Home » Tips Android » Cara Mengatasi Charging HP Android Yang Lama

Cara Mengatasi Charging HP Android Yang Lama

Cara Mengatasi Charging HP Android Yang Lama – Mengisi baterai HP Android tapi lama sekali fullnya ? Tenang tidak usah panik. Jika sobat mengalami charge atau pengisian baterai dalam waktu yang cukup lama pada saat awal pertama kali menggunakan HP Android yang baru maka hal itu wajar.

Memang demikian HP Android yang baru pengisian awalnya memang lumayan lama. Saya pun dahulu kaget dengan hal ini. Saya kira barangnya kenapa-kenapa, namun setelah pengisian kedua dan seterusnya pengisian berjalan normal.

Baca juga : Cara Membuat 2 akun Whatsapp dan Instagram di 1 HP Android

Tetapi bagaimana jika HP lama tapi pengecesannya atau charge memakan waktu lama ? Apa sebabnya dan bagaimana solusinya ? Simak penjelasannya di bawah ini.

Cara Mengatasi Charging HP Android Yang Lama

Cara Mengatasi Charging HP Android Yang Lama

1. Pilih Kabel USB Yang Baik

Jangan pernah tergoda rayuan mantan buat balikan. Bukan itu maksutnya 😀 😀 maksutnya jangan pernah tergoda dengan kabel panjang. Terkadang ketika datang ke toko HP atau toko pulsa terkadang kita mendapati sebuah kabel USB yang panjangnya tidak main-main, kadang mencapai 5 meter loh. Yang memang, kita tergoda kabel ini karena kita bisa leluasa memegang HP sambil mengecas.

Perlu sobat ketahui bahwa kabel inilah salah satu penyebab mengapa proses charging menjadi lama. Ibarat selang, semakin panjang selang maka air yang dialirkan akan semakin lama.

2. Pilih Adaptor Charge Yang Baik

Jangan sampai pilih adaptor. Karena adaptor pun bermacam-macam. Tips simpelnya gunakan adaptor dengan daya 5v 2.0 A. Jadi sebelum membeli charge adaptor sebaiknya perhatikan dahulu charge tersebut. Apakah sudah menggunakan daya 5v 2.0 apa tidak.

3. Matikan HP Android

Dengan mematikan HP Android untuk sementara ketika mengcharge akan membuat baterai cepat terisi. Hal ini karena baterai tidak mengeluarkan daya karena posisi HP Android Sobat Santri Drajat sedang tidak aktif

4. Matikan Wifi dan Paket Data

Jika memang tidak ingin mematikan HP paling tidak matikan wifi dan paket data. Koneksi data ini lah yang kadang cepat sekali menguras tenaga bateri. Jadi sebaiknya ketika mengecharge paket data di nonaktifkan. Atau juga bisa memilih mode terbang di HP Android.

5. Ganti Baterai

Tanpa sadar baterai HP Android juga perlu diganti, walaupun itu jenis baterai non removableUntuk mengganti baterai non removable cukup datang saja ke tukang service HP Android. Masalah harga tidak pasti karena tergantung merk dan type HP Android sobat. Biasanya semakin langka HP tersebut maka semakin mahal.

6. Jangan Mengecas Meggunakan Laptop atau PC

Loh bukankah bisa kita mengisi baterai atau charging menggunakan laptop ? Boleh saja, gunakan laptop sebagai sarana untuk mengisi baterai. Tetapi sobat kudu paham kalau kalau daya yang dialirkan port USB laptop tidaklah seperti adaptor pada umumnya. Apabila menggunakan USB 2.0 dapat menyediakan daya hingga 500mA (0.5 A) Dan apabila menggunakan USB 3.0 dapat menyediakan hingga 900mA (0.9 A).

Silakan buktikan tips di atas. Semoga bermanfaat dan jangan lupa share artikel Cara Mengatasi Charging HP Android Yang Lama ini.

Bagikan / Share

About Jun Setyawan

Aku tak sebaik yang kau ucapkan tetapi aku juga tak seburuk yang terlintas di hatimu (Ali Bin Abi Tholib)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *