Home » Tips Windows » Cara Instal Windows Yang Tepat

Cara Instal Windows Yang Tepat

Cara Instal Windows Yang TepatSetelah Instal windows di laptop dan komputer tambah lemot ? Jangan sampai itu terjadi. Mungkin ada di antara kita menginstalkan laptop kita ke teknisi namun tidak sesuai dengan yang kita harapkan, komputer dan laptop yang kita instal malah lemot seperti kura-kura. Hehehe. Mungkin ini ada beberapa tips yang mungkin cocok untuk sobat terapkan untuk instal komputer atau laptop kita. 

Baca juga : Mengapa PIN BBM kita Berubah

Cara Instal Windows Yang Tepat

cara instal windows yang benar

Cek Hardware

Ini adalah hal pertama harus di ketahui sebelum sobat instal komputer atau laptop. Kalau sebagai teknisi ada baiknya tanyakan kepada pemiliknya untuk tentang speksifikasinya laptop atau komputer yang akan di instal. Bila sang pemilik gadget tidak mengetahui silakan di cek langsung di hardware gadgetnya.

Apabila laptop dengan lumayan tinggi (dual core dengan ram 2 giga) bisa menggunakan windows 7 home premium ke atas. Semakin baru suatu OS maka hardware yang dibutuhkan pun semakin tinggi. Jadi harus sesuai dengan spesifikasinya. Memang OS baru (windows 8, 8.1 dan 10) namun bila spek tidak mumpuni, maka bisa saja laptop malah lemot atau crash. Kalau saya pribadi lebih suka menggunakan windows XP atau 7. Mengapa ? Karena sudah teruji kehandalannya, bandel, hemat memory ram dan sebagainya.

Kalau sobat sering ganti OS maka akan merasakan bedanya. Tidak usah perlu OS terbaru, yang penting cepat, stabil sesuai dengan yang kita inginkan.

Cek Produsen

Sekarang banyak sekali produk – produk dari berbagai produsen. Kenapa produsen perlu diperhitungkan? Produsen saya kita menentukan kualitas dari suatu produk. Misalnya saja merek lokal hardware mudah rusak atau juga perakitannya kurang bagus maksimal sehingga pada saat digunakan konsumen kecewa. Untuk produk dari luar negeri (acer, asus, toshiba, lenovo, samsung) semua nya berkualitas. Jadi konsumen jarang kecewa.

Perlu di ketahui, untuk merk ASUS kebanyakan menggunakan windows 64 bit. Rata seperti itu, kalaupun salah pilih, 64 kita isi dengan 32 maka biasa crash pada saat instal driver, black screen dan sebagainya. Mungkin sobat punya pengalaman tersendiri.

Instal Windows Original

Gunakan windows asli jangan yang kebanyakan edit. Misalnya windows black edition, Windows 7 Glass dan sebagainya. Saya sendiri kurang suka hal tersebut karena kebanyakan malah membuat laptop lemot, lemot banget malahan. Gunakan windows versi standar saja. Tidak perlu update windows karena malah akan membuat membebani ram. Seperti yang saya katakan di atas. Semakin baru OS maka hardwarenya pun harus mendukung yang baru.

Setelah menginstal windows dan driver maka langkah selanjutnya adalah instal aplikasi. Seperti halnya instal windows, instal aplikasi pun tidak usah macam-macam. Cukup instal aplikasi yang dibutuhkan saja. Misalnya MS. Office, photoshop, browser, pdf reader, dan sebagainya. Corel Draw pun saya kira tidak perlu kalau pemiliknya saja tidak paham dengan corel draw.

Itulah beberapa tips tentang Cara Instal Windows Yang Tepat dari pengalaman pribadi. Semoga bermanfaat untuk kita dan menambah wawasan kita semua. Silakan share ke sobat yang lain. Terima kasih.

About Jun Setyawan

Aku tak sebaik yang kau ucapkan tetapi aku juga tak seburuk yang terlintas di hatimu (Ali Bin Abi Tholib)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *