Home - Tips Windows - Cara Memulihkan Data Hard Drive yang Diformat Dengan Mudah

Cara Memulihkan Data Hard Drive yang Diformat Dengan Mudah

Cara Memulihkan Data Hard Drive yang Diformat Dengan Mudah – Apakah mungkin untuk memulihkan hard drive yang diformat” adalah pertanyaan yang sering sobat dengar dari pengguna komputer. Jika Anda secara tidak sengaja memformat hard drive yang berisi file dan data penting, Anda tidak perlu panik.

Dengan bantuan alat yang tepat, Anda masih Ada kesempatan untuk memulihkan data dari hard drive yang diformat, baik oleh Anda sendiri atau perusahaan pemulihan data profesional yang dapat membantu Anda memulihkan sebagian besar (jika tidak semua) data yang dihapus pada disk.

Baca juga :  Cara Merubah Tampilan Logon Screen Windows 7

mengembalikan hardisk yang terformat

Memulihkan Data Hard Drive yang Diformat

Pertama-tama mari kita lihat kepraktisan memulihkan data dari drive yang diformat. Pemformatan perangkat penyimpanan (seperti hard drive) adalah untuk mempersiapkan drive agar komputer Anda dapat mengenalinya untuk pada akhirnya menyimpan data pengguna, atau terkadang ketika Anda ingin mengubah sistem file FAT ke sistem file NTFS.

Saat memformat, sistem operasi akan memeriksa apakah disk memiliki peluang pemulihan yang andal, menandai sektor buruk, dan membuat struktur direktori baru atau “tabel alamat” di dalam disk untuk digunakan di masa mendatang dalam mencari informasi di disk.

Selama proses pemformatan, kecuali untuk data dalam “tabel alamat”, sebagian besar file pada disk tetap tidak berubah, dan data pada disk tidak benar-benar dihapus. Mereka tidak terlihat karena mereka tidak lagi menjadi bagian dari struktur direktori.

Ini memberikan kesempatan yang sangat baik untuk menggunakan program pemulihan data yang baik untuk memulihkan hard drive/disk yang diformat yang tampaknya telah kehilangan data. Tapi harap diingat bahwa setelah partisi Anda yang diformat ditimpa oleh konten baru, Anda akan kehilangan kesempatan untuk memulihkan data, file, atau foto penting dari drive yang diformat.

Baca juga :  Solusi untuk Windows Detected a hardisk Problem

Apakah hard drive yang telah diformat dapat dipulihkan?

Karena memformat disk tidak menghapus data sebenarnya, Anda dapat menggunakan program pemulihan hard drive yang andal untuk memulihkan data hard drive yang telah diformat.

Bisakah Anda mengambil file yang dihapus dari recycle bin?

Untuk memulihkan file yang terhapus dari Recycle Bin tanpa menggunakan perangkat lunak, ikuti langkah-langkah berikut:

1. Masukkan “File yang Dipulihkan” di kotak pencarian di bilah tugas untuk mencari;

2. Pilih “Gunakan riwayat file untuk memulihkan file Anda”;

3. Temukan file yang akan dipulihkan di jendela “File History”;

4. Setelah menemukan versi yang benar, pilih Pulihkan;

Baca juga :  Cara Reset dan Memperbaiki Canon Pixma IP2270 Dengan Mudah

Bagaimana memulihkan file yang terhapus secara permanen di Windows 10 tanpa perangkat lunak?

Anda dapat memulihkan file yang dihapus secara permanen di Windows 10 dari cadangan riwayat file tanpa perangkat lunak apa pun. Untuk melakukannya, ikuti langkah-langkah di bawah ini:

1. Ketik “pulihkan file” di kotak pencarian di bilah tugas, lalu tekan “Enter” pada keyboard;

2. Temukan folder tempat file yang dihapus disimpan;

3. Setelah menemukan folder, pilih tombol “Pulihkan” untuk membatalkan penghapusan file Windows 10 ke lokasi aslinya.

Baca juga :  Cara Mudah Format Hardisk atau Flasdisk Dengan Cepat

Kesimpulan

Sekarang saya telah menunjukkan kepada Anda cara memulihkan data dari hard drive yang diformat, berikut adalah beberapa saran untuk menghindari situasi yang merepotkan karena kehilangan data berharga dari hard drive secara tidak sengaja.

Meskipun memang mungkin untuk memulihkan dengan aman semua data yang tampaknya hilang pada hard drive yang diformat dengan bantuan perangkat lunak pemulihan format yang sesuai yang disebutkan dalam artikel ini, yang terbaik adalah memulihkan data dengan cepat tanpa menghabiskan banyak waktu.

Selama drive macet atau diformat dengan tidak benar, ekstra ini Masalahnya dapat diselesaikan. Oleh karena itu, menurut saya solusi pemulihan data terbaik adalah apa yang dapat Anda lakukan sendiri, yaitu pencadangan data.

Cadangan file penting secara teratur dapat menjadi penyelamat jika terjadi kehilangan data karena kemungkinan yang tidak terduga.

About Jun Setyawan

Aku tak sebaik yang kau ucapkan tetapi aku juga tak seburuk yang terlintas di hatimu (Ali Bin Abi Tholib)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *