Home » Tips Android » Cara Ampuh Mengatasi Camera Failed di HP Samsung Galaxy

Cara Ampuh Mengatasi Camera Failed di HP Samsung Galaxy

Cara Ampuh Mengatasi Camera Failed di HP Samsung Galaxy – Ketika mendengar kata samsung kita akan langsung ingat HP Android. Memang kejayaan HP berbasis Android di Indonesia awalnya dipopulerkan oleh Samsung ini.

Mungkin sobat ingat Nokia yang dahulu awalnya enggan menggunakan Android dan lebih memilih Windows Phone. Tetapi sekarang seperti yang kita tahu bahwa Nokia pun akhirnya menggunakan Android. Semua akan akan Android pada waktunya. Hahaha.

Samsung Galaxy merupakan varian smartphone yang dikeluarkan perusahaan samsung. Karena produk samsung tidak hanya smartphone samsung saja, entah apa saja produk perusahaan ini tapi kebanyakan produk elektronik.

Baca juga :

Cara Ampuh Mengatasi Camera Failed di HP Samsung Galaxy

Cara Ampuh Mengatasi Camera Failed di HP Samsung Galaxy

Bagi pengguna HP Samsung Galaxy yang pernah mengalami “Camera Failed” maka artikel ini cocok untuk dibaca. Karena ada pengguna HP Samsung Galaxy yang mengeluhkan hal ini yakni mereka gagal menggunakan kamera. Tenang. Di bawah ini ada beberapa tips cara ampuh mengatasi camera failed di HP samsung galaxy kok.


 

Bersihkan Cache

Cache merupakan berkas yang tersimpan atau istilah mudahnya adalah jejak dari aktifitas yang telah kita lakukan di suatu sistem. Manfaat cache adalah kita bisa membuka suatu sistem dengan cepat apabila sudah pernah melakukan sebelumnya. Namun apabila terlalu banyak maka akan menyebabkan crash atau error. Aplikasi kamera di Samsung Galaxy tentunya memiliki cache. Hal ini bisa saja membuat Camera Failed. Karena itulah bersihkan secara berkalah cache ini. Cara bersihkan cukup mudah. Masuk pengaturan – aplikasi – kamera – cache – delete / hapus.

Reset Pengaturan Kamera

Jika sobat pernah mengalami Camera Failed atau error jangan buru-buru bingung. Cobalah reset pengaturan kamera tersebut. Kamungkinan software kamera mengalami crash atau error, sehingga perlu di reset atau dirubah ke pengaturan awal.

Penyimpanan Penuh dan Segera Hapus File Tidak Penting

Tanpa disadari sudah mengambil foto banyak maka akan membuat penyimapan di HP Android sobat semakin penuh. Jika penyimpanan penuh maka otomatis kamera tidak bisa digunakan. Jika memungkinan coba isi dengan SD Card, mungkin akan terbantu karena data akan bisa dipindahkan ke SD Card tersebut.

Reset Pabrik

Apakah ada virus di Android ? Bisa saja ada. Karena terkadang kita tanpa sengaja memasukkan virus yang bisa merusak sistem android. Termasuk bisa merusak software kamera. Jika cara di atas sudah dicoba namun kamera tetap saja gagal digunakan maka lakukan reset atau kembali pengaturan awal. Sebelum mekakukan hal ini back up file yang dirasa penting. Karena khawatir reset pabrik yang Sobat Santri Drajat lakukan menghapus data internal yang penting.

Flash Samsung Galaxy

Semua cara sudah dilakukan ? Langkah yang bisa dilakukan selanjutnya adalah flash. Flash layaknya instal ulang laptop, jadi sistem operasi yang digunakan baru dan fresh. Bebas dari virus maupun bug sistem software.

Perlu dipahami jika sobat menggunakan OS Android custom bukan dari pabrik maka biasanya terjadi beberapa bug. Bug ini juga bisa terjadi di software kamera. Karena itulah disarankan menggunakan OS Android bawaan asli dan resmi dari vendor. Sekian tentang Cara Ampuh Mengatasi Camera Failed di HP Samsung Galaxy. Semoga bermanfaat.

About Jun Setyawan

Aku tak sebaik yang kau ucapkan tetapi aku juga tak seburuk yang terlintas di hatimu (Ali Bin Abi Tholib)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *