Home » Blog » Biaya Untuk Membuat Blog

Biaya Untuk Membuat Blog

Biaya Untuk Membuat Blog  – Aktifitas ngeblog adalah sesuatu yang menyenangkan karena beberapa alasan, berbagi ilmu, belajar menulis, berdakwah, mencari uang dan lain sebagainya. Membuat blog sebenarnya hal mudah, tidak ribet. Mungkin Anda bisa membaca tentang Cara Membuat Blog Untuk Awam.

Baca juga : Paket Internet Murah Untuk Ngeblog

Ketika seseorang ingin membuat sebuah blog mungkin akan berpikir tentang biaya. Sebenarnya membuat blog bisa gratis dan ada juga yang mengeluarkan biaya. Untuk lebih jelasnya kita bahas satu per satu :

Biaya Untuk Membuat Blog

Biaya Untuk Membuat Blog

1. Ngeblog Gratis

Untuk membuat blog gratisan caranya cukup mudah silakan kunjungi situs www.blogger.com atau www,wordpress,org untuk mendaftar dan buat blog gratisan di sana. Sebenarnya banyak situs yang menyediakan blog gratisan tapi yang paling bagus adalah Blogger-nya Google dan WordPress Org terserbut. Kalau penyedia blog gratisan asal indonesia bisa menggunakan blog detik.

Walaupun gratisan jangan di anggap remeh. Karena banyak blog yang walaupun gratisan tetapi mengalahkan yang berbayar. Jika isi blog nya bagus tidak perduli gratisan atau tidak pengunjung juga akan senang untuk berkunjung ke blog Anda.

Kekurangan menggunakan gratisan ini adalah domain yang masih menggunakan sub domain, misalnya santridrajat.blogspot.com ; santridrajat.wordpress.com ; santridrajat.detik.com. Dan juga jika menggunakan blog gratisan jangan mengisi blog dengan isi yang melanggar ketentuan dan persyaratan dari penyedia blog gratisan.

 
Jika melanggar ketentuan dan peraturan maka bisa saja pihak penyedia blog gratisan tersebut menghapus blog Anda. Kalau isi blog tidak penting tidak masalah di hapus google tetapi kalau isi blog nya bagus dan hasil tulisan sendiri pastinya akan kecewa jika tidak mempunyai back up datanya.Baca juga : Desain Blog yang di sukai pengunjung

2. Ngeblog Berbayar

Seperti yang saya katakan di atas bahwa untuk membuat blog ada pula yang mengeluarkan biaya. Biaya tersebut sebenarnya tidak terlalu mahal asal mengerti dan paham dimana harus membelinya. Biaya yang di keluarkan untuk membuat sebuah blog adalah untuk :

– Beli Domain

Domain merupakan sebuah nama dari sebuah blog atau website, bisa .com bisa .web.id dan lain sebagainya. Dengan membeli domain ini biasanya blog anda akan mudah di kenali karena menggunakan nama yang berbeda. Dulu blog santridrajat.com ini juga menggunakan domain gratisan santridrajat.blogspot.com kemudian saya belikan domain .com sekitar 100 ribu dan saya custom domain dari blogspot.com ke .com

Dengan menggunakan blog gratisan dan kita custom domain menjadi domain berbayar maka kita tidak usah khawatir jika blog Anda di hapus penyedia blog gratisan tersebut karena sudah menggunakan domain berbayar. Jika di hapus maka anda cukup membuat blog gratisan lagi dan di arahkan (redirect) ke domain anda yang berbayar.

Baca juga : Pengertian domain dan hosting

– Beli Hosting

Hosting bahasa gampangnya adalah kita menyewa sebuah tempat penyimpanan di internet. Hosting ini merupakan tempat untuk menyimpan data dari blog kita. Jika menggunakan hosting ini tidak usah khawatir karena blog yang menggunakan hosting tidak akan ada yang bisa menghapus. Anda berkuasa penuh atas blog tersebut

– Biaya Internet

Koneksi internet akan menjadi kendala seorang yang ingin membuat blog. Sekarang biaya internet cukup murah. Operator penyedia layanan internet sedang berlomba-lomba menjual paket internet murah. Terserah memilih operator yang mana, yang penting sinyalnya stabil di daerah anda. Karena setiap daerah berbeda-beda kekuatan sinyal operatornya. Jika di daerah A sinyal sudah 3G namun di daerah B sinyal bisa saja masih 2G.

– Biaya lain-lain

Selain biaya di atas mungkin seseorang terkendala masalah lain, misalya belum mempunyai laptop dan sebagainya. Mengisi blog dengan artikel tentunya juga butuh laptop atau PC, jika belum punya bisa ke warnet atau meminjam laptop teman Anda. Agar biaya ke warnet murah bisa menulis bahan atau point-point penting di atas kertas agar ketika ke warnet atau meminjam laptop teman sudah ada gambaran seperti apa yang akan di tulis. Agar cepat dan tepat.

Beberapa poit di atas semoga dapat membantu bagi anda yang ingin menjadi seorang blogger. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

About Jun Setyawan

Aku tak sebaik yang kau ucapkan tetapi aku juga tak seburuk yang terlintas di hatimu (Ali Bin Abi Tholib)

2 comments

  1. Asalkan tidak punya keinginan macam-macam, gak ada sama sekali biaya untuk membuat blog.

    Kalau punya banyak keinginan, biayanya bakalan besar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *