Home » Blog » Cara Membuat Blog di WordPress

Cara Membuat Blog di WordPress

Cara Membuat Blog di WordPress – Ngeblog adalah hal yang menarik untuk dilakukan. Dengan memiliki blog kita bisa berbagi cerita, berbagi ilmu dan penglaman dan lainnya.

Manfaat blog memang banyak sekali. Saya sendiri sudah lumayan lama hoby ngeblog. Untuk membuat blog zaman sekarang tidaklah sulit. Dahulu awal mulanya saya menggunakan Blogger dari Google sebagai platform untuk membuat blog. Namun seiring berjalannya waktu saya menggunakan atau berpindah ke WordPress sebagai platform yang saya gunakan untuk ngeblog.

Platform blogger atau wordpress sebenarnya sama saja. Asal kita memahami bagaimana cara kerja dari platform blog tersebut.

Baca juga : Cara Membackup Artikel di Blogspot

Mengenal wordpress Lebih Dekat

WordPress terbagi menjadi 2 yakni wordpress non hosting dan wordpress self hosting. Apa perbedaan keduanya ? Perbedaan keduanya yakni WordPress Non Hosting tidak perlu kita sewa hosting karena kita tinggal daftar saja di WordPress.Com maka kita bisa membuat blog. Hal ini mirip dengan Blogger nya dari Google. Untuk masalah domain default adalah namablog.wordpress.com 😀 Tenang saja, domain tersebut bisa di custom atau di rubah sesuai dengan keinginan kita, asalkan kita sudah membeli domain tersebut.

Sedangkan WordPress SelfHost adalah WordPress yang mana kita harus mempunyai hosting dan domain. Jadi sedikit mengeluarkan biaya. Tidak usah khawatir, karena banyak penyedia hosting yang menyediakan hosting dan domain murah. Misalnya saja hostinger.

Cara Membuat Blog di WordPress

Pada tutorial kali ini kita akan belajar cara menginstal langsul di cpanel. Artinya paling tidak sobat memiliki domain dan hosting sebagai bahan pembelajaran.

1. Silakan login CPanel hosting sobat

2. Setelah login scroll ke bagian Softaculous App Installer

3. Disana Sobat Santri Drajat akan menemukan Logo WordPress

4. Kemudian klik logo WordPress tersebut dan proses installasi akan segera dimulai

5. Klik Instal Now

6. Akan muncul tampilan baru

7. Silakan atur protokol, gunakan http saja, kemudian domain adalah dimana kita akan menginstal. Pada kesempatan kali ini saya akan menginstal di sub domain contoh.santridrajat.com

8. Nama Blog silakan ganti dengan nama blog yang sobat inginkan. Misalnya saja Santri Sunan Drajat

9. Deskripsi silakan isi dengan deskripsi singkat tentang blog sobat.

10. Admin : Silakan isi dengan nama admin dan password juga jangan lupa diisi

11. Masukan email yang masih aktif pula

12. Select Language : Silakan pilih bahasa yang diinginkan. Sobat bisa memilih tema wordpress namun bisa mengabaikannya, karena kita bisa mengganti tema wordpress kapan saja.

13. Klik Instal, namun sebelumnya isikan dahulu email aktif sebagai email konfirmasi

14. Done. Selesai. Jika berhasil maka akan muncul tampilan seperti di bawah

Baca juga : Pengertian Domain dan Hosting Yang Perlu Diketahui

Cukup mudah bukan ? Dengan kombinasi fitur yang tepat, Anda dapat membuat dan menjalankan blog dalam waktu singkat. Tentu saja, kesemua hal ini berada dalam satu paket hemat. Setelah memilih topik blog, domain, dan perusahaan hosting, kini saatnya bagi Anda untuk membuat blog di WordPress. Bagi yang ingin belajar lebih lengkap silakan baca artikel di Hostinger – penyedia jasa domain hosting murah di Indonesia Silakan coba sendiri dan kunjungi hostinger sebagai penyedia hosting dan domain yang murah untuk sobat. Cukup sekian tentang Cara Membuat Blog di WordPress. Semoga bermanfaat.

About Jun Setyawan

Aku tak sebaik yang kau ucapkan tetapi aku juga tak seburuk yang terlintas di hatimu (Ali Bin Abi Tholib)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *