Home » Word » Cara Membuat Tulisan Berkolom Di MS Word

Cara Membuat Tulisan Berkolom Di MS Word

Cara Membuat Tulisan Berkolom Di MS Word – Software yang satu ini memang banyak fungsinya. Apalagi kalau bukan Microsoft Word. Word merupakan program yang favorit. Banyak orang butuh akan software ini. Bahkan software wajib yang ada di sebuah laptop atau PC. Tidak lengkap rasanya apabila menginstal laptop tidak menginstal software buatan microsoft ini.

Microsoft Word tidak hanya bisa digunakan untuk mengolah kata namun juga bisa digunakan untuk membuat tulisan berkolom layaknya CorelDraw. Untuk membuat tulisan berkolom di MS Word caranya mudah kok. Tidak ribet. Bagaimana cara membuat tulisan berkolom di MS Word ? Silakan disimak caranya di bawah ini.

Cara Membuat Tulisan Berkolom Di MS Word

1. Pada tutorial kali kebetulan saya menggunakan Microsoft Word 2007. Bagaimana dengan Word 2010, 2013 dan 2016 ? Sama saja kok caranya. Setiap versi Microsoft Office perbedaan tidak terlalu jauh. Silakan baca artikel antara Microsoft Office 2007, 2010 dan 2013.

2. Blog tulisan yang ingin dijadikan tulisan berkolom kemudian pilih menu page layout kemudian pilih menu columns selanjutnya menu more columns

Cara Membuat Tulisan Berkolom Di MS Word

3. Akan muncul menu baru. Dan silakan pilih jumlah kolom yang diinginkan.

Cara Membuat Tulisan Berkolom Di MS Word - 2

Keterangan

  • Presets : Jumlah kolom yang diinginkan dan jenis ukuran kolom
  • Number of colums : Jumlah kolom apabila jumlah kolom di atas 3
  • Line Between : Memberi garis antara satu kolom dengan yang lainnnya.
  • Col # Width Spacing : Tempat untuk mengatur lebar kolom dan jarak antara satu kolom dengan yang lainnya
  • Equal Colums Width : Apabila di centang maka lebar dan spasi setiap akan sama dengan lebar dan spasi pada kolom pertama. Misalnya saja Kolom pertama menggunakan spasi 1 dan dengan lebar 6 cm maka kolom lainnya maka akan sama.
  • Apply To – Whole Document : Akan menerapkan kolom di halaman yang terpilih saja.
  • Apply To – This Point Forward : Akan menerapkan kolom dari halaman yang terpilih sampai halaman selanjutnya
  • Apply to – This Section : menu ini akan muncul apabila paragraf diblok terlebih dahulu.

Tips agar benar-benar paham cara membuat kolom adalah pada blok. Misalnya saja kita memblok paragraf atau kalimat dan memilih kolom maka kalimat atau paragraf tersebut akan otomatis akan menjadi beberapa kolom. Jadi apabila tidak terblok maka tidak akan menjadi kolom. Jadi dalam satu halaman bisa muncul tulisan yang berkolom dan juga tidak berkolom. Silakan di uji coba agar lebih paham ya. Apabila kurang jelas bisa sobat tanyakan di kolom komentar. Semoga bermanfaat dan jangan lupa share artikel Cara Membuat Tulisan Berkolom Di MS Word ini.

About Jun Setyawan

Aku tak sebaik yang kau ucapkan tetapi aku juga tak seburuk yang terlintas di hatimu (Ali Bin Abi Tholib)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *