Home » Tips Android » Cara Ampuh Menghemat Kuota Internet di Android Agar Tidak Boros

Cara Ampuh Menghemat Kuota Internet di Android Agar Tidak Boros

Cara Ampuh Menghemat Kuota Internet di Android Agar Tidak Boros – Jika pada kesempatan sebelumnya saya menulis tentang bagaimana cara menghemat kuota di windows 10 maka kali ini akan saya bagikan bagaimana cara menghemat kuota internet android agar tidak boros.

Kebutuhan koneksi internet di android ataupun smartphone lain, apple, microsoft dan lainnya sudah tidak bisa dipungkiri lagi. Internet seakan-akan makanan pokok yang harus dikonsumsi setiap hari. Banyak hal mengapa orang suka dengan ‘internet’ mungkin salah satunya gara-gara sosial media.

Kebutuhan internet tersebut sering kali dikeluhkan oleh masyarakat karena harga untuk mendapatkan paket internet tidaklah murah, alias harus merogoh kocek yang lumayan.

Jika kita dapat menghemat kuota internet maka kita akan dapat menghemat pengeluaran. Di bawah ada beberapa tips yang dapat digunakan untuk menghemat kuota :

1. Nonaktifkan Fitur Auto Download Pada WhatsApp

WA atau whatapp merupakan salah satu sosial media yang banyak digunakan. WhatsApp juga bisa menyedot banyak kuota. Untuk itulah perlu pengaturan agar hemat kuota. Buka whatsapp – menu – pengaturan (settings)- chating dan panggilan – Unduh otomatis media

Maka akan muncul 3 menu

  • saat menggunakan data selular : hilangkan semua centang, jika tidak ingin mendownload jenis file gambar, video, audio, dokumen. Jika ingin download otomatis dari pilih centang jenis file yang diinginkan
  • Saat tersambung wifi : centang semua, karena dengan saat terkoneksi wifi maka file akan di download
  • Saat Roaming: Hilang semua centang

2. Menonaktifkan auto Download Playstore

Playstore akan melakukan update otomatis jika ada versi baru. Agar hemat kuota maka jika ada wifi saja play store melakukan update.

Buka playstore dan masuk pada setelan – pada bagian umum – Perbarui aplikasi secara otomatis – pilih perbarui aplikasi ketika ada wifi saja.

3. Hemat Kuota Youtube

Untuk menghemat kuota jika melakukan streaming youtube masuk pada seting – umum – centang Limit Mobile Data Usage (membatasi penggunaan kuota mobile).

4. Hemat Kuota Dengan Google Chrome

Jika menjadikan browser google chrome sebagai browser utama maka dapat dihemat. Buka browser Google Chrome – menu setting dan pilih data server

Baca juga : Opera Mini, Browser Terbaik di Android

5. Menonaktifkan Update Aplikasi Otomatis dari Playstore

Buka play store – kemudian cari aplikasi yang sudah terinstal – menu kiri bawah – hilangkan centang update otomatis

Itulah beberapa Cara Ampuh Menghemat Kuota Internet di Android Agar Tidak Boros. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

About Jun Setyawan

Aku tak sebaik yang kau ucapkan tetapi aku juga tak seburuk yang terlintas di hatimu (Ali Bin Abi Tholib)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *