Home - Tips Windows - Cara Mengamankan Data Dalam Hardisk

Cara Mengamankan Data Dalam Hardisk

Cara Mengamankan Data Dalam Hardisk – Memiliki data penting dalam sebuah hardisk namun was-was khawatir hilang ? Tidak usah khawatir tentang hal itu karena kali ini akan saya share bagaimana cara mengamankan data dalam sebuah hardisk.

Karena memang pada kenyataannya kehilangan sebuah data penting itu tidak enak sekali. Apalagi jika tidak punya cadangan file atau datanya. Yuks langsung saja disimak Cara Mengamankan Data Dalam Hardisk ini.

Baca juga : Tips Merawat Flasdisk Agar Tidak Mudah Rusak

Cara Mengamankan Data Dalam Hardisk

Cara Mengamankkan Data Dalam Hardisk

  • BackUp Data atau File Ke Perangkat Lain

Hal paling mudah adalah membackup data yang penting ke perangkat lain. Bisa saja mengggunakan hardisk ekternal maupun flasdisk biasa. Karena flasdisk zaman sekarang semakin besar penyimpannya. Dulu ada flasdisk 2 GB sudah termasuk besar. Sekarang flasdisk 2 Gb tidak ada yang jual, yang dijual sudah 8Gb ke atas. 😀

  • Backup Data Atau File ke Penyimpanan Online

Dulu pernah saya singgung tentang memanfaatkan penyimpanan online ini. Memang saat ini penyimpanan online sangatlah membantu penggunanya. Dengan adanya penyimapan online kita dapat mengambil data kapan pun dan dimana pun asalkan bisa terhubung dengan internet.

Agar data penting sobat tidak hilang begitu saja, coba manfaatkan penyimpanan online. Penyimpanan Online banyak yang gratis dan besar pula. Coba saja google drive yang mampu menyimpan file 15 Gb untuk setiap user. Kalau kurang ya buat akun baru lagi, jadi 30 Gb kan. Dan seterusnya.

  • Titipkan File Atau Data Ke Teman

Mengerjakan skripsi atau makalah penting dan tidak mau kehilangan filenya ? Titipkan saja ke teman sobat. Dengan begitu apabila terjadi kerusakan atau kehilangan data maka sobat tinggal copy dari teman sobat yang sebelumnya sobat titipi. Tetapi jangan file yang terlalu besar ya. Kasian teman sobat jika hardisknya penuh gara-gara titipanmu sob. 😀

  • Copykan Data atau File Ke Smartphone

Smartphone sekarang penyimpanan besar-besar. Coba saja lihat Nokia 6 Android yang mampu menyimpan file 64 GB. Cukup besar bukan. Padahal itu adalah perangkat yang bentuknya simpel atau dapat dibawah kemana saja.

Besarnya penyimpan pada smartphone android maupun IOS ini dapat kita manfaatkan untuk menyimpan file penting kita loh. Jika kurang penyimpanannya maka pilihkan yang sangat penting saja.

Dengan beberapa Cara Mengamankan Data Dalam Hardisk di atas akan membuat kita semakin nyaman karena tidak takut kehilangan data. Karena kita sudah memiliki cadangan atau back up yang aman. Kita dapat mengcopy atau mendownload file penting tersebut.

Cukup itu dulu ya tentang Cara Mengamankan Data Dalam Hardisk ini. Jika kurang jelas bisa ditanyakan di kolom komentar. Dan jangan lupa share artikel ini.

About Jun Setyawan

Aku tak sebaik yang kau ucapkan tetapi aku juga tak seburuk yang terlintas di hatimu (Ali Bin Abi Tholib)

One comment

  1. Wah, wah,, waaah, bener-bener nih bunda harus mondar mandir lagi ke blog ini. Banyak yang harus disimak dan dipelajari. Tapi otak tua ini sulit mempelajarinya secara baca-baca (online), memang harusnya punya mentor konkrit, makanya sampe sekarang Bunda gak pinter-pinter nih dibidang teknologi, hiks, hiks.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *