

4 comments

  1. gan, ada beberapa file yang tdk bisa dihapus di software sidtribution. ganti nama pun ga bisa..
    nah, ada solusinya tdk ya ??

  2. Mas, problem saya agak rumit nih. Semula, MSE di komputer saya eror, jadi saya hapus (uninstal). Lalu saya coba instal lagi, tapi selalu mengalami eror. Selalu gagal instal.

    Terus saya nemu artikel ini, dan berpikir mungkin masalah saya seperti mas ini. Saya pun mengikuti semua intruksi di atas, termasuk menghapus folder software distibution. Setelah itu, saya coba instal MSE lagi. Tapi tetap gagal terus. Saya bahkan sudah mencoba donlut ke situs microsoft, tapi donlut MSE selalu gagal.

    Itu kenapa masalahnya, ya? Mohon pencerahannya, terima kasih.

    • Ada kemungkinan : – Windows yang terinstal bukan windows original, atau sudah oprek, misalnya windows 7 Glass, Black Edition dan lainnya. Bisa juga masalahnya terkena virus yang sudah menguasai sistem dan akhirnya memblok instalasi MSE itu.

      Solusinya : Gunakan Windows yang asli saja. Kalaupun sudah asli cek di sistem apakah ada software yang tidak jelas asalnya dan berisi virus. Hapus saja itu. Kalaupun tetap tidak bisa solusinya ya instal ulang. Semoga dapat membantu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *