Cara Jualan di Marketplace FB Biar Laris

Cara Jualan di Marketplace FB Biar Laris – Facebook selain sebagai sosial media juga memungkinkan kita untuk jualan. Selain bisa digunakan untuk silaturahmi facebook juga bisa menghasilkan uang.

Seperti yang kita tahu facebook saat ini merupakan sosial media terbesar di dunia. Di Indonesia sendiri facebook merupakan sosial media yang paling banyak digunakan.

Pengguna facebook semakin hari semakin bertambah. Alasan banyak orang menggunakan facebook adalah karena facebook lebih familiar, lebih mudah digunakan oleh semua kalangan.

Baca juga :  Destinasi Wisata yang Wajib Dikunjungi Saat ke Bali

Tidak hanya bisa upload tulisan, video, foto dan lainnya membuat facebook banyak diminati masyarakat. Minat masyarakat yang semakin banyak terhadap facebook ini bisa kita manfaatkan untuk mendapatkan cuan atau keuntungan.

Memanfaatkan agar kita menggunakan facebook juga mendapatkan untung. Cara untuk mendapatkan untung dari facebook yaitu jualan online di facebook yang dengan mudah. Tinggal upload foto, deskripsi kan produk, dan juga harga.

Tapi walaupun terlihat mudah namun ada yang belum paham bagaimana cara berjualan yang benar di Facebook. Kebanyakan pengguna facebook membagikan postingan jualan mereka hanya di profil mereka. Hal ini kurang efektif. Mengapa demikian ? Terbatas itulah jawabannya. Pertemanan facebook memiliki batas maksimal 5000 orang sehingga orang yang melihat postingan jualan hanya sebatas itu.

Penjual harusnya memahami tentang target pasar. Di dunia marketing hal ini penting. Tapi saat ini belum dapat kami jelaskan di artikel ini. Namun kami akan bagikan cara berjualan dengan memanfaatkan fitur gratis facebook.

Fasilitas yang mungkin belum banyak yang tahu bagaimana cara yang benar. Dan kadang malah terjadi transaksi yang merugikan yaitu penipuan. Hal ini jangan sampai terjadi lagi. Jadilah smart buyer ketika bertransaksi di internet. Kami sudah pernah menulis tentang

Facebook saat ini memiliki fasilitas marketplace. Atau bisa dikenal dengan FB marketplace. FB marketplace ini sangat efektif untuk digunakan berjualan, asal paham caranya bagaimana cara aman bertransaksi di facebook atau juga Instagram. Silakan baca artikel tersebut apabila belum membacanya

Baca juga :  Sejarah Captcha dan Fungsinya

Dan apabila berminat untuk berjualan di FB marketplace bisa menggunakan trik dan tips dari kami agar jualan laris manis

Cara Jualan di Marketplace FB Biar Laris

  • Profil Facebook Yang Jelas

Boleh saja menggunakan akun Facebook pribadi untuk jualan. Namun ada baiknya dipisahkan agar tidak campur. Dan juga untuk branding, agar mudah dikenal. Tak perlu menggunakan “olshop” “online” cukup gunakan nama toko yang menarik saja.

Isi data profil yang baik dan benar. Jangan pasang foto anime yang tidak jalan. Boleh pasang foto produk kalo hanya 1 produk saja yang dijual, ada baiknya pasang logo agar mudah dikenal.

  • Jual Produk Yang Dipahami

FB marketplace ini calon pembeli lumayan agar ruwet. Mereka akan tanya A-Z. Maka dari itu ada baiknya jual produk yang kamu pahami. Kalau paham tentu kamu bisa menjelaskan produk tersebut. Misalnya baju, ini bahannya ini, kelebihannya ini, kekurangan ini. Jangan ditutupi kekurangan produknya. Misalnya ‘ini barang nya bagus kan, kainnya adem tapi gitu lebih mahal’. Jangan sampai ditanya ini bahan apa kak, tapi paham. Calon pembeli akan ragu untuk bertransaksi jika seperti itu.

Baca juga :  Cara Memilh Nama Domain Untuk Toko Online
  • Jujur dan Amanah

Tidak perlu melebih-lebihkan sebuah produk. Tulislah deskripsi yang sesuai saja. Hal ini akan membuat pembeli lebih percaya. Pembeli juga harusnya paham, ada harga ada barang. Maka dari itu penjual juga harus menuliskan produk dengan benar.

  • Siapkan Rekening Bank

Untuk memiliki rekening bank saat mudah kok. Asalkan punya KTP bisa memiliki rekening Bank. Ada yang gratis admin bulanan, ada yang berbayar. Dan juga sekarang kamu bisa membuat rekening Bank cukup di rumah saja. Cukup menggunakan HP saja. Ada banyak bank yang bisa kamu pilih, ada BCA, Mandiri, BRI atau bank digital BLU by BCA, dan sebagainya. Tinggal pilih yang sesuai saja. Tujuan memiliki rekening ini adalah agar dapat mengecek langsung apakah pembeli sudah membayar pesanannya.

Baca juga :  Cara Memaksimalkan Kinerja Browser Agar Tidak Lemot
  • Siap Menghadapi Banyak Tanya Beli Tidak

Jangan kaget ketika menggunakan FB marketplace ini banyak orang tanya doang. Ya wajar saja, basisnya sosial media jadi ya mungkin cuma tanya saja, atau hanya sekedar ingin tahu. Dan harus tetap tenang ketika menghadapi orang-orang yang seperti ini. Banyak tanya beli tidak, tenang saja.

  • Pahami Cara Menggunakan FB Marketplace

Ini yang penting. Apabila menggunakan FB marketplace maka harus paham bagaimana mendiskripsikan sebuah produk. Harga jangan di sembunyikan, tulis apa adanya. Tak perlu membuat orang atau calon pembeli penasaran. Kalau memang berniat membeli ya tentu saja langsung beli.

Berikut ini kami bagikan bagaimana cara menggunakan marketplace facebook.

Via Dekstop / Laptop / PC

1. Masuk facebook https://www.facebook.com/marketplace/?ref=bookmark
2. Kemudian Klik Jual Barang di Sebelah kiri
3. Pilih jenis tawarkan dan kemudian pilih BARANG DIJUAL
4. Kemudian Isikan :

Cara Jualan di Marketplace FB Biar Laris
– Tambahkan Foto : Upload foto yang unik dan menarik agar calon pembeli tertarik untuk membeli
– Judul Produk : Isi dengan nama produk
– Harga : Tulis harga, tidak perlu disembunyikan
– Katergori : masukkan kategori produk, silakan pilih yang sesuai
– Kondisi : Baru atau Second
– Keterangan: Isikan deskripsi produk, tulis dengan jelas padat dan berisi
– Ketersediaan : apabila 1 cukup hanya satu, apabila banyak bisa menggunakan opsi lainnya
– Label produk : Isi dengan jenis atau kategori produk
– SKU : Isikan dengan kode produk di toko kalian agar mudah mencari jenisnya
– Untuk lokasi sebaiknya lokasinya di kota sendiri dan jangan berikan keterangan dapat melakukan pembayaran COD via kurir. Hal ini untuk menarik pembeli yang berasal dari luar daerah

Pilihan promosi tidak perlu diaktifkan. Fitur ini khusus untuk yang benar-benar paham apa itu periklanan. Dan menu Sembunyikan Dari Teman, apabila diaktifkan maka otomatis teman facebook kalian tidak akan mendapatkan notifikasi kalau menjual produk. Pilih sesuai kebutuhan saja.

Via Handphone

Untuk berjualan di FB marketplace caranya sama seperti di atas. Facebook LITE pun dapat digunakan untuk berjualan. Tips dan triknya untuk pengisian sama seperti di atas.

Baca juga :  Aplikasi Cari Jodoh Online Untuk Yang Single
  • Siapkan COD Via Kurir

Payment atau pembayaran juga termasuk penting. Dan kebanyakan pembeli di Facebook Marketplace ini ingin bayar COD. Mengapa mereka suka COD ? Ada berbagai alasan. Misalnya tidak memiliki mobile banking, atau ATM jauh dari tempat tinggal, ingin melihat barang dahulu sebelum beli dan lain sebagainya.

Boleh saja menggunakan metode pembayaran COD. Asalkan benar-benar aman. Dan cara paling aman dan nyaman adalah menggunakan kurir. Kurir yang melayani metode kirim barang dengan COD sudah cukup banyak, bisa POS Indonesia, JNE atau Ninja Ekspres, dan lainnya. Untuk syarat COD dengan kurir ini mudah kok. Untuk lebih jelasnya bisa datang ke kantor terdekat.

Itulah beberapa tips dan trik cara berjualan di marketplace facebook biar laris. Trik dan tips di atas bisa dikembangkan sendiri. Tentunya setiap orang memiliki pengalaman sendiri-sendiri dalam berjualan agar hasilnya lebih maksimal lagi.

Aku tak sebaik yang kau ucapkan tetapi aku juga tak seburuk yang terlintas di hatimu (Ali Bin Abi Tholib)

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.