Home - Excel - Cara Cetak / Print Banyak File Secara Bersamaan

Cara Cetak / Print Banyak File Secara Bersamaan

Cara Cetak / Print Banyak File Secara Bersamaan – Mahasiswa tingkat akhir atau sobat yang kerja di kantor kadang kala ingin mencetak file secara bersamaan, tanpa harus membuka file satu persatu. Karena kalau harus membuka file data yang berupa word, Excel atau PDF tentu akan merepotkan. Kalau filenya cuma di bawah 5 mungkin tidak masalah, tapi akan terasa ribet kalau filenya banyak.

Agar tidak terjadi yang ribet atau mencetak lebih cepat gunakan trik ini yakni menggunakan cara cetak / print banyak file secara bersamaan dengan mudah. Trik ini bisa digunakan untuk semua versi sistem operasi Windows : Windows 10, Windows 8 / 8.1 ataupun Windows 7

Baca juga :

Cara Cetak / Print Banyak File Secara Bersamaan

1. Pertama yang harus dilakukan agar kita bisa mencetak atau print banyak file secara bersamaan sekaligus yakni dengan cara mengatur default print di Windows tersebut.

2. Untuk mengatur print tertentu masuk pada pengaturan / control panel kemudian pilih hardware dan sound – device dan printer. Lalu klik kanan printer yang diinginkan dan Set Default

3. Untuk Windows 10 cukup cari di kolom pencarian pengaturan, ketikan printer maka akan muncul bagian pengaturan printer atau bisa juga secara manual pilih Devices – printer & scanner. Setelah ketemu pengaturan printer hilankan centang let windows manage my default printer maka otomatis sistem akan menjadikan salah satu printer yang dijadikan printer utama.

4. Pastikan dokumen atau data yang akan di cetak bersama ini berada dalam 1 folder.

5. Setelah itu pilih dokumen yang akan dicetak bersama dengan cara klik file sambil tekan tombol ctrl atau langsung blok semua file saja dengan tombol ctrl+a kemudian klik kanan pilih menu print

Cara Cetak / Print Banyak File Secara Bersamaan

Dengan cara di atas tidak perlu lagi pusing memikirkan mencetak atau print banyak file. Cukup sekali perintah langsung selesai.

Baca juga :

Tips agar hasilnya maksimal, harap data atau isi file yang dicetak tersebut ukuran kertasnya sama dan juga pengaturannya sama seperti yang digunakan dalam skripsi atau tugas akhir. Sekian dan semoga bermanfaat.

About Jun Setyawan

Aku tak sebaik yang kau ucapkan tetapi aku juga tak seburuk yang terlintas di hatimu (Ali Bin Abi Tholib)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *