Home » Software » Apa itu Virtual Reality (VR) dan Augmented Reality (AR)

Apa itu Virtual Reality (VR) dan Augmented Reality (AR)

Apa itu Virtual Reality (VR) dan Augmented Reality (AR) – Virtual Reality (VR) dan Augmented Reality (AR) merupakan istilah akhir-akhir ini yang sedang banyak dibicarakan. Apalagi dengan hadirnya game yang memanfaatkan Augmented Reality yakni Pokemon Go. Pokemon Go merupakan sebuah game yang memanfaatkan Teknologi Augmented Reality. Para pemain game Pokemon diharuskan untuk perpindah lokasi untuk dapat menangkan monster. Hal inilah yang membuat game ini menjadi seru untuk dimainkan. Terkadang seseorang harus menggunakan motor ke tempat yang ada monsternya.

Apa itu Virtual Reality (VR) dan Augmented Reality (AR)

Apa-itu-Virtual-Reality-(VR)-dan-Augmented-Reality-(AR)

Teknologi Virtual Reality

Sebelum membahas tentang teknologi yang digunakan dalam pokemon alangkah baiknya juga membahas Virtual Reality (VR). Virtual Reality atau Realitas Maya merupakan teknology yang memungkinkan pengguna dapat berinteraksi dengan suatu lingkungan berdimensi 3 (3D) yang disimulasikan oleh komputer terdapat suatu objek nyata maupun imajinasi, sehingga pengguna seseorang terlibat secara fisik pada lingkungan tersebut.

Baca juga : Benda-benda selain Smartphone yang menggunakan Android

Bingung dengan penjelasan di atas ? 😀 Contohnya penggunaan teknologi ini adalah simulasi pesawat. Seorang calon pilot biasanya tidak langsung belajar menerbangkan sebuah pesawat tapi dapat menggunakan sebuah ruangan yang dirancang persis seperti sebuah ruangan pilot. Di ruangan virtual inilah pilot dapat belajar menerbangkan pesawat. Ruang ini dirancang sedemikian rupa, jika pesawat akan mendarat maka ruangan ini pun akan mensimulasikan seakan-akan sedang mendarat. Tombol yang ada di dalam ruangan ini pun persis seperti diruangan pilot pesawat. Di ruangan inipun kacanya menampilkan seperti di atas awan. Intinya Virtual Reality ini adalah simulasi dunia nyata.

Teknologi Augmented Reality

Jika Teknologi Virtual Reality sifatnya simulasi dunia nyata ke sebuah benda maka Augmented Reality sedikit berbeda. Augmented Reality (Realitas Tertambah)adalah teknologi yang menggabungkan benda-benda maya (2D maupun 3D) dan benda-benda nyata ke sebuah lingkungan 3D. Contohnya ya Game Pokemon Go itu.

Smartphone yang hanya dapat menampilkan 2D digabungkan dengan dunia nyata yang berupa tempat nyata seperti gedung, meja atau ruangan. Dan hasil dari keduanya ditampilkan ke layar smartphoe tersebut. Artinya antara gambar di layar smartphone dan dunia nyata saling melengkapi. Jika salah satunya tidak ada maka teknologi ini tidak dapat berjalan.

Perbedaan Virtual Reality dan Augmented Reality

Virtual Reality mensimulasikan atau meniru benda nyata ke dalam sebuah layar dan benda tertentu secara keseluruhan, sedangkan Augmented Reality menggabungkan benda di alam nyata dengan gambar di sebuah layar dan menampilkan penggabungan benda nyata dan gambar di layar membentuk sebuah objek tertentu.

Semoga penjelasan yang agak rumit di atas tentang Apa itu Virtual Reality (VR) dan Augmented Reality (AR) dapat menambah wawasan kita semua.  Silakan dowload juga Ebook Tutorial Tentang Adobe Illustrator Gratis. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Bagikan artikel ini

About Jun Setyawan

Aku tak sebaik yang kau ucapkan tetapi aku juga tak seburuk yang terlintas di hatimu (Ali Bin Abi Tholib)

2 comments

  1. gan harganya berapaan? u pke iklan apa ya?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *