Home - Tips Android - Cara Flash Oppo Joy 3 Tanpa PC atau Laptop

Cara Flash Oppo Joy 3 Tanpa PC atau Laptop

Cara Flash Oppo Joy 3 Tanpa PC atau Laptop – Salah satu produk dari Oppo yang banyak dibeli masyarakat adalah Oppo Joy 3 atau A11W. Dengan spesifikasi yang lumayan HP Android ini cocok untuk dimiliki.

Kebetulan teman saya menggunakan HP Oppo Joy ini. Dengan RAM 1 GB dan Memory Internal 8 GB terbilang spesifikasi yang cukup luamayan. Beberapa waktu yang lalu HP yang dipakai teman saya ini mengalami masalah. Masalahnya adalah keyboard bawaan (SWIPE) yang error atau tidak bisa digunakan.

Baca juga : Tips Merawat SD Card Agar Tidak Mudah Rusak

Saya coba instal aplikasi keyboard lain dengan cara memasukan aplikasi ke SD kemudian saya instal seperti biasa. Namun hasilnya tetap saja keyboard error. Saya resetpun hasilnya tetap sama yakni keyboard error. Ternyata saya amati androidnya yang terdapat virus. Virus ini ternyata yang menyebabkan error pada keyboard.

Jalan lain menghilangkan virus menurut saya adalah dengan melakukan flashing. Dan setelah melakukan flash HP teman saya tersebut tidak mengalami masalah dan kembali normal. Bagaimana cara flash Oppo Joy 3 tanpa PC Laptop ?

Baca juga : Mengatasi Layar HP Android Yang Bergerak Sendiri

Mudah kok cara melakukan flashing Oppo Joy 3 Atau A11W ini dan saya melakukannya tanpa PC atau Laptop. Kecuali untuk mendownload Firmware nya saya menggunakan Laptop karena lebih cepat dan muda.

Cara Flash Oppo Joy 3 Tanpa PC atau Laptop

Cara Flash Oppo Joy 3 Tanpa PC atau Laptop

  1. 1Silakan download terlebih dahulu firmware untuk bahan flashing. Bisa download di warnet jika tidak memiliki laptop atau koneksi internet. Download Firmware Oppo Joy 3 A11W
  2. Pada tutorial ini kita akan menggunakan SD Card sebagai media penyimpanan firmware. Jadi siapkan SD Card minimal 2 Gb.
  3. Setelah selesai download copy filenya ke SD Card. Atau jika memang sebelum flash HP masih bisa menyala silakan copy file Firmware ke memory internal saja. Bisa juga copy ke memory internal dan eksternal agar lebih mudah jika tidak terdeteksi atau tidak terbaca filenya.
  4. Masukkan SD Card ke slot SD Card Oppo Joy 3 atau A11W
  5. Sekarang kita akan lakukan flashing
  6. Pada saat HP posisi off atau matikan tekan dan tahan tombol volume down (-) kemudian tekan tombol power. Lepas tombol power sampai muncul logo OPPO namun tombol volume tetap ditekan.
  7. Akan muncul OPPO Recovery, kemudian gunakan tombol volumen UP(+) dan DOWN (-) untuk memilih English.
  8. Akan muncul beberapa pilihan silakan pilih Wipe data and cache kemudian Wipe data and cache. Muncul peringatan “Your data and cache will be wiped, this operation can not be restored” pilih OK dengan menekan tombol power.
  9. Jika muncul tulisan Wipe data and cache successfully berarti data berhasil di hapus. Kemudian pilih Yes dengan tombol power
  10. Silakan kembali ke menu utama dengan menekan tombol back menggunakan tombol navigasi dan pilihlah menus Install From SD menggunakan tombol power.
  11. Silakan pilih Firmware yang telah sobat letakkan di SD Card kemudian tekan tombol OK untuk memulai flashing. Akan muncul peringatan dan silakan pilih OK.
  12. Silakan tunggu, mungkin sekitar 10 menitan sampai 20 menit.
  13. Agar lebih aman silakan melakukan flashing ini dengan melakukan charging atau pengisihan baterai agar tidak terjadi kegagalan flashing karena kekurangan daya baterai.
  14. Jika sudah selesai silakan REBOOT

Baca juga : Cara Membuat Autotext Ala Blackberry di Android

Tutorial ini sudah di ujicoba dan mohon maaf apabila tidak ada gambar. Karena pada saat melakukan flashing ini tidak sempat mengambil foto 😀 Dan perlu sobat Santri Drajat ketahui bahwasannya dengan cara melakukan flashing ini maka semua data di HP Android Oppo Joy 3 atau A11W akan hilang. Jadi silakan back up semua datanya jika memang terdapat data yang penting. Sekian dulu tentang Cara Flash Oppo Joy 3 Tanpa PC atau Laptop.

About Jun Setyawan

Aku tak sebaik yang kau ucapkan tetapi aku juga tak seburuk yang terlintas di hatimu (Ali Bin Abi Tholib)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *