Home » Software » Apa Kegunaan Device Driver pada Komputer

Apa Kegunaan Device Driver pada Komputer

Apa kegunaan Device Driver pada komputer – Komputer terdiri dari 3 komponen yang software (perangkat lunak) dan hardware (perangkat keras) dan yang ketiga yakni manusia sebagai pengendalinya.

Pengertian Device Driver

Antara software dan hardware harus ada keterikatan atau kerja sama baru setelah ada hubungan maka komputer bisa berjalan dengan baik dan lancar.

Ketika berbicara masalah software dan hardware maka kita akan mengenal yang namanya Device Driver atau lebih banyak orang menyebutnya Driver saja. Jika diartikan Driver berarti Sopir atau Pengendali sedangkan Device berarti perangkat. Device Driver bisa juga disebut pengendali alat.

Fungsi Device Driver

Pada keterangan awal di atas sudah dijelaskan untuk membentuk komputer diperlukan kesatuan atau kerja sama antara software dan hardware baru setelah itu pengguna (manusia) dapat mengendali komputer dengan baik dan lancar.

Device Driver merupakan alat yang menjembatani atau mengenalkan antara program software dan hardware. Artinya apabila ‘jembatan’ ini tidak ada maka kinerja komputer kurang sempurna.

Agar lebih mudah maka dicontohkan saja. Misalnya saja VGA Card merupakan komponen perangkat keras yang mengatur tampilan. Tentunya ini membutuhkan driver VGA. Apabila tidak ada driver maka tampilannya kurang maksimal. Apabila digunakan untuk bermain game maka akan terasa bedanya dengan yang ada drivernya. Tidak perlu bermain game, bahkan untuk mengatur pencerahan layar saja apabila tidak ada driver maka kita tidak bisa mengaturnya.

Contoh lain : Suara yang keluar dari komputer pun butuh driver. Jika tidak maka jangan harap ada suara yang keluar dari komputer.

Contoh lagi biar lebih paham 😀 Jika mengalami error pada wifi, atau wifi sudah menyalah namun tidak bisa konek maka silakan cek drivernya. Jika drivernya tidak terinstal maka jangan harap bisa menikmati wifi.

Baca juga : Cara Ampuh Melindungi Wifi Agar Tidak Mudah Dibobol

Bagaimana Cara Mengetahui Driver Sudah Terinstal atau Belum ?

Untuk mengetahui driver sudah terinstal apa belum caranya mudah. Silakan buka Control Panel – Hardware and Sound – Device Manager

Jika sudah terinstal semua maka tidak akan ada tanda seru (!) jika masih ada tanda seru berarti ada yang Driver yang belum terinstal. Silakan cek driver mana yang belum terinstal dan silakan instal drivernya.

About Jun Setyawan

Aku tak sebaik yang kau ucapkan tetapi aku juga tak seburuk yang terlintas di hatimu (Ali Bin Abi Tholib)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *