Home - Tips Windows - Cara Membuat Shortcut Shutdown dan Restart Windows

Cara Membuat Shortcut Shutdown dan Restart Windows

Cara Membuat Shortcut Shutdown dan Restart Windows – Dengan menggunakan shurtcut tombol shutdown dan restart ini akan mempermudah dan mempercepat kegiatan atau aktifitas yang berhubungan dengan komputer.Bagi anda yang menggunakan windows 7 kiranya tidak perlu menggunakan shurtcut tombol ini karena sudah disediakan tombol yang mudah di jangkau oleh penggunanya. Namun berbeda dengan para pengguna windows 8, 8,1 dan windows 10. Yang sudah mahir komputer tentunya tidak masalah, bisa dengan mudah menemukan tombol ini. Tetapi jika orang awam atau kurang paham dengan windows maka akan kesulitan untuk melakukan shutdown ataupun restart.


Mengapa itu terjadi ? Seperti yang kita ketahui bahwa tampilan windows 8 atau 8.1 berbeda dengan versi sebelumnya, windows 7. Karen user interface yang berbeda ini orang yang belum begitu paham penggunaannya akan kesulitan untuk melakukan shutdown dan restart.
Karena pengguna windows 8 dan 8.1 tidak terbiasa dengan tampilan yang baru akhirnya pihak microsoft kembali menghadirkan tombol di windows 10 yang sebelumnya hadir di windows 7. Dengan begitu pengguna akan merasa puas menggunakan produk windows 10 ini.

Jika anda ingin lebih cepat melakukan shutdown dan restart windows tidak ada salahnya mencoba cara di bawah ini. Hanya dengan satu klik windows anda akan langsung shutdown atau restart.

Cara Membuat Shortcut Shutdown dan Restart Windows 

1. Klik kanan pada dekstop windows anda – new – shortcut
Cara Membuat Shortcut Shutdown dan Restart Windows
2. Akan muncul jendela baru dan pada kolom yang di tampilkan kemudian masukan kode tertentu yang sesuai dengan yang anda inginkan

Cara Membuat Shortcut Shutdown dan Restart Windows

  • Untuk shutdown masukkan kode : Shutdown.exe -s -t 00
  • Untuk restart masukkan kode : Shutdown.exe -r -t 00
  • Untuk hibernate masukkan kode : rundll32.exe PowrProf.dll,SetSuspendState
  • Untuk melakukan sleep : rundll32.exe PowrProf.dll,SetSuspendState 0,1,0
  • Dan jika menginginkan lock layar atau mengunci layar masukan kode : Runddll32.exe  powrprof.dll,SetSuspendState 0,1,0

 

Cara Membuat Shortcut Shutdown dan Restart Windows
Jika sudah selesai memasukkan kode yang di inginkan klik Next dan masukan kata-kata yang ingin di tampilkan dan finish

Maka akan muncul shurtcut baru di dekstop anda. Agar lebih menarik, ganti icon shurtcut tersebut dengan icon shurtcut dengan cara klik kanan pada icon tersebut pilih Properties – change icon(jika ada peringatan klik OK) pilih icon dan klik apply dan OK

Dengan menggunakan cara seperti di atas maka anda tidak perlu lagi kesulitas untuk melakukan shutdown, restart, hibernate, atau sleep windows anda. Cukup gunakan cara seperti di atas saja, jika terburu-buru langsung satu kali klik maka windows akan shutdown.

Demikian Cara Membuat Shortcut Shutdown dan Restart Windows. Semoga bermanfaat dan silakan dibagikan kepada yang lainnnya artikel Cara Membuat Shortcut Shutdown dan Restart Windows ini agar lebih bermanfaat lagi. Terima kasih

About Jun Setyawan

Aku tak sebaik yang kau ucapkan tetapi aku juga tak seburuk yang terlintas di hatimu (Ali Bin Abi Tholib)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *