Home - Tips Windows - Cara Memperbaiki Blue Screen Windows 10 Dengan Mudah

Cara Memperbaiki Blue Screen Windows 10 Dengan Mudah

Cara Memperbaiki Blue Screen Windows 10 Dengan Mudah – Blue Screen Windows 10 adalah masalah yang akan dihadapi setiap pengguna Windows cepat atau lambat. Ini adalah masalah yang membuat frustrasi karena biasanya sulit dipecahkan dan bisa muncul tiba-tiba.

Kami akan memperkenalkan Anda pada beberapa tip dasar tentang cara memperbaiki Blue Screen pada Windows 10 dan menyediakan sumber daya untuk kode kesalahan Blue Screen tertentu. Apa yang disebut “Blue Screen” di Windows 10 secara teknis disebut kesalahan berhenti atau kesalahan sistem yang fatal. Ini terjadi ketika sistem operasi macet, yang berarti sistem operasi mengalami beberapa masalah yang mencegahnya beroperasi dengan aman

Mungkin ada banyak alasan untuk layar biru tersebut, yang akan kita bahas di bawah ini. Penyebab umum Blue Screen termasuk kesalahan driver, masalah perangkat keras, dan kesalahan sistem operasi.

Baca juga :  Setting Jaringan Pada Virtualbox

Blue Screen Windows 10

Cara Memperbaiki Blue Screen Windows 10

Versi Windows yang lebih baru (seperti Windows 10) lebih stabil daripada versi sebelumnya, jadi saya harap Anda tidak akan sering mengalami layar biru. Anda juga harus tahu bahwa Blue Screen satu kali tidak selalu menjadi masalah. Terkadang Windows  akan bekerja secara normal setelah restart.

Baca juga :  Laptop di Charge Terus Menerus, Apakah Aman ?

Namun terkadang Anda harus mengetahui masalah timbulnya blue scren pada windows 10. Berikut cara untuk memeprbaiki masalah yang menimbulkan terjadi blue scren:

1. Lihat perubahan komputer terkini

Dalam kebanyakan kasus, setelah melakukan perubahan pada sistem, Anda akan mulai melihat kesalahan blue scren.  Perubahan tersebut dapat menyebabkan elemen bermasalah ke dalam lingkungan yang stabil. Menentukan ini dapat membantu Anda memecahkan masalah.

Misalnya, jika Anda baru saja menginstal printer baru, coba cabut dari komputer Anda untuk melihat apakah layar biru masih ada. Jika Anda telah menjalankan Pembaruan Windows baru-baru ini, buka “Settings > Update & Security > Windows Update  dan klikView update history..

Pada halaman daftar berikutnya, klik Uninstall Update di bagian atas, dan kemudian hapus update terbaru untuk melihat apakah masalah dapat diselesaikan.

Baca juga :  Tips Mengamankan Server Windows yang Harus Diketahui

2. Periksa Windows dan pembaruan driver

Meskipun pembaruan yang salah terkadang dapat menyebabkan masalah, biasanya Microsoft dan perusahaan pihak ketiga merilis pembaruan untuk mengatasi masalah tersebut. Untuk berjaga-jaga jika ada perbaikan, buka Settings > Update & Security > Windows Update dan terapkan pembaruan yang tertunda.

Penting juga untuk memeriksa driver, karena biasanya merupakan sumber dari layar biru Windows 10, tekan Win + X (atau klik kanan tombol “Start”) untuk menampilkan menu pengguna lanjutan. Kemudian pilih Device Manager untuk membuka utilitas.

Di sini, periksa ikon segitiga kuning di entri mana pun, yang menunjukkan bahwa ada masalah dengan pengemudi. Anda harus memeriksa ulang semua perangkat yang terpasang, karena Anda mungkin perlu menginstal ulang driver atau menghapus perangkat.

Anda dapat mengklik kanan entri tersebut dan memilih Update driver untuk memeriksa pembaruan, tetapi ini tidak selalu dapat diandalkan.

Baca juga :  Cara Mengendalikan HP Android Dari Komputer PC & Laptop

3. Jalankan pemulihan sistem

Fungsi “System Restore” di Windows memungkinkan Anda memulihkan sistem ke kondisi sebelumnya. Ini adalah alat pemecahan masalah yang nyaman karena mudah digunakan dan memungkinkan Anda untuk melihat apakah masalahnya didasarkan pada perangkat lunak.

Ketik pemulihan di menu “Start“, dan kemudian buka entri “Recovery Control Panel” yang muncul. Di sini, klik “Open System Restore” untuk meluncurkan alat. Setelah mengklik “Next” sekali, Anda akan melihat daftar titik pemulihan yang dapat dibatalkan. Pilih satu dan klik “Scan for affected programs” untuk melihat perangkat lunak mana yang ingin Anda ubah.

Baca juga :  Cara Mengganti Bahasa di Windows Menjadi Bahasa Indonesia

4. Jalankan pemindaian SFC (System File Checker)

Cara Memperbaiki Blue Screen Windows 10 Dengan Mudah

Windows menyertakan alat baris perintah yang disebut SFC (Pemeriksa Berkas Sistem). Menjalankannya akan memeriksa file sistem Windows yang rusak dan mencoba memperbaikinya. Melakukannya dapat menyelesaikan masalah layar biru Anda.

Tekan Win + X lagi (atau klik kanan tombol “Start“) untuk membuka menu pintasan pengguna daya. Pilih Command Prompt (Admin) atau Windows PowerShell (Admin), dan ketikkan yang berikut ini:

sfc / scannow

Luangkan waktu sejenak untuk menjalankannya, dan Anda akan segera melihat hasilnya.

Baca juga :  Membuat Pesan Ketika Windows Startup atau Menyala

Kesimpulan

Masalah Blue Screen Windows 10 terkadang  membuat frustasi. Namun, melalui tips di atas, Anda akan memahami apa itu blue screen error dan cara mengatasinya.

About Jun Setyawan

Aku tak sebaik yang kau ucapkan tetapi aku juga tak seburuk yang terlintas di hatimu (Ali Bin Abi Tholib)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *