Home » Software » Cara Kerja IDM atau Internet Download Manager

Cara Kerja IDM atau Internet Download Manager

Cara Kerja IDM atau Internet Download Manager – Internet Download Manager atau lebih kita kenal dengan IDM merupakan software yang sudah tidak asing lagi bagi kita. Apalagi yang suka download, tentunya sering sekali menggunakan software IDM ini.

Alasan menggunakan IDM adalah karena IDM mampu melakukan download lebih cepat. Memang benar demikian, IDM memang software yang hebat dalam mengatur kecepatan download. Apabila download tanpa IDM waktunya sekitar 1 jam tetapi jika menggunakan IDM maka bisa saja download tersebut waktunya kurang dari 1 jam.

Baca juga : Cara Mempercepat download IDM

Cara Kerja IDM atau Internet Download Manager

IDM Tidak Mempercepat Koneksi Internet

Dari nama softwarenya kita bisa mengambil kesimpulan bahwa IDM merupakan software yang mengatur download dari internet. Hanya mengatur bukan mempercepat download. Kurang tepat apabila dikatakan bahwa IDM merupakan software yang mampu mempercepat koneksi internet. Browsing tanpa IDM dan dengan menggunakan IDM tetap sama saja kecepatannya. Karena fungsi dari IDM adalah mengatur download saja. Jadi apabila kecepatan koneksi internet sobat lemot kemudian mendownload menggunakan IDM maka tetap saja hasilnya kurang maksimal. Karena proses download juga bergantung pada kecepatan koneksi internet itu sendiri. Jika menggunakan internet dengan kecepatan tinggi dan menggunakan IDM maka hasilnya pun lebih cepat.

Baca juga : Alasan Mengapa Upload dan Download Lambat dan Solusinya

Cara Kerja IDM atau Internet Download Manager

Proses download merupakan pemindahan data dari server (pusat) ke komputer yang kita gunakan. Pada saat proses download biasa tanpa menggunakan IDM, prosesnya adalah komputer melakukan request ke server dengan menggunakan satu koneksi saja atau satu jalur (Single File Stream). Namun kebanyakan dari server yang ada mengizinkan untuk download lebih dari dari 1 koneksi untuk satu IP. Hal inilah yang digunakan IDM yakni mampu meminta lebih dari 1 request download dari 1 IP.

Ketika kita mendownload menggunakan IDM maka IDM akan melakukan test ke server. Test ini untuk mengecek apakah server tersebut mengizinkan untuk melakukan download Multiple File Stream atau melakukan banyak download file dalam satu IP. Selanjutnya jika bisa digunakan untuk banyak request download maka IDM akan mendapatkan detail Byte Stream dari file yang akan di download.

IDM kemudian membuat 8 request koneksi ke server yang mana meminta untuk mendownload file tersebut dari 8 jalur yang berbeda dalam waktu yang sama. Agar lebih mudah kita contohkan saja. Misalnya saja kita mendownload video dengan dengan ukuran 800 Byte maka proses koneksi yang di lakukan IDM adalah sebagai berikut :

  • Request 1, byte awal = 0. Byte yang didownload: 0 – 999
  • Request 2, byte awal = 100. Byte yang didownload: 0 – 199
  • Request 3, byte awal = 200. Byte yang didownload: 0 – 299
  • Request 4, byte awal = 300. Byte yang didownload: 0 – 399
  • Request 5, byte awal = 400. Byte yang didownload: 0 – 499
  • Request 6, byte awal = 500. Byte yang didownload: 0 – 599
  • Request 7, byte awal = 600. Byte yang didownload: 0 – 699
  • Request 8, byte awal = 700. Byte yang didownload: 0 – 800

Dari contoh di atas dapat kita pahami bahwa IDM ini akan memecah file yang kita download menjadi beberapa bagian ketika proses download. Hal ini dimaksutkan agar proses download lebih cepat. Dan ketika selesai download file yang terpecah tersebut akan digabung lagi menjadi satu bagian.

Begitulah cara kerja IDM. Dengan begitu proses akan lebih cepat dari biasaya karena melakukan proses pengunduhan lebih dari 1 jalur. Kelebihan dari IDM adalah proses download yang bisa di pause atau diresume. Dengan adanya fitur pause dan resume ini kita bisa menyesuaikan koneksi internet untuk download atau untuk browsing saja. Jika lebih banyak digunakan untuk download maka jangan salahkan jika browsing lemot atau lambat.

Jika sobat Santri Drajat ketika menggunakan IDM tidak bisa di pause atau resume penyebabnya adalah dari sisi server tempat download sobat. Jika server mengizinkan untuk download Multiple File Stream atau download banyak dari satu IP maka bisa di resume atau di pause. Namun jika server tidak mengizinkan maka tidak bisa diresume atau dipause.

Sekian dulu tentang Cara Kerja IDM (Internet Download Manager). Semoga bermanfaat dan jangan lupa share.

About Jun Setyawan

Aku tak sebaik yang kau ucapkan tetapi aku juga tak seburuk yang terlintas di hatimu (Ali Bin Abi Tholib)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *