Cara Ampuh Melindungi Wifi Agar Tidak Mudah Di Bobol

Cara Ampuh Melindungi Wifi Agar Tidak Mudah Di Bobol – Berawal dari curhatan teman yang memasang wifi dari Telkom Speedy namun sering di bobol orang jahil. Tentu saja hal ini akan mengganggu apabila orang jahil tersebut menggunakan wifi dengan kecepatan tinggi maka akan berefek pada pengguna wifi lain yang membuat lemot. 

Menggunakan Password Unik Tetap Saja Dibobol

Baca juga :

Karema teman saya curhat yang wifi nya sering dibobol maka saya sarankan agar menggunakan password wifi yang unik. Setelah di coba ternyata hasilnya sama saja, tetap saja di bobol.Untuk mengetahui password ini orang jahil ini hanya menggunakan HP Android saja dan aplikasi tertentu. Namun saya juga tidak tahu pastinya menggunakan aplikasi android apa, karena ada banyak aplikasi android yang dapat digunakan untuk membobol password wifi.

Menggunakan Mac Address Untuk Mengamankan Wifi

Menggunakan password yang unik masih saja dibobol akhirnya saya menggunakan Mac Address untuk mengamankan wifi tersebut. Mac Address merupakan kode unik pada sebuah hardware atau juga bisa disebut “Nama” dari sebuah hardware.Karena setiap device atau hardware berbeda Mac Addres-nya atau tidak pernah sama Mac Addres-nya maka kita dapat gunakan hal itu untuk mengamankan wifi kita agar tidak mudah untuk dibobol.

Artinya kita akan memasukkan Mac Address tertentu ke dalam pengaturan modem dan selain Mac Addres yang sudah dimasukkan tersebut maka tidak dapat mengakses wifi kita. Misalnya laptop kita Mac Address adalah 09.05.07.0A dan kita masukkan pada pengaturan modem maka selain laptop kita tidak akan bisa mengakses wifi.

Cara Mengatur Mac Address di Modem

Mohon maaf sebelumnya karena tutorial ini gambarnya kurang lengkap namun saya harapkan para pembaca tetap dapat mempraktekkannya.
  1. Kali ini kita akan mengatur Mac Address Modem dari Indhihome Telkom. Pengaturan setiap modem berbeda. Jadi sesuai saja, intinya pada pengaturan ini kita membatasi pengguna dengan MAC ADDRESS. Jangan sampai salah memasukkan Mac Address. Jadi selain Mac yang di izinkan tidak bisa mengakses WiFi walaupun passwordnya benar.
  2. Masuk pada admin modem dengan mengetikan IP Addres 192.168.1.1 atau 192.168.1.121 atau juga yang lainnya. Tergantung dari pengaturan. Untuk masalah IP ini silakan tanyakan pada teknisi Telkom Speedy.
  3. Setelah masuk / login cari menus interfaces – setup wifi mac – pada bagian Add Filter masukkan Mac Address yang telah kita tentu untuk dapat mengakses wifi.
  4. Setelah itu klik Save dan restart modem agar lebih sempurna

 Cara Ampuh Melindungi Wifi Agar Tidak Mudah Di Bobol

Baca juga :


Trik 100% berhasil digunakan. Walaupun orang lain mengetahui password wifinya namun tidak akan bisa mengakses wifi karena sudah terlindungi dan terfilter dengan Mac Address.

Aku tak sebaik yang kau ucapkan tetapi aku juga tak seburuk yang terlintas di hatimu (Ali Bin Abi Tholib)

You May Also Like

39 Comments

    1. Itu karena orang lain makai mac adress yg di masukin d list filter ane om. Emang ada aplikasi buat ngerubah mac adress om. Klo d hp harus d root dulu. Kalo d pc cukup makai aplikasi dan yg pling populer itu tmac adress

    1. Kalau untuk melihat di laptop/PC : buka CMD dan ketikan ipconfig/all di bagian physical address itulah Mac Address

      Untuk Android : nyalakan wifi – buka pengaturan wifinya – pilih menu advanced – cari MAC Address

  1. gan kalo saya dipake dua2nya tp supaya tetangga gak jebolin pke aplikasi penjebol wifi gimna ya caranya? biar bisa dipake android n laptop tp orang lain ga bs jebol ada cara lain g?

    1. Bisa diperjelas maksutnya ?

      Mungkin bisa menggunakan Filter Mac Address plus Kombinasi password, sepertinya aman kok.. Silakan di coba dahulu ya 🙂

  2. trima kasih Gan tipsnya, sudah saya terapkan, tetapi masih belum tahu sudah efektif atau belum, karena belum tahu sudah ada yg hack lagi atau belum

    tapi tetap thx ya Gan ilmunya, sukses buat agan

  3. Gan, abis dimasukin Mac address wifinya malah ngga bisa. Keterangannya koneksi wifi failure, itu gmn ya gan?

    1. Coba di restart modemnya.. kalo gak bisa baru di reset kemudian atur ulang tapi agan juga harus paham giman cara mengaturnya.. 🙂 😀

  4. Gan aku sudah masukin tapi failure itu ginana ya jdinya malah gabisa masuk ke wifi saya 🙁 gimana ya

  5. Kalo yang bobol nya di atas 8 orang gimna gan , itu kan batas nya cuman buat 8 mac address
    Tempat ane yg bobol bnyak bener miskin kouta.

    1. Coba di otak atik gan…
      Modem yang tak pakai sekarang ini adalah whitelist (perangkat yang diizinkan) dan blacklist (perangkat yang diblokir). Jadi gunakan saja whitelist. Jadi selain yang terdafatar di whitelist tidak bisa akses internet. 😀

  6. Thanks gan sukses wifi saya aman, tapi saluran tv indihomenya ga bisa di buka failure terus gmma ya gan ?
    Mohon bantuannya suhu

    1. Masak sich gan…
      udah ujicoba apa belum ? Jangan2 salah ngaturnya…
      Masukin IP address dengan benar, mana yg diperbolehkan bisa gunain wifi diatur…

    1. 😀
      Maaf gan, tutorial sudah diuji coba gan dan work 100%, mungkin agan yg langkahnya ada yang kurang tepat. Beda modem beda langkah. Jangan sampai salah mac address 1 huruf pun ya 😀

      Kalau sudah terlanjur salah silakan reset ke default atau kembali ke pengaturan awal dengan syarat mengetahui konfigurasi awal jg.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *