Home » Word » Cara Membuat Hyperlink di Microsoft Word

Cara Membuat Hyperlink di Microsoft Word

Cara Membuat Hyperlink di Microsoft Word – Ada yang sudah mengerti apa itu hyperlink ? dikutip dari wikipedia arti hyperlink adalah

Pranala (bahasa Inggris: hyperlink) adalah sebuah acuan dalam dokumen hiperteks ke dokumen yang lain atau sumber lain. Seperti halnya suatu kutipan di dalam literatur. Dikombinasikan dengan sebuah jaringan data dan sesuai dengan protokol akses, sebuah komputer dapat diminta untuk memperoleh sumber yang direferensikan.

Ada beberapa cara (format) untuk menampilkan pranala pada halaman web. Sebuah embedded link (pranala yang tersimpan) adalah salah satu dari beberapa cara yang biasa digunakan: satu atau lebih dari kata-kata yang menggunakan tipe / gaya teks khusus.

Jadi intinya hyperlink adalah alamat website, email yang disisipkan di kata atau kalimat. Dengan memberi hyperlink akan membuat kalimat semakin jelas. Karena berisi referensi yang dapat dipertanggung jawabkan.

Baca juga : Cara Mengatasi Panas Berlebihan Pada Android

Di Microsoft Word kita dapat memasukkaan hyperlink. Penggunaan hyperink di ms word akan membuat kata atau kalimat tersebut jelas, karena kita tahu refensinya atau asal usulnya.

Sudah bisakah sobat membeuat hyperlink di ms word ? Jika belum maka artikel Cara Membuat Hyperlink di Microsoft Word ini cocok sekali. Karena dalam artikel ini kita akan belajar membuat hyperlink di microsoft word.

Cara Membuat Hyperlink di Microsoft Word

1. Tuliskan dan blok kata yang ingin diberikan hyperlink

2. Klik kanan kemudian pilih hyperlink

3. Selanjutnya akan muncul seperti gambar di bawah ini. Jika ingin mengisi kata dengan alamat website atau blog maka isikan seperti gambar di bawah ini

Cara Membuat Hyperlink di Microsoft Word

4. Namun jika ingin kata yang diberi hyperlink beri email silakan pilih email addres dan isikan alamat email tersebut.

Cara Menghapus dan Menghapus Hyperlink Di Microsoft Word

Pernahkah sobat mengcopy artikel dari internet. Misalnya saja dari wikipedia. Di wikipedia banyak sekali kita temukan link yang menuju suatu alamat yang merupakan penjelasan dari kalimat tersebut.

Ketika mengcopy ke dalam MS Word sebaiknya kita hapus hyperlink tersebut agar ketika kita salah klik tidak otomatis membuka browser dan menuju alamat tersebut. Atau juga bisa sobat ganti atau edit alamat yang sudah ada ke alamat yang sobat inginkan.

Untuk menghapus dan mengedit hyperlink seperti dibawah ini

1. Klik kanan pada pada kata atau kalimat yang ada hyperlink

2. Maka akan muncul gambar seperi di bawah ini

Cara Membuat Hyperlink di Microsoft Word

3. Silakan pilih :

  • Remove Hyperlink untuk Menghapus
  • Open Hyperlink untuk membuka link
  • Select hyperlink untuk memilih atau blok kata yang ada hyperlinknya
  • Copy hyperlink untuk mengcopi atau duplikat link
  • Edit Hyperlink untuk merubah atau mengedit Hyperlink

Baca juga : Cara Ampuh Mempercepat Download IDM

Begitulah seputar hyperlink. Mudah dan simpel kan ? Kiranya cukup itu dulu tentang Cara Membuat Hyperlink di Microsoft Word. Semoga bermanfaat dan jangan lupa share artikel Cara Membuat Hyperlink di Microsoft Word ini ya.

About Jun Setyawan

Aku tak sebaik yang kau ucapkan tetapi aku juga tak seburuk yang terlintas di hatimu (Ali Bin Abi Tholib)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *