Home » Excel » Cara Menampilkan dan Menyembunyikan Menu Microsoft Word

Cara Menampilkan dan Menyembunyikan Menu Microsoft Word

Cara Menampilkan dan Menyembunyikan Menu Microsoft Word – Dalam menggunakan microsoft word, pengguna akan dihadapkan dengan berbagai menu-menu yang berguna. Menu microsoft sangat banyak sekali, ini semua dihadirkan untuk pengguna agar bisa menggunakan microsoft word secara maksimal karena aplikasi ini berbayar. Karena berbayar tentunya pihak microsoft sebagai perusahaan pengembangnya akan memberikan kepuasan kepada pelanggannya.

Berbicara masalah menu-menu di microsoft word ternyata bisa di atur oleh penggunanya. Namun pengaturan ini tidak berlaku di microsoft word 2007. Sebenarnya, tulisan ini terkait dengan tulisan tentang Microsoft Office 2016 yang saya tulis. Dalam tulisan tersebut saya tulis bahwa menu-menu ribbon office 2016 secara default berbeda dengan versi sebelumnya. Memang benar, namun setelah saya teliti menu-menu ribbon terlihat ‘hilang’ bisa di hadirkan kembali. Artinya tampilan menu bisa sama dengan versi sebelumnya.

Pengalaman menggunakan Word 2016, pada awalnya saya juga sempat agak bingung. Kemana menu biasanya? Kenapa tidak seperti versi sebelumnya. Tetapi pertanyaan – pertanyaan tersebut terjawab setelah bisa menemukan cara menyembunyikan dan menampilkan menu microsoft word.

Cara Menampilkan dan Menyembunyikan Menu Microsoft Word

  • Pertama silakan buka microsoft word, versi 2010, 2013 dan 2016, untuk versi 2007 tidak berlaku hal ini
  • Selanjutnya, klik kanan pada menu ribbon dan pilih costumize the ribbon yang tampil dan pilih the ribbon seperti gambar di bawah ini

Cara Menampilkan dan Menyembunyikan Menu Microsoft Word

  • Setelah itu akan muncul menu baru, disini kita dapat mengatur berbagai menu dari microsoft word. Perhatikan pada kolom sebelah kanan. Kalau menu ada centangnya berarti menu tersebut tampil namun bila tidak di centang berarti menu tersebut disembunyikan.

Cara Menampilkan dan Menyembunyikan Menu Microsoft Word

  • Silakan coba hilangkan beberapa centang pada menu-menu tertentu dan lihat hasilnya. Kali ini saya coba hilangkan menu home, insert, page layout dan lihat hasilnya. Kali ini saya gunakan Office 2013. Dan ini hasilnya

Cara Menampilkan dan Menyembunyikan Menu Microsoft Word

  • Menu yang telah dipilih tidak muncul pada halaman utama Microsoft Word.
  • Silakan berkreasi sesuai selera . Bisa juga buat menggoda teman. Pinjam laptop teman kemudian buka word nya dan hilangkan menu-menu nya. Biar bingung 😀 .
  • Lalu bagaimana cara mengembalikannya ? Mudah saja cara, jika ingin mengembalikan ke default atau bawaan tinggal klik menu reset – reset all costumizations – akan muncul pop up dan klik YES. Lihat gambar di bawah ini

Cara Menampilkan dan Menyembunyikan Menu Microsoft Word

Baca juga : Cara Memberi Harokat Huruf Arab di MS Word

Demikian Cara Menampilkan dan Menyembunyikan Menu Microsoft Word. Semoga bermanfaat dan jangan lupa dibagikan artikel Cara Menampilkan dan Menyembunyikan Menu Microsoft Word ini kepada teman-teman yang lain agar mereka juga mengerti. Berbagi ilmu. Terima kasih.

Bagikan / Share

About Jun Setyawan

Aku tak sebaik yang kau ucapkan tetapi aku juga tak seburuk yang terlintas di hatimu (Ali Bin Abi Tholib)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *