Home - Tips Windows - Benarkah Menginstal Ulang Windows Mempercepat Kinerja Komputer

Benarkah Menginstal Ulang Windows Mempercepat Kinerja Komputer

Benarkah Menginstal Ulang Windows Mempercepat Kinerja Komputer – Kebanyakan orang yang saya temui memang banyak mengatakan kalau windows kita sudah lemot berarti harus di instal ulang, benarkan demikian ? Agar lebih memahami cara menginstal windows yang baik dan benar silakan baca menginstal windows yang tepat. Sebenarnya boleh saja instal ulang laptop atau komputer kita, namun belum tentu dengan menginstal ulang akan menjadi cepat. Kenapa demikian ?

Kualitas Hardware Menurun

Kalau kita benar-benar teliti windows lemot bukan saja karena windows iitu bermasalah, tapi karena kekuatan hardware yang menurun. Semakin sering digunakan maka bisa saja hardware tersebut menurun. Apalagi hardware yang dipaksakan untuk melakukan hal yang dibatas kemampuan hardware. Atau memang hardware tersebut harus diganti karena sudah rusak. Jadi sebelum instal ulang cek dahulu hardwarenya apakah benar-benar masih bagus atau harus diganti. Kalau memang ada yang harus diganti yang menyebabkan komputer atau laptop lambat baiknya ganti saja hardware tersebut tanpa harus instal ulang.
 
perlukah instal ulang windows

Benarkah Menginstal Ulang Windows Mempercepat Kinerja Komputer

Instal Aplikasi Sembarangan

Waktu browsing seseorang tanpa sengaja mengklik sebuah link yang mana link tersebut digunakan untuk mendownlaod dan menginstal aplikasi di sistem operasi. Inilah yang sering terjadi, aplikasi kecil yang berakibat lambatnya windows kita. Ada baiknya selalu mengecek setiap saat aplikasi yang terinstal di windows agar kita mengerti lambatnya komputer disebabkan karena apa. Kalau memang ada aplikasi yang tidak di kenal, atau kita tidak pernah menginstal namun muncul di daftar aplikasi yang terinstal maka uninstal aplikasi tersebut.

Virus dan Antivirus

Faktor lain yang juga bisa menyebabkan windows lambat adalah virus. Karena virus bisa memasuki system windows tanpa sepengetahuan kita. Coba saja di buka Task Manager apakah ada aktifitas yang mencurigakan. Kalau ada segera hapus virus tersebut dengan antivirus yang tepat. Salah satu antivirus yang gratis dan power adalah Microsoft Security Essentials, silakan baca tentang MSE ( Microsoft Security Essentials).

Memang benar kita bisa mengantisipasi virus dengan menginstal antivirus. Namun jangan salah instal antivirus, karena kalau salah atau lebih tepatnya tidak cocok dengan windows kita maka akan berakibat windows menjadi lambat. Antivirus tidak cocok biasanya beberapa sebab diantaranya tidak cocok dengan windows dan juga tidak cocok dengan hardware. Kalau memang ada antivirus yang memperlambat kinerja windows kita sebaiknya segera uninstal. Sebaiknya mencoba antivirus gratis MSE agar windows kita terproteksi dengan baik namun windows tidak lambat.

Salah Instal Windows

Sejak awal penginstal sebaiknya memilih windows yang cocok. Karena tidak semua hardware cocok untuk windows. Setiap hardware memiliki spesifikasi tertentu dan cocok untuk windows tertentu pula. Sebelum instal windows sebaiknya tulisan tentang menginstal windows yang tepat.

Baca juga : Trik Ampuh Menghemat Kuota Internet Di Laptop

Itulah artikel Benarkah Menginstal Ulang Windows Mempercepat Kinerja Komputer. Semoga bacaan tentang perlu atau tidak instal ulang sistem operasi ini bermanfaat dan semoga menjadi refensi untuk kita, agar kita paham bahwa windows lambat tidak harus di instal ulang. Jangan lupa untuk dibagikan artikel Benarkah Menginstal Ulang Windows Mempercepat Kinerja Komputer ini kepada yang lainnya agar menambah wawasan teman yang lainnya. Terima Kasih

About Jun Setyawan

Aku tak sebaik yang kau ucapkan tetapi aku juga tak seburuk yang terlintas di hatimu (Ali Bin Abi Tholib)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *