Home - Sosial Media - Cara Melaporkan dan Menghapus Akun Facebook Palsu

Cara Melaporkan dan Menghapus Akun Facebook Palsu

Cara Melaporkan dan Menghapus Akun Facebook Palsu – Terkadang ada orang yang memanfaatkan sosial media seperti facebook dan Instagram sebagai alat untuk menipu. Penipuan bermoduskan akun palsu tepatnya. Atau bisa juga menghack akun kemudian dijual atau dimanfaatkan untuk menipu orang dengan meminta sejumlah uang.

Sebagai pengguna sosial media kita wajib hati-hati. Karena mereka para pelaku kejahatan bisa mencari atau menggunakan data yang ada di sosial media kita yang kemudian dijadikan sebagai senjata untuk menipu.

Misalnya saja foto yang kita upload digunakan oleh orang lain dan kemudian menyamar sebagai kita dan meminta sejumlah uang atau pulsa. Atau Nomor telepon sobat yang sobat upload kemudian di hubungi nomor tidak jelas mengaku saudara padahal itu penipu.

Akun facebook saya sendiri pun pernah mengalami demikian. Ada yang menyamar sebagai saya, sudah lama dan saya biarkan saja. Alasan kenapa saya biarkan adalah karena saya jarang banget upload foto, apalagi detail data diri, jadi mereka yang menyamar tidak bisa “mengcopy” akun facebook saya. Cukup jadi se-Anonim mungkin, agar tidak mudah dikenali 😀

Baca juga :

Namun akhirnya beberapa hari yang lalu akun tersebut saya report atau laporkan dan kemudian di hapus oleh facebook. Bagi sobat pembaca Santri Drajat yang mana menemukan akun facebook palsu atau menyamar sebagai sobat maka cukup lakukan cara ini.

Cara Melaporkan dan Menghapus Akun Facebook Palsu

1. Jika sobat diblokir maka bisa menggunakan akun facebook teman. Pada tutorial kali ini saya anggap sobat diblokir oleh mereka yang menyamar sebagai sobat. Sobat menggunakan akun facebook teman untuk melaporkannya ke facebook untuk dihapus.

2. Buka akun facebook yang menyamar kemudian pilih titik 3 – Kemudian pilih Klik “Beri Masukan atau Laporkan”

Cara Melaporkan dan Menghapus Akun Facebook Palsu

3. Selanjutnya pilih akun palsu

Cara Melaporkan dan Menghapus Akun Facebook Palsu

4. Akan muncul tanda bahwa Akun facebook palsu telah dilaporkan ke facebook. Laporan akan ditinjau oleh pihak facebook

Cara Melaporkan dan Menghapus Akun Facebook Palsu

5. Setelah memilih akan muncul tulisan selesai. Tunggu pemberitahuan dari pihak facebook di akun facebook sobat.

6. Jika berhasil maka kurang dari 24 jam akun tersebut akan dihapus.

7. Agar lebih efektif gunakan beberapa akun teman sobat untuk melaporkan akun tersebut palsu.

Baca juga :

Agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan, gunakan sosial media sepantasnya saja. Karena sosial media kadang dimanfaatkan oleh mereka yang tidak bertanggung jawab untuk merugikan orang lain. Sekian dulu Cara Melaporkan dan Menghapus Akun Facebook Palsu ini. Semoga bermanfaat.

About Jun Setyawan

Aku tak sebaik yang kau ucapkan tetapi aku juga tak seburuk yang terlintas di hatimu (Ali Bin Abi Tholib)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *