Home » Tips Android » Apa perbedaan Sleep dan Hibernate di Windows

Apa perbedaan Sleep dan Hibernate di Windows

Apa perbedaan Sleep dan Hibernate di Windows – Jika sobat pengguna sering menggunakan windows mungkin tidak asing dengan istilah hibernate. Hibernate merupakan salah satu yang menu untuk membantu para user agar bisa menghemat konsumsi daya. Tidak hanya hibernate, ada sleep, restart dan juga shutdown. Kalau shutdown dan restart mungkin semua orang paham namun kalau hibernate dan sleep belum tentu paham.

Karena apabila tidak begitu paham apa itu hibernate dan sleep maka bisa berakibat kerusakan pada laptop. Saya pernah mengalami hal ini. Karena itulah saya tulis artikel ini agar para pembaca tidak mengalami hal sama yakni kerusakan IC Power yang mana disebabkan karena terlalu sering hibernate dalam waktu yang cukup lama. Karena pernah laptop saya hibernate sampai 2 hari karena kelupaan. 😀

Baca juga : Cara Membuat Shortcut Shutdown, Sleep dan Hibernate di Dekstop

Apa perbedaan Sleep dan Hibernate di Windows

Apa perbedaan Sleep dan Hibernate di Windows

 

Apa Itu Sleep dan Hibernate di Windows

Hibernate : Hibernate merupakan mode yang dirancang khusus untuk laptop bukan untuk PC Dekstop. Mode Hibernate ini akan menyimpan semua pekerjaan dan program yang aktif sebelum kita melakukan hibernate. Pekerjaan dan program yang aktif akan tersimpan di hardisk bukan di RAM. Dalam mode ini konsumsi daya sangatlah kecil. Karena konsumsi daya yang kecil inilah saya sering memilih mode ini sampai lupa kalau hibernate, karena saya kira sudah shutdown.

Sleep : Mode ini merupakan mode yang hadir di PC Dekstop dan juga laptop. Dalam mode ini pekerjaan atau program yang aktif akan di simpan di RAM bukan di hardisk seperti hibernate. Untuk masalah konsumsi baterai sleep lebih banyak mengkonsumsi daya daripada hibernate. Mode sleep di laptop di tandai dengan lampu power dan HDD yang berkedip.

Shutdown : Untuk shutdown dan restart sobat sudah paham tentunya. Shutdown laptop atau PC benar-benar kondisi off tidak melakukan aktifitas apapun dan semua program akan ditutup dalam mode ini.

Restart : Sedangkan Restart adalah mode ulang, semua program akan di tutup dan sistem operasi akan dimulai dari awal semula.

Baca juga : Apa perbedaan HDD dan SSD

Kapan Waktu Yang Tepat Melakukan Hibernate, Sleep dan Shutdown ?

Adanya menu hibernate, sleep, shutdown dan restart untuk membantu user agar lebih optimal menggunakan Windows.

  • Jika memang berniat tidak menggunakan laptop dalam waktu kurang dari 1 jam maka sleep merupakan pilihan yang pas.
  • Sedangkan hibernate dipilih ketika laptop tidak digunakan kurang dari 12 jam adalah pilihan yang tepat pula.
  • Kalaupun shutdown merupakan pilihan yang aman dilakukan kapan saja, karena mode ini aman karena tidak menggunakan daya sama sekali.
  • Jika memilih hibernate dan sleep usahakan daya baterai dalam keadaan di atas 60%. Karena bagaimana pun juga kondisi hibernate dan sleep tetap membutuhkan daya.

Itulah sedikit cerita mengenai apa perbedaan sleep dan hibernate di windows. Semoga bermanfaat dan jangan lupa share ya. Terima kasih.

 

About Jun Setyawan

Aku tak sebaik yang kau ucapkan tetapi aku juga tak seburuk yang terlintas di hatimu (Ali Bin Abi Tholib)

2 comments

  1. Jadi kalau di laptop mending Hibernate kang?

    • Boleh hibernate tapi jangan sampai terlalu lama lebih dari 12 jam. Dan gunakan hibernate jika benar-benar butuh saja. Jika memang tidak berniat menyalakan laptop lagi sebaiknya di shutdown saja. Biar aman. 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *