Home » Blog » Cara Mempercepat Loading Blog WordPress

Cara Mempercepat Loading Blog WordPress

Cara Mempercepat Loading Blog WordPress – Di antara platform yang banyak digunakan oleh para blogger adalah wordprezs. Wordpresz merupakan salah satu CMS yang banyak digunakan di dunia. CMS merupakan kependekan dari Content Manajement System. Dengan adanya CMS ini orang lebih mudah membuat blog ataupun website.

Jika sobat pembaca Santri Drajat belum mengenal apa itu wordpress dan keunggulannya, silakan baca “Wordpresz dan Keungggulannya”. Wordprezs memang lebih unggul daripada CMS lain tetapi jika belum paham bagaimana cara mengatur dan menggunakannya maka akan sia-sia.

Salah satu faktor yang mendukung agar CMS wordpres optimal adalah masalah kecepatan loading blog. Loading blog semakin cepat semakin bagus. Semakin cepat semakin disukai pengunjung dan mesin pencari. Seperti yang kita tahu, kita akan segera menutup blog yang loadingnya lama dan beralih ke blog yang menyediakan konten atau isi yang sama namun loadingnya cepat. “Bagaimana caranya mempercepat loading blog ?” Ada beberapa trik yang ampuh yang mana bisa membuat loading blog menjadi lebih cepat. Apa saja itu, simak penjelasannya di bawah ini.

Cara Mempercepat Loading Blog WordPress

– Minimalkan Plugin

Yang perlu diperhatikan oleh pengguna wordpresz adalah penggunaan plugin. Memang pihak wordprezs menyediakan berbagai macam plugin gratis. Namun bukan berarti pengguna bisa semaunya menginstal. Instal plugin seperlunya. Jika memang sudah tidak digunakan silakan lepas saja agar loading blog semakin cepat

– Aktifkan GZIP Compression

Silakan pasang script di GZIP Compression di server yang mana diletakkan di .htaccess. Masuk Cpanel dan masuk file manager kemudian cari dimana wordprezs sobat terinstal. Buka dan edit htaccess.

Hasilnya seperti di bawah ini.

Cara Mempercepat Loading Blog WordPress

Scriptnya silakan copy  terlebih dahulu DISINI.

– Tambahkan Expires Headers

Pemasangan Expires Headers sama dengan pemasangan GZIP Compression yakni cukup pastekan script Expires Headers di .htaccess

Silakan copy script Expires Headers DISINI

Trik di atas ini sebenarnya lanjutan dari trik Cara meningkatkan Loading Blog atau Website Gunakan trik di 2 artikel dan cek hasil perbedaan kecepatannya. Sekian dulu ya tentang Cara Mempercepat Loading Blog WordPress. Semoga bermanfaat.

Bagikan / Share

About Jun Setyawan

Aku tak sebaik yang kau ucapkan tetapi aku juga tak seburuk yang terlintas di hatimu (Ali Bin Abi Tholib)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *