Cara Mengaktifkan Dark Mode di Android Dan iPhone

Cara Mengaktifkan Dark Mode di Android Dan iPhone– Mengaktifkan Dark mode adalah fitur yang memungkinkan Anda mengganti tema warna suatu aplikasi atau keseluruhan sistem operasi desktop menjadi hitam atau sesuatu yang dekat dengannya.

Selain sensasi menyegarkan desain yang lelah, beberapa suka memiliki pilihan karena membuat tampilan perangkat Anda sedikit lebih nyaman di mata. Jika Anda menggunakan smartphone yang memiliki layar OLED, ini mungkin menghemat masa pakai baterai juga.

Baca juga :  Mengatasi Tidak Bisa Screenshot Android

Jika Anda penasaran apakah aplikasi atau platform favorit Anda mendukung mode gelap, kami akan melacak setiap proses pengembangan. Jika tidak, tetapi Anda ingin mencoba, mungkin ada beberapa solusi pihak ketiga, tergantung pada perangkat Anda. Berikut ini beberapa cara untuk mengaktifkan dark mode di siang atau malam hari.

Harap dicatat bahwa dark mode tidak resmi mungkin tidak sempurna, dan kompatibilitas aplikasi dapat menyebabkan kebingungan bagi Anda.

Baca juga :  Cara Membuat 2 Akun WhatsApp Dalam 1 HP Android

Cara Mengaktifkan Dark Mode di Android Dan iPhone

Cara mendapatkan dark mode di iPhone

Nah, untuk pengguna iPhone, mode gelap akhirnya tersedia – yaitu, jika Anda mengunduh iOS13. Menurut ulasan kolega saya Chaim Gartenberg, yang mengulas iOS 13 dan menghabiskan banyak waktu menggunakan mode gelap baru, Anda akan menemukan bahwa semua aplikasi Apple utama telah beralih ke sisi gelap.

Ia mengatakan pengembang pihak ketiga masih mengembangkan aplikasinya, dan ada beberapa aplikasi buatan Apple yang belum mendukungnya, seperti iWork atau iTunes Remote, namun secara umum sekarang sudah lebih baik dari Android.

Baca juga :  Mengatasi SIM Card Tidak Terdeteksi di HP

Untuk mengaktifkan mode gelap di iOS 13, lakukan hal berikut:

  • Ketuk aplikasi “Pengaturan
  • Gulir ke bawah dan klik “Display and Brightness
  • Pilih “dark mode

Ada beberapa cara lain untuk mengaktifkan mode gelap untuk iOS 13. Anda dapat menggesek ke bawah untuk mengakses pusat kendali (geser ke atas pada perangkat yang lebih lama), lalu ketuk dan tahan tombol “Kecerahan”. Kemudian, tombol mode gelap akan muncul di pojok kiri bawah.

Yang lainnya melibatkan membuka aplikasi “Pengaturan”. Arahkan ke “Pusat Kontrol”. Kemudian, cari “Kontrol Kustom” dan Anda akan melihat opsi untuk menambahkan mode gelap ke pusat kendali.

Baca juga :  Manfaat Backup dan Restore Android

Cara mengatur dark mode di ponsel Android

Tema Gelap adalah nama Google dalam mode gelap di seluruh sistem, yang diluncurkan di Android 10. Ada beberapa cara berbeda untuk mengaktifkan:

  • Buka aplikasi pengaturan
  • Klik “Appearance” dan kemudian aktifkan “Dark Theme

Atau, Anda dapat menarik ke bawah dari atas layar untuk membuka “Pengaturan Cepat”, dan kemudian Anda akan menemukan tombol untuk mengaktifkannya. Jika Anda tidak dapat melihatnya, tarik sepenuhnya bilah “Setelan Cepat” dan klik ikon pensil. Saat Anda melihat tema “gelap”, seret ke daftar utama. Saat Anda mengkliknya, itu akan memaksa tema Gelap di Android 10 serta banyak aplikasi Google sendiri.

Jika ponsel Anda belum mendukung Android 10, ceritanya tergantung pada ponsel yang Anda gunakan. Anda mungkin memiliki tema gelap yang tersedia untuk aktivasi di pengaturan tampilan. Namun, meskipun mode gelap memang ada, biasanya ada beberapa batasan.

Jika ponsel Samsung Anda memiliki Android 9  melalui pembaruan Samsung One UI, Anda dapat mengaktifkan “dark mode” dengan membuka menu “Pengaturan” di laci aplikasi, masuk ke opsi “Tampilan” dan beralih ke “dark mode“.

Baca juga :  Smartphone Yang Cocok Untuk Anda

Untuk mengaktifkan mode gelap Android:

  • Temukan menu “Pengaturan” dan klik “Tampilan”> “Lanjutan
  • Anda akan menemukan “tema perangkat” di dekat bagian bawah daftar fitur. Aktifkan “Setelan Gelap“.

Jika ponsel Anda menjalankan Android 9 Pie, Anda dapat menyetel “dark mode” untuk selalu aktif, tetapi pertama-tama Anda harus mengaktifkan opsi “Pengembang” (yang memungkinkan Anda menggunakan beberapa fitur lain).

  • Untuk mengaktifkan opsi pengembang, buka “Pengaturan” dan klik “Tentang Ponsel“.
  • Di bagian paling bawah layar ini, Anda akan melihat “Build Number“. Ketuk tujuh kali. Ini akan memberi Anda akses ke opsi “Pengembang“, yang kemudian dapat ditemukan di “Pengaturan” melalui “Sistem”> “Lanjutan”> “Opsi Pengembang”.
  • Gulir ke bawah hingga mode malam muncul di dekat bagian bawah bagian pertama menu. Anda dapat mengaturnya ke “Selalu Aktif” atau “Otomatis (Berdasarkan Waktu)”.
Baca juga :  Cara Menyembunyikan Aplikasi Di Android Terbaru

Kesimpulan

Jika Anda ingin memberikan solusi mode gelap yang cepat dan nyaman untuk ponsel Anda, Anda dapat memilih untuk mengunduh peluncur dari Google Play Store.

Aku tak sebaik yang kau ucapkan tetapi aku juga tak seburuk yang terlintas di hatimu (Ali Bin Abi Tholib)

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *