Home » Tips Windows » Aplikasi Yang Harus Ada di Laptop Mahasiswa

Aplikasi Yang Harus Ada di Laptop Mahasiswa

Aplikasi Yang Harus Ada di Laptop Mahasiswa – Untuk mendukung berbagai aktifitas mahasiswa diperlukan berbagai aplikasi yang dapat membantu mempermudah kegiatan mahasiswa tersebut. Ada berbagai jenis aplikasi yang bisa Anda instal untuk membantu, namun jangan sampai salah instal supaya windowsnya tidak lemot. 
 

Lalu apa saja aplikasi yang cocok untuk para mahasiswa ? Berikut ulasannya

Aplikasi Yang Harus Ada di Laptop Mahasiswa

Aplikasi Yang Harus Ada di Laptop Mahasiswa

Microsoft Office

Seperti semua orang sudah mengenal aplikasi yang satu ini. Microsoft Office adalah sekumpulan aplikasi yang terdiri dari microsoft word, microsoft excel, power point dan sebagainya. Aplikasi ini merupakan aplikasi yang penting untuk mengolah data, untuk membuat laporan dan biasanya digunakan untuk membuat makalah para mahasiswa. 
 
Untuk excel sendiri dapat digunakan para mahasiswa untuk membuat laporan berupa data atau lainnya. Dan powerpoint dapat digunakan untuk membuat slide presentasi yang menarik agar audiens tidak bosan. Sebagai mahasiswa seakan-akan keharusan menginstal microsoft office ini agar aktifitasnya sebagai mahasiswa dapat terbantu

PDF Reader

Dokument PDF merupakan format dokument yang popuper selain format dokument doc. docx (microsoft word). Mahasiswa sudah tidak asing lagi dengan format PDF ini. Format PDF kebanyakan digunakan pada file-file dokument yang diupload di internet. Untuk dapat membuka dan membaca dokumen PDF ini maka di perlukan PDF Reader atau aplikasi pembaca PDF. Aplikasi yang digunakan untuk membaca PDF ini bermacam-macam, dari yang gratis sampai yang berbayar. Contoh aplikasi PDF Reader : Adobe Reader, Nitro PDF, Foxit Reader dan lainnya sebagainya. 
Rekomendasi dari saya, sebaiknya gunakan saja Nitro PDF. Kelebihan aplikasi ini adalah converternya yang bagus dan cocok untuk mahasiswa. Bisa merubah PDF ke word, excel, powerpoint bahkan pdf ke gambar. Dari pada menggunkan pembaca PDF + perubah file (converter) lebih baik langsung gunakan saja Nitro PDF ini dan hasilnya patut di acungi jempol. Memang versi terbaru dari Adobe Reader, Foxit Reader dan lainnya sudah menudukung converter PDF ke microsoft word namun hasilnya kurang bagus.

Browser

Browser merupakan aplikasi yang dapat digunakan untuk menjelajah di dunia maya. Dengan adanya browser ini maka seseorang dapat berselancar di internet. Aplikasi ini harus ada di laptop nya para mahasiswa karena untuk memperoleh informasi dari dunia maya (internet) di perlukan adanya browser ini.
Ada banyak browser, mozilla firefox, google chrome, safari dan lainnya. Lebih baik gunakan saja firefox karena dengan menggunakan firefox kita dapat login ke beberapa akun secara bersamaan. Jadi tidak perlu beberapa browser cukup satu browser saja.

Video dan MP3 Player

Dengan adanya video player atau MP3 player ini maka seorang mahasiswa tidak akan merasa bosan ketika di depan layar monitor. Sebagai hiburan agar ketika mengerjakan tugas kulyah tetap fresh dan optimal. Lalu memakai aplikasi yang mana yang cocok untuk media player dan mp3 player? Sebagainya gunakan PotPlayer sebagai video player dan AIMP3 sebagai MP3 Playernya. Kelebihan dari PotPlayer dan AIMP3 adalah ringan dan tidak banyak memakan memory RAM.

CCleaner

CCleaner merupakan aplikasi yang multifungsi. Dapat digunakan sebagai pembersih cache, uninstaller aplikasi, dan juga dapat digunakan untuk mempercepat booting windows. Aplikasi gratis ini dapat dengan mudah di unduh di internet. Jadi tidak perlu mengeluarkan uang untuk menggunakan aplikasi ini. Walaupun gratis kemampuannnya seperti premium, namun ada juga CCleaner yang premium jika menginginkan yang premium.

Game Penghibur

Bosan dengan aktifitas perkuliahan yang padat? Ada baiknya menghibur diri. Salah satu menghibur diri yang tepat adalah menginstal game di laptop Anda. Ada banyak game yang bisa merefresh otak, misalnya bagi yang suka bola PES dan Zombie, Zumma, Bad Piggies, Angry Bird dan lain sebagainya.

Aplikasi Tambahan : Photoshop dan CorelDraw

Bagi yang aktif organisasi tidak ada salah nya menginstal aplikasi photoshop dan coreldraw. Aplikasi ini dapat digunakan untuk mengedit foto atau mendesain banner organisasi daripada minta didesain orang lain coba saja desain sendiri, hitung-hitung buat belajar. Dan juga tentunya lebih irit pengeluaran karena bisa mendesain sendiri. 
Itu beberapa Aplikasi Yang Harus Ada di Laptop Mahasiswa. Aplikasi di atas adalah aplikasi umum artinya tidak untuk jurusan khusus. Misalnya saja untuk kulyah yang jurusan teknik sipil tentunya butuh aplikasi khusus seperti autocad dan lainya. Semoga bermanfaat untuk kita semua.

About Jun Setyawan

Aku tak sebaik yang kau ucapkan tetapi aku juga tak seburuk yang terlintas di hatimu (Ali Bin Abi Tholib)

2 comments

  1. Buat yang mahasiswa banget ada yang ketinggalan jun. IDM haha. Gak ada IDM ya gak puas kalau mau download via WiFi gratisan di kampus

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *