Home » Tips Windows » Berbagai Macam Lisensi Microsoft Windows

Berbagai Macam Lisensi Microsoft Windows

Berbagai Macam Lisensi Microsoft Windows – Selama ini kita mengenal Microsoft Windows sebagai sistem operasi yang banyak digunakan masyarkat. Alasannya menggunakan windows adalah karena windows mudah digunakan dan juga sudah terbiasa menggunakan sistem operasi Windows ini.

Windows merupakan sistem operasi yang diperjual belikan. Berbeda dengan linux yang mana open source atau sumber terbuka. Kalau open source sifatnya gratis dan setiap orang bisa saja memilikinya. Berbeda dengan windows yang mana kita harus mengeluarkan uang dulu untuk membeli lisensi windows. Perlu dipahami, membeli lisensi bukan bukan biaya instal ulang yang tarifnya 50ribu itu. 😀

Baca juga : Lebih Dekat Dengan Open Source

Apakah sobat belum tahu berapa harga lisensi Sistem Operasi Windows itu ? Silakan baca Berapa Harga Software Original. Di artikel itu sudah dijelaskan tentang harga software original. Berbicara masalah lisensi sistem operasi windows, ada beberapa jenis lisensi windows.

Berbagai Macam Lisensi Microsoft Windows

Berbagai Macam Lisensi Microsost Windows

Microsoft sebagai perusahaan yang mengeluarkan lisensi membagi menjadi beberapa bagian linsensi sistem operasi windows. Apa saja jenis lisensi windows ? Simak di bawah ini.

1. OEM (Original Equipment Manufacturing)

Lisensi OEM ini bisa sobat santri drajat temuka ketika membeli laptop yang mana sudah terinstal windows dan di laptop tersebut terdapat logo lisensi windows. Jenis lisensi ini tidak bisa dipindahkan ke perangkat lain. Misalnya saja lisensi ini ada di laptop sobat maka lisensi ini tidak bisa dipindahkan ke laptop teman sobat.

2. FPP (Full Packed Product) atau Retail

Jenis lisensi FPP ini adalah lisensi yang bisa dipindahkan ke perangkat lain. Pemebelian lisensi ini biasanya disertai dengan CD Installer Windows. Di saat membeli windows type ini sobat mendapatkan CD Installer + Kode Lisensi. Kode ini bisa dipindahkan ke perangkat lain asalkan lisensi awal sudah tidak digunakan atau sudah dihapus.

3. OLP (Open License Program) atau Volume

Jenis lisensi windows yang satu ini tujukan untuk perusahaan atau organisasi yang mana memiliki banyak komputer atau perangkat. Jika membeli lisensi ini maka kita bisa menginstal sistem operasi windows ke beberapa komputer atau laptop dengan jumlah yang sudah ditentukan atau disetujui dari perusahaan pembeli dan microsoft. Kalau membeli lisensi jenis ini, minimal lisensinya adalah 5 komputer, kalau tidak salah jumlah seperti itu 😀 Dan juga untuk harga lisensi ini bisanya lebih mahal daripada lisensi lainnya.

Baca juga : Cara Merubah Tampilan Logon Screen Windows

Itu 3 jenis lisensi windows yang perlu sobat ketahui. Pernahkah sobat menemukan lisensi yang harganya kurang dari 100ribu atau kurang dari 200ribu untuk sistem operasi (OS) Windows + Office ? Termasuk yang manakah lisensi tersebut ? Saya sendiri kurang tahu pastinya. Tetapi saya menduga jenis lisensi tersebut adalah OLP (Open License Program) atau Volume. Kalau mau tahu silakan tanya penjualnya saja 😀

Kiranya cukup sekian dulu tentang Berbagai Macam Lisensi Microsoft Windows. Semoga beramnfaat dan jangan lupa share.

Bagikan / Share

About Jun Setyawan

Aku tak sebaik yang kau ucapkan tetapi aku juga tak seburuk yang terlintas di hatimu (Ali Bin Abi Tholib)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *