Home » Blog » Cara Memilih Hosting Yang Tepat Untuk Website

Cara Memilih Hosting Yang Tepat Untuk Website

Cara Memilih Hosting Yang Tepat Untuk Website – Keberadaan hosting sebagai tempat penyimpan data atau sebagai server sebuah website sangatlah penting. Dengan memilih hosting yang tepat maka akan membuat website lebih baik.

Hosting merupakan salah satu faktor website benar-benar berjalan dengan baik. Karenanya jangan sampai salah memilih hosting.

Namun sebelum memilih hosting sebaiknya sobat santri drajat memahami dulu tujuan membeli hosting tersebut. Harus paham betul :

  • Konten atau isi website nya seperti apa?
  • Lokasi pengunjung dari mana?
  • Menggunakan mesin atau platform yang mana?

Jika sobat sudah bisa menjawah pertanyaan di atas maka sobat sudah dianggap faham seperti apa yang website atau blog yang alan di bangun. Sekarang kita bahas seperti apa hosting yang bagus tersebut.

Baca juga :

Cara Memilih Hosting Yang Tepat Untuk Website

Cara Memilih Hosting Yang Tepat Untuk Website

Kualitas Server

Ada banyak sekali penyedia hosting yang menawarkan layanan hosting mereka. Namun kita harus paham seperti apa server yang mereka gunakan.

Misalnya saja lokasi server. Jika tujuan target pengunjung di Indonesia maka sebaiknya gunakan hosting yang juga berada di Indonesia. Hal ini agar pengunjung lebih cepat mengakses website. Jarak lokasi pengunjung dan lokasi server sangatlah berpengaruh.

Hal lainnya adalah kualitas server yang dihadirkan, teknologinya seperti apa. Misalnya server HDD atau SSD ? Ya jawabnya lebih bagus SSD, server yang menggunakan SSD lebih bagus daripada server yang menggunakan HDD.

Customer Support

Kendala dalam pembuatan atau mengisi website bisa saja terjadi. Dalam hal ini kita butuh bantuan administrator dari penjual hosting.

Ketika terjadi error atau masalah hosting maka kita bisa menghubungi Customer Support dan membantu kita menyelesaikan permasalah yang terjadi.

Kebanyakan penyedia layanan hosting menyediakan layanan bantuan 24 selama 7 hari penuh. Artinya kita menghubungi mereka ketika terjadi kesulitan tanpa harus menunggu. Penyedia hosting yang profesional seperti itu biasanya. Mereka tidak mengingkan website para client error atau mengalami kendala.

Harga Hosting

Harga yang diberikan oleh penyedia hosting bervariasi. Tergantung size dan kualitasnya. Jika menggunakan penyimpanan SSD maka kualitasnya bisa bagus dan tidak lemot. Tapi harga lebih mahal sedikit daripada HDD.

Harga bisa berubah berdasarkan paket yang ditawarkan. Setiap paket ada batasannya, ada yang memiliki batas besarnya penyimpanan, bandwith dan lainnya. Sesuaikan saja dengan tujuan membuat website. Jika memang dibutuhkan untuk beberapa waktu saja, misalnya saja untuk Skripsi, Tugas Akhir atau tugas kuliah maka space disk dan bandwith kecil pun tak masalah.

Fitur Hosting

Hosting memiliki fitur tertentu. Misalnya fitur Kapasitas penyimpanan, jenis server, jumlah bandwith, dan lainnya.

“Alasan Pembuatan Website” merupakan hal penting. Merupakan suatu dasar memilih hosting. Sesuaikan saja dengan target pengunjungnya. Dan jika memang pembelian hosting di awal sudah tidak mampu atau overload maka sobat sebaiknya upgrade hosting. Hal ini terjadi apabila website benar-benar mengalami perkembangan. Karena jika semakin besar maka kebutuhan hosting semakin meningkat.

Review Pelanggan

Kepuasan pelanggan juga berpengaruh terhadap calon pembeli hosting. Jika para pelanggan sebelumnya sudah puas maka pelanggan selanjutnya akan percaya bahwa hosting tersebut memuaskan, karena sudah terbukti.

Jika pelanggan merasa puas biasanya mereka akan merekomendasikan ke teman, saudara atau bahkan share sosial media. Semoga dengan artikel ini sobat tidak salah memilih hosting. Semoga bermanfaat.

About Jun Setyawan

Aku tak sebaik yang kau ucapkan tetapi aku juga tak seburuk yang terlintas di hatimu (Ali Bin Abi Tholib)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *