Home » Software » Apa Itu XAMPP Software Untuk Programmer

Apa Itu XAMPP Software Untuk Programmer

Apa Itu XAMPP Software Untuk Programmer – Jika sobat akan belajar pemograman web maka akan berhubungan dengan software yang bernama XAMPP. Software XAMPP ini akan menemani sobat yang belajar pemograman web.

XAMPP merupakan software yang mana terdiri dari beberapa program. Fungsi dari XAMPP adalah sebagai server local atau biasanya kita menyebutnya dengan LOCALHOST. Localhost ini terdiri dari program Apache HTTP Server, MySQL database, dan penerjemah bahasa yang mana ditulis dengan bahasa pemrograman PHP dan Perl.

Baca juga : Ebook Pembelajaran Adobe Illustrator Gratis Bahasa Indonesia

Apa Itu XAMPP Software Untuk Programmer

Apa Itu XAMPP Software Untuk Programmer

XAMPP sendiri sifatnya open source. Artinya software ini bersifat gratis dan setiap orang bisa memilikinya tanpa harus membeli. Cukup download saja. XAMPP dikembangkan oleh sebuah tim project yang bernama Apache Friends. Apache Friends ini terdiri dari 3 tim yakni Tim Inti (Core Tim) dan Tim Pengembang (Development Team) serta Tim Dukungan (Support Team).

Maka Kata XAMPP

Seperti yang di atas sudah dijelaskan bahwa XAMPP merupakan kumpulan beberapa software. Software yang ada di XAMPP adalah program Apache HTTP Server, MySQL database, dan penerjemah bahasa yang mana ditulis dengan bahasa pemrograman PHP dan Perl.

Asal muasal dari nama XAMPP adalah terdiri dari software-software yang ada di XAMPP itu sendiri. Lebih jelaskan seperti di bawah ini:

  • Huruf X memiliki makna bahwa program XAMPP ini bersifat universal yang mana bisa berjalan di berbagai sistem operasi seperti windows, Linux, Mac OS serta Solaris
  • Huruf A memiliki makna bahwa XAMPP berisi Apache yang mana merupakan aplikasi Web Server. Fungsi dari Apache Server adalah menampilkan halaman web kepada user yang mana halaman tersebut disusun menggunakan kode PHP oleh pembuat halaman web atau developer.
  • Huruf M berasal dari software MySQL yang ada di XAMPP. MySQL adalah software database server. SQL sendiri merupakan kepanjangan dari Structured Query Language. SQL adalah bahasa terstruktur yang difungsikan untuk mengolah database. MySQL ini digunakan untuk membuat, mengelola database dan isinya. Dengan MySQL kita bisa menambahkan, mengubah, dan menghapus data yang berada dalam database
  • Huruf P merupakan kepanjangan dari PHP yang mana PHP ini adalah salah satu bahasa pemograman yang digunakan untuk membangun sebuah web yang sifatnya server-side scripting. Bahasa pemograman PHP digunakan untuk membuat halaman web yang dinamis. PHP juga support dengan manajamen basis data MySQL. Selain itu PHP juga support dengan manajement database Oracle, Microsoft Access, Interbase, d-base, PostgreSQL dan lainnya.
  • Huruf P : Perl merupakan bahasa pemograman seperti halnya PHP. Bahasa pemograman Perl ini pertama kali dikembangkan oleh Larry Wall di Mesin UNIX. Pertama kali diliris pada tanggal 18 Desember 1987.

Baca juga : Force Close Google Playstore, Ini Solusinya

Sekarang sudah mengerti kan tentang XAMPP. Setelah menginstal XAMPP maka akan ada bagian atau folder mana merupakan tempat dimana bahasa pemograman sobat dibuat dan tidak boleh dipindahkan. Folder penting ini bernama htdoc. Folder ini muncul dimana sobat menginstal XAMPP. Jika sobat menginstal XAMPP di Drive C maka folder tersebut juga di folder dalam XAMPP – htdoc. Jika sobat akan menginstal ulang laptop aman folder ini ya. Jangan sampai terhapus. Sekian dulu tentang Apa Itu XAMPP Software Untuk Programmer. Semoga bermanfaat dan jangan lupa share ya sobat Santri Drajat.

Bagikan / Share

About Jun Setyawan

Aku tak sebaik yang kau ucapkan tetapi aku juga tak seburuk yang terlintas di hatimu (Ali Bin Abi Tholib)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *