Cara Mengatasi Download Tertunda di Google Play Store

Cara Mengatasi Download Tertunda di Google Play Store – Dari waktu ke waktu, kita masing-masing menghadapi masalah tentang unduhan yang belum selesai atau download tertunda di Play Store. Ini adalah salah satu masalah yang mungkin sering temui saat menginstal aplikasi di perangkat Android dari Google Play Store.

Ketika masalah unduhan yang tertunda terjadi, pengguna tidak dapat mengunduh aplikasi dari Play Store, dan khawatir tentang bagaimana menyelesaikan masalah unduhan yang tertunda.

Cara Memperbaiki Download Tertunda di Google Play Store

Mengatasi Download Tertunda di Google Play Store

Jika masalah terjadi di Play Store Anda, semua file yang Anda coba unduh akan tetap tertunda. Setiap aplikasi di Play Store memiliki masalahnya sendiri dan perlu diperbarui pada interval waktu yang berbeda. Tetapi Anda tidak perlu khawatir, karena kami di sini untuk memberi Anda beberapa solusi untuk masalah ini. Oleh karena itu, berikut adalah beberapa langkah perbaikan sederhana untuk kesalahan download tertunda di Play Store.

Baca juga :  Mengatasi USB Android yang Tidak Terdeteksi di PC Laptop

Langkah 1: Coba batalkan unduhan atau pembaruan saat ini

Karena terlalu banyak aplikasi yang diperbarui atau dijalankan di perangkat, unduhan Play Store Anda mungkin macet. Untuk mengatasi masalah ini, Anda dapat mencoba menonaktifkan penginstalan dan pembaruan untuk semua aplikasi yang tidak terlalu banyak digunakan.

Kemudian coba unduh aplikasi yang penting bagi Anda. Untuk menonaktifkan aplikasi, ikuti langkah-langkah berikut:

  • Pertama, buka Google Play Store di perangkat android Anda.
  • Setelah itu, klik pada tiga garis horizontal di pojok kiri atas.
  • Sekarang, seperti yang ditunjukkan pada gambar, klik Aplikasi dan Game Saya dari menu geser.
  • Di menu Aplikasi dan Game , jika Anda melihat aplikasi yang diperbarui saat ini, klik x di sebelah gambar untuk membatalkan proses.
Baca juga :  Aplikasi Office Terbaik di Android

Langkah 2: Periksa opsi koneksi

Jika Anda tidak dapat mengunduh aplikasi dari Play Store, Anda harus memeriksa opsi koneksi. Karena ini mungkin salah satu alasan mengapa Anda tidak dapat mengunduh aplikasi dari Play Store. Terkadang, kecepatan Internet Wi-Fi buruk, yang dapat menyebabkan masalah unduhan tertunda.

Namun, jika berfungsi normal, tetapi Google Play Store masih belum mengunduh aplikasi Anda, harap alihkan ke data untuk sementara. Untuk melakukan ini, ikuti langkah-langkah berikut:

  • Luncurkan Play Store di Android dan klik tiga baris di sudut kiri atas.
  • Sekarang kunjungi pengaturan dan klik preferensi unduhan aplikasi.
  • Sekarang, dari daftar preferensi aplikasi, pilih “Melalui jaringan apa pun“.
  • Setelah melakukan ini, jika Anda mendownload resume Anda, mungkin Wi-Fi rumah atau perusahaan Anda yang menyebabkan masalah. Anda dapat memulai ulang modem dan melihat apakah itu berfungsi, atau Anda dapat menghubungi penyedia layanan Internet.
Baca juga :  Cara Memperkuat Sinyal di HP Android

Langkah 3: Periksa dengan menghapus aplikasi Play Store

Jika Anda baru saja memperbarui aplikasi baru, coba lagi. Setelah itu, karena aplikasi baru tidak akan diunduh di perangkat Android Anda, ada masalah yang belum terselesaikan dengan pengunduhan Play Store.

Oleh karena itu, coba periksa pembaruan baru karena dapat menyebabkan masalah. Nah, Anda tidak perlu khawatir, karena perangkat android Anda memungkinkan Anda untuk mengembalikan pembaruan ini dan itu akan menyelesaikan masalah unduhan yang belum terselesaikan untuk Anda.

  • Luncurkan aplikasi “Pengaturan” di perangkat Android Anda dan klik “Aplikasi dan Pemberitahuan“.
  • Sekarang, dari menu Semua aplikasi, pilih aplikasi Google Play Store.
  • Setelah itu, klik tiga titik di sudut kanan atas layar, lalu klik “Uninstall Update“.
  • Ketika Anda mengklik Uninstall Update, prompt akan muncul di layar ponsel. Klik OK untuk melanjutkan.
Baca juga :  Ketika Facebook Di Hack Apa Yang Harus Dilakukan

Langkah 4: Kosongkan sebagian ruang penyimpanan di perangkat Android Anda

Masalah umum lainnya yang dapat menyebabkan masalah pengunduhan adalah kapasitas penyimpanan pada perangkat. Ruang penyimpanan yang tidak mencukupi di perangkat dapat menyebabkan masalah tertunda dengan unduhan Google Play.

Biasanya, Anda akan diberi tahu tentang memori, tetapi jika Anda masih ingin memastikan bahwa penyimpanan tidak menyebabkan penundaan unduhan, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

  • Pertama, periksa berapa banyak ruang penyimpanan yang tersedia pada ponsel dengan mengunjungi menu “Pengaturan” dan kemudian mengklik opsi “Penyimpanan”.
  • Setelah itu, kosongkan sebagian ruang penyimpanan dengan mencopot pemasangan aplikasi yang tidak diinginkan atau menghapus foto dan video lama yang telah dicadangkan di tempat lain.
    Sekarang, coba unduh file lagi.
Baca juga :  Cara Reset Password BBM Menggunakan Nomor Handphone

Kesimpulannya:

Kami harap Anda dapat belajar banyak dari artikel ini dan mengatasi download tertunda di Google Play Store yang Anda temui. Jika Anda menyukai artikel kami atau memiliki pertanyaan tentang itu, silakan berbagi dengan kami di bagian komentar!

Aku tak sebaik yang kau ucapkan tetapi aku juga tak seburuk yang terlintas di hatimu (Ali Bin Abi Tholib)

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *