Home » Blog » Beberapa Optimasi Di Postingan Blog

Beberapa Optimasi Di Postingan Blog

Beberapa Optimasi Di Postingan Blog – Sebuah postingan blog memang perlu di optimasi. Optimasi postingan merupakan sebuah upaya dimana seorang blogger menjadikan sebuah postingan di mesin pencari SEO Friendly dan juga nyaman dibaca para pembaca.

Optimasi ini diharapkan agar para pembaca nyaman membaca postingan dan juga para pembaca nyaman membacanya.

Bagaimana cara optimasi postingan blog dengan benar ? Ada beberapa bagian postingan yang akan dibahas kali ini, yakni judul postingan, permalink postingan, gambar postingan. Lebih detailnya silakan disimak.

Optimasi Judul Postingan

Judul yang menarik perhatian pengunjung memang diharuskan. Judul juga harus sesuai dengan isi artikel postingan. Jangan sampai judul yang menipu pembaca. Misalnya saja Judulnya isinya cara menyimpan makanan agar tidak cepat basi namun isi artikel malah berisi artikel yang lain. Jika hal itu terjadi maka akan membuat para pengunjung kecewa dan akan segera kabur dari blog sobat. Karena yang mereka inginkan tidak ada dalam postingan artikel.

Menggunakan karakter huruf (a-z) dan angka (1-0) merupakan hal sangat disarankan. Hal ini karena karena uruf (a-z) dan angka (1-0) lebih mudah dikenali dari pada penggunaan karakter selain itu. Misalnya saja menggunakan karakter tanda baca (!,@,#,$ dan lain sebagainya).

Oh ya.. Hampir lupa pada sub judul gunakan H2,H3, H4 dan sebagainya agar isi dari postingan semakin bagus. Dan juga para pembaca lebih paham tentang isi artikel.

Optimasi Permalink Postingan

Permalink adalah karakter yang dimunculkan di URL. Contohnya  http://www.santridrajat.com/tips-memilih-smartphone-yang-tepat/

Platform blog yang berbasiskan blogger dan wordpress hampir sama saja. Intinya gunakan karakter yang benar dan sesuai dengan judul postingan.

Penggunaan karakter yang benar akan membuat postingan blog mudah dikenali mesin pencari dan juga mudah diingat oleh para pembaca. Gunakanlah permalink yang baik dan sesuai judul. Jangan sampai terputus, misalnya Misalnya Judulnya cara membuat cover makalah maka permaliknya juga harus sesuai. Jangan sampai terputus, misalnya cara-membuat-cover

Optimasi Gambar

Saya juga baru mengetahui tentang optimasi gambar ini belum lama. Ternyata gambar yang dimuat dalam sebuah postingan juga mempengaruhi SEO. Dengan adanya gambar ini akan membuat postingan semakin SEO friendly.

Agar gambar semakin SEO friendly maka masukan ALT TEXT dan TITLE TEXT. Untuk para pengguna platform blogger caranya mudah. Masukkan gambar para postingan seperti biasanya. Setelah itu klik kanan pada gambar dan pilih properties. Maka akan muncul ALT TEXT dan TITLE TEXT.

Jika memasang ALT TEXT dan TITLE TEXT menggunakan WordPress maka cukup mudah. Sama seperti blogger, namun untuk wordpress sebelum di munculkan di postingan di sebelah kanan akan ada kolom untuk mengisi ALT TEXT dan TITLE TEXT.

Dengan optimasi seperti di atas maka akan membuat postingan sobat semakin baik dimata mesin pencari dan para pembaca. Demikianlah Beberapa Optimasi Di Postingan Blog. Semoga bermanfaat dan jangan lupa share ya.

Bagikan artikel ini

About Jun Setyawan

Aku tak sebaik yang kau ucapkan tetapi aku juga tak seburuk yang terlintas di hatimu (Ali Bin Abi Tholib)

One comment

  1. Salam Mas Bro SD

    Awalnya belajar pengertian SEO sampe akhirnya terapkan dalam tulisan.
    Cara-cara diatas udah coba Mas Bro.

    Memang pengaruh banget.

    Mauliate
    Makasih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *