Home » Blog » Cara Export dan Import Bookmark di Browser

Cara Export dan Import Bookmark di Browser

Cara Export dan Import Bookmark di Browser – Penanda atau Bookmark atau Markah dalam dalam sebuah browser adalah adalah kumpulan shortcut/jalan pintas menuju sebuah alamat website atau URL yang disimpan ketika mengunjungi URL tersebut untuk memudahkan kembali mengunjungi URL tersebut dikemudian hari. Atau mungkin bahasa lainnya bookmark adalah alamat website yang ditandai.
Bookmark seperti halnya shortcut ke aplikasi, file di komputer yang ditempatkan di lokasi yang mudah dijangkau pengguna pada komputer misalnya desktop. Dengan adanya bookmark di browser maka seseorang tidak perlu mengingat alamat web atau URL terutama jika mempunyai alamat website favorit yang banyak.

Inilah beberapa kelebihan menggunakan bookmark pada browser..

– Tidak perlu menggunakan mesin pencari untuk mencari alamat website yang lupa.

– Tidak perlu mengingat alamat website atau URL yang pernah dikunjungi.
– Bookmark dapat dicopy pada browser antar komputer.
– Bookmark Bisa dibackup.
– Bookmark Bisa di eksport dan impor antar browser.
Itulah beberapa kelebihan bookmark pada sebuah browser. Salah kelebihan yang memudahkan pengguna dengan adany fitur bookmark adalah bisa di backup. Dengan membackup bookmark kita bisa memindahkan daftar situs bookmark antar browser, Misalya bookmark dari browser mozilla firefox ke google chrome atau sebaliknya.
Bisa memindahkan daftar situs favorit dari satu komputer ke komputer yang lainnya. Misalnya saja alamat-alamat situs yang Anda favoritkan di bookmark di laptop, kemudian ketika ke warnet Anda ingin mengunjungi situs favorit tersebut maka Anda bisa melakukan backup bookmark terlebih dahulu dan menyimpannya kemudian tinggal impott bookmark tersebut ke dalam browser komputer warnet

Cara Export dan Import Bookmark Di Browser (Mozilla Firefox)

-Buka Browser Mozila Firefox
-Pada menu bar klik menu bookmark
-Pilih show all bookmark
Agar lebih mudah gunakan shortcut tombol ctrl+shif+b
Maka akan muncul tampilan seperti gambar di bawah ini
Cara Export dan Import di Browser

Cara Export dan Import Bookmark di Browser


Pada Gambar di atas ada beberapa pilihan. Bila langsung backup maka akan di save dengan format .JSON. Untuk format JSON hanya bisa dibuka bookmark tersebut dengan browser mozilla firefox. Untuk disimpan dengan format .HTML maka buka dengan browser lain.
Untuk menyimpan bookmark tersebut silakan simpan sesuai keinginan. Saya sarankan simpan dengan format html agar bisa di buka dengan browser lainnya. Untuk menyimpan dengan format html silakan pilih menu export bookmark to html. Dan bila ingin memasukkan bookmark dari browser lain komputer silakan pilih menu import bookmark from html.

Kalau menggunakan beberapa browser dalam satu sistem operasi maka hal di atas tidak perlu dilakukan untuk export dan import bookmark. Silakan buka library (tekan tombol ctrl+shift+b) ketika menggunakan browser mozilla. Pilih menu import and backup – import data from another browser. Kemudian pilih browser mana bookmarknya yang ingin di copi.

Contoh di atas menggunakan browser mozilla, lalu bagaimana menggunakan browser andalan google, google chrome? Caranya hampir sama. Ketika menggunakan google chrome silakan tekan tombol ctrl+shift+o maka muncul menu bookmark manager. Pada menu organize, disitu ada beberapa menu saya hampir sama dengan mozilla firefox. Untuk export dan import bookmark di google chrome tidak mendukung format .JSON. Cara import dan export sama saja dengan keterangan export dan impott bookmark di mozilla firefox.

Demikian ulasan mengenai cara export dan import Bookmark di browser. Semoga menambah wawasan kita dan tentunya bermanfaat untuk kita semua. Silakan share kepada teman-teman yang lainnya agar mereka juga mengerti tentang export dan import bookmark browser.

Bagikan artikel ini

About Jun Setyawan

Aku tak sebaik yang kau ucapkan tetapi aku juga tak seburuk yang terlintas di hatimu (Ali Bin Abi Tholib)

2 comments

  1. Komentar pertama… salam kenal dulu kang… saya ndak mau komentar masalah artikel ini, tapi saya mau koemantar masalah nama situs, santridrajat. kalau ingat kata santri, ingat dunia pesantren. udah itu aja mas…

  2. Silakan baca di halaman http://www.santridrajat.com/p/about.html ^_^

    Maaf baru mengupdate halaman tersebut karena kesibukan dan juga baru ganti template 😀

    Dan terima kasih sudah berkunjung ^_^

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *