Home - Word - Cara Membuat Barcode Menggunakan MS Word dan Excel

Cara Membuat Barcode Menggunakan MS Word dan Excel

Cara Membuat Barcode Menggunakan MS Word dan Excel – Barcode atau Kode Batang adalah hal yang sering kita jumpai. Namun kita tidak menyadari atau tidak tahu bahwa itu namanya barcode atau kode batang.

Barcode merupakan kode berbentuk baris tegak lurus tebal dan tipis yang memiliki fungsi mengidentifikasi suatu produk. Contohnya seperti gambar di bawah ini.

Baca juga : Pengaturan Gambar Di Microsoft Word

Cara Membuat Barcode Menggunakan MS Word dan Excel

Dengan adanya barcode atau kode batang ini kita bisa lebih efisien dan cepat mengidentifikasi nama dan juga harga dari suatu barang. Barcode merupakan kode standrat produk untuk mempermudah mengetahui nama serta harga produk. Coba kita lihat di minimarket atau toko yang sudah menerapkan komputerisasi maka biasanya mereka menggunakan barcode sebagai bahan untuk membuat nota. Lebih cepat dan tepat tentunya.

Seiring perkembangan zaman barcode juga sekarang berkembangan untuk keperluan lain misalnya absensi karyawan, absensi mahasiswa, kode surat dan lain sebagainya.

Untuk membuat kode barcode ini caranya mudah kok. Pada kesempatan kali ini kita akan belajar bagaimana cara membuat bacode menggunakan MS Word dan Excel

Cara Membuat Barcode Menggunakan MS Word dan Excel

Yang kita perlukan agar bisa membuat kode barcode adalah sebagai berikut :

  1. Silakan download font di alamat http://www.1001fonts.com/barcode-fonts.html dan instal font seperti biasanya (Ada banyak jenis font barcode, silakan pilih sesuai keinginan) kebetulan saja menggunakan font IDAHC39M Code 39 Barcode
  2. Cara instal font gampang, buka font nya bereksistensi .ttf kemudian klik Install di bagian kiri atas.
  3. Proses instal sudah beres. Sekarang kita coba kodenya
  4. Ketikan nomor 54500 kemudian gantinya font dengan font IDAHC39M Code 39 Barcode
  5. Dan hasilnya seperti gambar di bawah ini.

Cara Membuat Barcode Menggunakan MS Word dan Excel

Jadi tidak perlu software macam-macam untuk membuat barcode ini. Menggunakan MS Word bisa kok 😀 Untuk MS Excel caranya sama kok. Silakan coba sendiri. Sekian dulu tentang cara membuat bacode menggunakan MS Word dan Excel. Semoga bermanfaat.

About Jun Setyawan

Aku tak sebaik yang kau ucapkan tetapi aku juga tak seburuk yang terlintas di hatimu (Ali Bin Abi Tholib)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *