Home » Blog » Cara Ampuh Agar Blogmu Tidak Di Copy Paste

Cara Ampuh Agar Blogmu Tidak Di Copy Paste

Cara Ampuh Agar Blogmu Tidak Di Copy Paste – Dalam dunia blogging copy paste merupakan hal yang tidak dianjurkan. Melakukan copy paste merupakan hal yang merugikan orang lain. Pernah sobat melakukan copy paste ? Lebih baik menulis sebisanya saja, untuk belajar menulis di blog silakan baca artikel : Cara Menulis Di Blog Untuk Pemula.

Copy Paste atau di sebut juga COPAS dapat dihindari dengan melakukan beberapa trik. Trik ini saya terapkan di blog yang saya buat, untuk mengantisipasi mereka yang suka copy paste. Apa saja Cara Ampuh Agar Blogmu Tidak Di Copy Paste ? Yuks simak artikel di bawah ini

Cara Ampuh Agar Blogmu Tidak Di Copy Paste

Cara Ampuh Agar Blogmu Tidak Di Copy Paste

Buat Gaya Tulisan Sendiri

Setap orang di dunia ini memiliki gaya unik tersendiri dan tidak sama dengan yang lain. Maka dari itu tulislah menurut sobat sendiri. Tidak usah memperdulikan EYD atau tanda baca dan sebagainya. Menulis di blog bukan menulis ujian bahasa Indonesia. Tetapi jangan sampai menulis alay ya. Masaka menulis semoga ditulis S3m064, itu namanya alay. 😀

Masukkan Nama Domain Di Dalam Artikel

Buatlah ciri khas dalam menulis, misalnya sapaan khusus yang mengadung nama domain. Misalnya saja, “Hallo sobat pembaca Santri Drajat”. Tentunya orang yang akan melakukan copy paste berfikir lagi. Karena dalam artikel tersebut mengandung kata atau kalimat yang khusus.

Baca juga : Pengertian Domain dan Hosting

Berikan Link Ke Artikel Lain Pada Kata Tertentu

Memasukkan link ke dalam artikel adalah salah satu cara yang efektif juga. Dengan adanya link aktif ini ketika akan melakukan copy paste link akan ikut dalam artikel yang telah sobat buat. Saya sendiri memasukkan beberapa link yang tersembunyi ke dalam artikel. Dengan adanya link ini juga akan membuat para pembaca blog betah berlama-lama di blog sobat. Semakin lama pengunjung di blog sobat maka akan semakin bagus.

Berilah Tanda Air Pada Gambar

Gambar dalam sebuah artikel merupakan bahan yang dapat membantu memperjelas artikel. Apalagi jika blog sobat berisi tentang tutorial, tentunya kudu ada gambar. Misalnya saja tutorial tentang Cara Mengganti Bahasa Windows Menjadi Bahasa Indonesia tentunya pembaca lebih paham jika ada gambar. Saya sendiri sering sekali menggunakan gambar agar artikel lebih jelas. Namun ada juga yang tanpa gambar karena keterbatasan bahan atau lupa memberikan gambar.

Pemberian gambar sangat bagus namun harus diberi tanda air agar ketika seseorang mengcopas artikel akan ketahuan bahwa gambar tersebut berasal dari blog sobat. Contoh tanda air bisa berupa gambar atau sekedar tulisan seperti yang saya gunakan di blog santri drajat ini.

Berikan CSS Anti Copas Atau Plugin WordPress

Ini juga hal efektif. Yakni memberi kode CSS anti copas. CSS ini dapat digunakan sobat pengguna blogger dari Google maupun pengguna WordPress. CSS ini akan memblokir klik kanan dari pembaca. Dengan begitu orang yang akan mengcopy paste akan kesulitan.

Atau juga bagi para pengguna wordpress bisa memasang plugin anti copy paste. Silakan saja cari plugin tersebut, dan pilihlah yang tepat. Karena di server disediakan banyak plugin sejenis.

Di bawah ini script CSS anti copas

.post-outer {
-webkit-touch-callout:none;
-webkit-user-select:none;
-khtml-user-select:none;
-ms-user-select:none;
-moz-user-select:none;
}

Letakkan di file CSS.php bagi pengguna wordpress dan bagi pengguna blogger silakan pasang di atas kode ]]></b:skin>

Beberapa Cara Ampuh Agar Blogmu Tidak Di Copy Paste di atas telah saya gunakan. Sebaiknya sobat pembaca menerapkan semuanya agar efektif. Kalau hanya satu trik saja maka akan mudah diakali para copaser. Sekiranya cukup sekian dulu ya tentang Cara Ampuh Agar Blogmu Tidak Di Copy Paste. Semoga bermanfaat dan jangan lupa share kepada sobat yang lain.

About Jun Setyawan

Aku tak sebaik yang kau ucapkan tetapi aku juga tak seburuk yang terlintas di hatimu (Ali Bin Abi Tholib)

One comment

  1. ya setuju banget gan. kalau dicopas berarti artikel kita memang keren wk wk

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *