Apakah Belanja Online COD itu Aman ?

Apakah Belanja Online COD itu Aman ? Belanja online dengan metode pembayaran COD memang menjadi primadona banyak orang untuk berbelanja online. COD merupakan kepanjangan dari Cash On Delivery atau lebih dikenal dengan bayar di tempat.

Alasan utama belanja online menggunakan sistem pembayaran COD adalah karena lebih mudah, tak perlu transfer, dan juga di anggap lebih aman.|

Baca juga :  Kemana 'tokobagus' itu

Pertanyaan apakah bayar COD benar-benar aman ? Tidak sepenuhnya aman. Loh bukankah barang kita terima baru kita bayar ? Simak ulasan kami di artikel ini.

Pengertian Sistem Pembayaran COD

Sering kali kita melihat di sosial media ataupun marketplace yang menawarkan sistem bayar COD. Sistem pembayaran COD merupakan sistem pembayaran yang mana pembayaran dilakukan ketika barang sudah kita terima, baik melalui kurir ataupun tidak.

Karena sekarang ada penjual menawarkan produk dengan ketemu langsung, dan bayar ketika sudah melihat barangnya yang telah ditawarkan sebelumnya.

Baca juga :  5 Situs Pemendek URL Terbaik Saat Ini

Kalau menggunakan jasa kurir tentu ada syarat yang harus dipatuhi. Syaratnya produk harus di kemas secara aman, paket harus terlebih dahulu baru paket bisa dibuka.

Kenapa paket harus di kemas secara aman ? Tentu pihak ekspedisi tidak mau disalahkan apabila paket rusak atau kurang jumlahnya. Maka dari itu paket harus di kemas ?

Membayar terlebih dahulu adalah sebuah keharusan. Karena hal itu merupakan syarat agar pihak ekspedisi tidak disalahkan apabila paket tidak sesuai. Produk dan jumlah uang yang dibayar adalah kesepakatan pembeli dan penjual. Kurir hanya mengantar paket dan menerima jumlah uang sesuai dengan yang tertulis di paket.

Baca juga :  Youtuber : Profesi Di Era Digital, Diminati Masyarakat Desa Sampai Artis

Keuntungan dan Kerugian Sistem Pembayaran COD

Keuntungan Sistem Pembayaran COD:

Tidak Perlu Transfer. Alasan klasik lebih suka belanja online membayar COD adalah tidak mau repot ke ATM. Walaupun sudah ada aplikasi mobile banking yang dapat digunakan untuk transfer namun dirasa kurang afdhol kalau belum COD.

Atau mungkin uang di rekening kurang, adanya tunai maka dipilihlah pembayaran COD ini.

Baca juga :  Mengenal Program Afiliasi atau Affiliate

Bisa Ketemu Langsung Pembeli. Banyak orang yang berjualan di sosial media, mungkin dari para pembaca blog santri drajat juga menemukan hal ini. Metode pembayaran COD yang ditawarkan di sosial media ini bisa jadi ketemu face to face atau langsung ketemu penjual dan pembeli. Ini cukup aman.

Kekurangan Sistem Pembayaran COD :

Kurang aman. Kurang aman jika COD menggunakan kurir ekspedisi dan tanpa marketplace. Hal ini yang cukup beresiko. Alasannya adalah karena kita tidak bisa membuka paket tanpa bayar terlebih dahulu. Kalau produk yang tidak sesuai kita protes kemana ? Ke kurir ? Tentu tidak bisa. Kurir hanya jasa pengiriman barang, tidak tahu produk yang dikirim itu apa.

Berbeda dengan menggunakan marketplace seperti tokopedia, shopee, bukalapak atau yang lainnya. Walaupun membayar COD namun jika produk sesuai maka kita bisa mengembalikan atau return barang dan uang kita kembali. Jadi aman dan nyaman belanja online.

Kurir Dirugikan. Kadang ada orang iseng mencoba berbelanja online dengan bayar COD namun nama dan alamat yang digunakan adalah palsu. Akibatnya kurir yang dirugikan karena alamat yang dituju palsu. Dan penjual pun dirugikan. Produk sudah dikemas namun tujuannya tidak jelas. Ya walaupun produk dapat kembali ke pembeli namun rugi waktu packing dan modal untuk packing.

Baca juga :  Pengertian CC dan BCC Email

Jadi Apakah Belanja Online COD itu Aman ?

Pembayaran COD aman apabila kamu membelinya menggunakan pihak marketplace. Apabila terjadi kesalahan, baik salah kirim produk, jumlah kurang dan sebagainya kamu bisa kontak atau menghubungi penjual dengan mudah. Karena penjual tidak mendapatkan uang yang kamu bayar tanpa mengirimkan produk yang sesuai pesanan.

Atau jika produk salah kamu bisa lapor ke marketplace dan mengembalikan kepada penjual dan uang kamu akan kembali dengan utuh.

Baca juga :  Macam-Macam Modus Penipuan, Harap Hati-hati

Dan jangan pernah melakukan transfer langsung ke penjual yang belum kamu kenal sepenuhnya. Apalagi kenal di sosial media, jangan tergiur dengan harga murah dan sebagainya. Apabila ada yang menawarkan di sosial media dengan sistem COD maka tanyakan lapaknya di marketplace agar uang sobat lebih aman, karena menggunakan sistem marketplace.

Sekian dan semoga bermanfaat. Aamiin.

Apakah Belanja Online COD itu Aman ?
Next Post

No more post

Aku tak sebaik yang kau ucapkan tetapi aku juga tak seburuk yang terlintas di hatimu (Ali Bin Abi Tholib)

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *