Home - Tips Android - Cara Mempercepat Koneksi Internet Android

Cara Mempercepat Koneksi Internet Android

Cara Mempercepat Koneksi Internet Android – Koneksi internet yang cepat akan membuat pengguna semakin betah untuk browsing. Indonesia sekarang ini merupakan salah satu negara yang banyak menggunakan koneksi internet. Apalagi sekarang zamannya serba Online. Chating Online, belanja pun sekarang cukup menggunakan HP. Dan tentunya semua yang berbau online harus terkoneksi internet.

Dunia internet memang sekarang sudah tidak asing lagi. Mulai dari anak kecil sampai yang sudah lanjut usia mengenal internet. Alasanya mengenal internet memang banyak. Ada yang karena sekedar pengen eksis di dunia maya, atau memang kebutuhan. Mengapa butuh internet ? Contohnya saja mengirim email, mengetahui pengumuman meluli whatsapp dan lain sebagainya.

Baca juga : Tips Membuat Cover Makalah Dengan Simpel dan Cepat

Kendala yang sering di alami pengguna internet adalah internet yang lemot. Kecepatan internet yang lambat ini membuat sebagian besar jengkel. Apalagi kalau sedang terburu-buru dan internet lemot. Tentunya kesal sekali bukan. Nah sekarang tidak perlu kesalk karena koneksi internet yang lambat. Saya akan bagi trik ampuh mempercepat koneksi internet di Android. Apa saja Cara Mempercepat Koneksi Internet Android ?

 Cara Mempercepat Koneksi Internet Android

Pilih Operator Seluler Tebaik

Ada banyak operator di Indonesia yang menyediakan layanan koneksi internet. Jangan sampai salah pilih operator. Karena ada operator yang layanan internet kecepatan tinggi di kota saja, namun untuk di desa masih 2G. Bagi yang berada di kota besar mungkin semua operator sama saja karena sinyalnya stabil semua. Berbeda yang tinggal di daerah pelosok, sinyal saja gak muncul. 😀 Sebaiknya pilih operator yang minimal koneksinya sudah 3G atau muncul di HP android sobat logo/huruf 3G/H/H+. Kalau ada yang sudah mendukung 4G biar lebih cepat.

Gunakan Jaringan 3G Only

Di android sudah mendukung pilihan konektifitas. Gunakanlah selalu koneksi 3G Only agar ketika browsing semakin cepat. Silakan cari di pengaturan jaringan dan pilihlahh 3G only. Hal ini akan membuat jaringan selalu memilih jaringan 3G saja. Jika tidak ada maka sinyal akan hilang 😀 . Pada tutorial bagian ini cocok untuk sobat yang tinggal di daerah kota karena sinyal 3G sudah stabil dan tidak berubah. Kalau di pedesaan malah sinyal tidak tentu. Terkadang 3G terkadang 2G.

Hindari menjalankan aplikasi terlalu banyak

Menjalankan beberapa aplikasi bersamaan boleh saja. Apalagi HP Android sobat sudah di lengkapi dengan RAM yang besar, tidak ada salahnya menjalankan beberapa aplikasi secara bersamaan. Namun terkadang ada kendala ketika menjalankan beberapa aplikasi bersamaan yakni masalah lemotnya koneksi internet. Hal ini karena adanya aplikasi yang berjalan tersebut terhubung dengan internet.

Ibaratnya jalanya yang longgar dan jalan penuh kendaraan kira-kira cepat mana ? Tentunya cepat yang longgar. Nah begitulah cara kerja koneksi internet. Jika banyak aplikasi yang berjalan dan terhubung dengan internet maka akan membuat internet lemot.

Baca juga : Cara Mematikan Aplikasi Berjalan di Android

Matikan fitur Tethering

Tethering merupakan membagi koneksi internet di android ke perangkat lain. Dengan begitu maka perangkat yang kita beri koneksi internet maka otomatis akan dapat berinternetan. Bisa juga dikatakan tathering merupakan menjadikan HP android kita menjadi modem.

Memang tethetring ini terbilang simpel dan bermanfaat ketika perangkat lain membutuhkan koneksi internet. Namun salah satu kekurangan tathering adalah perangkat utama atau HP android yang kita share / bagi koneksi internetnya akan menjadi lemot. Sebaiknya jika tidak ingin lemot maka jangan gunakan tathering.

Gunakan Browser Android terbaik

Ada banyak browser yang dapat digunakan di Android. Tentunya setiap orang memiliki browser andalan. Kalau saya sendiri lebih suka menggunakan Browser Opera Mini karena lebih mudah digunakan, ada beberapa alasan lain. Browser juga berpengaruh terdahap koneksi internet. Ada yang browser yang lemot, ada pula browser yang wuss-wus alias cepat. Terserah gunakan browser yang mana, namun silakan bedakan mana browser yang menurut sobat paling cepat. Jika sudah ketemu silakan gunakan browser tersebut.

Demikian tentang Cara Mempercepat Koneksi Internet Android. Semoga bermanfaat

Loading...

About Jun Setyawan

Aku tak sebaik yang kau ucapkan tetapi aku juga tak seburuk yang terlintas di hatimu (Ali Bin Abi Tholib)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *