Home » Software » Cara Memaksimalkan Kinerja Browser Agar Tidak Lemot

Cara Memaksimalkan Kinerja Browser Agar Tidak Lemot

Cara Memaksimalkan Kinerja Browser Agar Tidak Lemot – Penggunaan sebuah browser yang baik dan benar akan membuat seseorang yang browsing akan merasa nyaman. Pernah Anda mengalami membuka browser yang lemot atau bahkan not responding ? Sungguh sangat menjengkelkan apabila sedang browsing tiba-tiba browser not responding dan lemot. Apalagi ketika ke warnet (warung internet) yang berbayar maka akan menyita banyak waktu.

Cara Memaksimalkan Kinerja Browser Agar Tidak Lemot

Beberapa cara memaksimalkan Kinerja Browser Agar tidak lemot di bawah ini saya harapkan akan dapat membantu Anda yang mengalami masalah dengan browser yang lemot sekaligus memaksimalkan kinerja browser

1. Hapus Cache Secara Rutin dan Berkala

Cache atau mungkin dapat dikatakan adalah bekas jejak ketika kita sedang browsing adalah satu penyebab browser anda menjadi lambat atau lemot. Ada beberapa cara untuk menghapus cache ini yakni manual atau dengan menggunakan aplikasi Ccleaner. Semakin banyak cache maka akan semakin memberatkan browser karena itu kita perlu membersihkannya secara berkala.

2. Instal Add-On Sesuai Dengan Kebutuhan

Add-on atau plugin dalam sebuah browser memanglah terkadang dibutuhkan. Tetapi jika memang tidak butuh sebuah plugin atau add on sebaiknya di hapus saja add on tersebut. Add on bisa saja aktif di belakang layar dan dapat melambatkan kinerja browser Anda. Untuk itulah perlu di hapus add on tersebut.

Baca juga : Cara Login Beberapa Akun Secara Bersamaan Dalam Satu Browser Mozilla Firefox

3. Jangan Terlalu Banyak Membuka Tab

Tab dalam sebuah browser memang akan membantu penggunanya agar tidak membuka jendela browser baru. Tetapi jika terlalu banyak maka akan menghambat kinerja browser. Setiap tab yang dibuka akan menambah kinerja ram dan jika terlalu banyak maka browser akan hang dan juga windows juga akan hang karena RAM yang di paksakan bekerja

4. Ketika Sedang Menggunakan Browser Tutup Aplikasi Yang Tidak Penting

Multitasking atau menjalankan beberapa aplikasi secara bersamaan memang akan membuat efisien. Sah-sah saja menjalankan aplikasi secara bersamaan tetapi jika komputer atau laptop kurang mampu sebaiknya jangan dilakukan aplikasi komputer dengan RAM minim dan kecepatan prosesor yang lambat bisa-bisa komputer anda akan hang.  Browser adalah salah satu aplikasi yang lumayan banyak memakan RAM ketika digunakan, karena itulah tutup aplikasi yang sekiranya tidak perlu digunakan pada saat menjalan browser.

5. Hapus Tema Browser Yang Berat

Beberapa browser memang telah mendukung penggunanya untuk mengganti tema. Tema akan mempercantik sebuah tampilan browser. Namun sebaiknya tidak perlu menginstal tema browser, cukup gunakan tema default atau bawaan. Karena pengalaman pribadi saya menggunakan browser yang ada temanya browser tersebut sering not responding.

Beberapa tips sederhana di atas tentang Cara Memaksimalkan Kinerja Browser Agar Tidak Lemot semoga dapat membantu bagi yang browsernya lambat atau bahkan not responding.

Bagikan artikel ini

About Jun Setyawan

Aku tak sebaik yang kau ucapkan tetapi aku juga tak seburuk yang terlintas di hatimu (Ali Bin Abi Tholib)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *