Cara Membuat Kop Surat di Word Terbaru

Cara Membuat Kop Surat di Word Terbaru– Membuat kop surat yang baik dan benar sebenarnya tidak rumit. Cukup mudah dan hanya menggunakan menu di Word yang sebenarnya biasa kita gunakan.

Surat resmi harusnya ada kop suratnya. Kurang afdhol apabila sebuah surat resmi dari lembaga atau instansi tidak ada kop suratnya. Malah dianggap mencurigakan.

Adanya kop surat ini juga menunjukkan nama instasi atau lembaga, alamat dan juga nomor kontak yang bisa dihubungi. Tentunya hal ini akan membuat surat lebih terpercaya.

Baca juga :  Cara Membuat Tulisan Berkolom Di MS Word

Untuk membuat kop surat ini adakalanya menggunakan trik yang kurang cocok. Akibatnya kop surat terlihat kurang rapi.

Maka dari itu di artikel ini mari kita bersama belajar bagaimana cara membuat kop surat yang baik dan benar di microsoft word.

Baca juga :  Cara Menghapus Halaman Kosong di Word

Cara Membuat Kop Surat di Word

Untuk membuat kop surat ini triknya adalah menggunakan kolom. Sehingga garis yang dihasilkan akan lurus. Dan juga garis yang digunakan dapat dimodiikasi jenisnya. Misalnya 2 garis besar kecil, dua garis dengan ukuran yang sama dan sebagainya.

1. Untuk membuat kop surat pertama ketik dahulu nama instansi atau lembaga, alamat dan juga nomor kontak yang dapat dihubungi. Untuk ukuran font dan jenis font silakan pilih Times New Roman atau Arial dan ukuran font menyesuaikan saja. Contohnya seperti di bawah ini.

Cara Membuat Kop Surat di Word

2. Letakkan kursor di bagian akhir kata. Dan kemudian pilih menu home – paragraph dan pilih borders and shading

Cara Membuat Kop Surat di Word

3. Kemudian pilih jenis garis seperti di di bawah ini

Cara Membuat Kop Surat di Word

4. Selanjutnya hilangkan garis kolom KANAN, KIRI, dan ATAS dengan cara klik di bagian gambar garis, sehingga hanya garis BAWAH saja yang ada. Seperti gambar di bawah ini. Selanjutnya klik Ok

Cara Membuat Kop Surat di Word

5. Apabila berhasil maka hasilnya akan seperti di bawah ini.

Cara Membuat Kop Surat di Word

Hasilnya akan terlihat lebih rapi dan lurus. Karena kita tidak perlu tarik menarik garis. Itu cara lama. Selanjutnya gunakan trik ini saja. Pada tutorial kali ini kami menggunakan Microsoft Word 2016, di Word 2013, 2019 atau di atasnya mirip dan triknya sama seperti tutorial kali ini.

Baca juga :  Cara Mempercepat Download IDM

Untuk teman-teman yang masih menggunakan shape garis maka sekarang saatnya beralih dengan cara di atas. Agar surat yang dihasilkan lebih terlihat profesional. Karena apabila menggunakan shapes garis biasanya kurang lurus dan mudah bergeser apabila kita edit.

Sekian dan Terima kasih
Semoga Bermanfaat.

Aku tak sebaik yang kau ucapkan tetapi aku juga tak seburuk yang terlintas di hatimu (Ali Bin Abi Tholib)

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.