Home - Download Apps & Games - Apa Itu TWRP di Android ?

Apa Itu TWRP di Android ?

Apa Itu TWRP di Android ? Permasalah di Android seperti lupa password atau kunci pola di android bisa jadi terjadi bagi penguna yang awam ataupun masih anak-anak. Saya sendiri kadang dimintai bantuan untuk membuka kunci pola atau password yang lupa pada tablet atau smartphone. Dalah salah kuncinya yakni : Reset Factory atau Recovery Mode.

Secara default atau bawaan perangkat android terdapat menu recovery mode ini. Untuk masuk recovery mode mudah caranya. Cukup dengan menekan tombol volume dan power secara bersamaan.

Tidak bisa dipungkiri. Menu recovery mode ini jelas sangat membantu sekali. Namun recovery mode ini terbatas. Bagi yang belum paham seperti apa recovery mode ini maka seperti halnya BIOS dalam laptop atau komputer. Mirip dengan BIOS, namun tidak sama persis.

Apa Itu TWRP di Android ?

Recovery Mode memang bermanfaat namun belum sepenuhnya. Karena tampilan yang sangat simpel maka fungsinya pun terbatas. Hal ini akhirnya membuat para developer menghadirkan aplikasi tambahan yakni mana bisa menggantikan Recovery Mode ini seperti CWM dan TWRP.

Bagi sobat yang sudah kenal dengan dunia oprek android maka tidak asing dengan TWRP. TWRP merupakan custom recovery yang mana dibuat oleh Team Win yang mana tujuannya adalah menggantikan Recovery Mode bawaan atau default android. Bagi yang belum tahu TWRP merupakan kepanjangan dari Team Win Recovery Project.

Apa Bedanya TWRP dengan Recovery Mode Default

Tentu saja terdapat perbedaan antara TWRP dengan Recovery Mode. Fitur-fitur yang dihadirkan TWRP ini lebih lengkap daripada Recovery Mode Default.

Jika recovery mode bisa bisa melakukan proses wipe data atau cache maka TWRP bisa melaukan hal lebih misalnya backup dan restore dengan mudah, instal Custom ROM dengan mudah, reset factory atau Wipe data dan lainnya.

Apa Itu TWRP di Android ?

Kenapa mudah menggunakan TWRP ? Karena memang tampilan dari TWRP sendir ini seperti aplikasi android, tidak seperti Recovery Mode yang terlihat kaku.

Bagaimana Cara Menginstal TWRP di Android ?

Untuk menginstal TWRP di android mudah dilakukan. Sobat Santri Drajat bisa download TWRP di Play Store namun syaratnya adalah root. Android sobat harus sudah root terlebih dahulu. Kenapa harus root ? Karena TWRP akan mengakses penuh ke dalam sistem android jadi perlu adanya root ini.

Jika belum root apa bisa instal TWRP ? tetap bisa pasang TWRP namun menggunakan PC atau laptop yang menggunakan aplikasi atau software fastboot atau flashtool. Dan tidak semua HP Android TWRP nya sama. Sebelum memasang TWRP ini pastikan file installer TWRP sobat sesuai dengan smartphone android sobat ya. Manfaat selain kita bisa ganti custom ROM android yakni kita bisa melakukan root android dengan TWRP ini.

About Jun Setyawan

Aku tak sebaik yang kau ucapkan tetapi aku juga tak seburuk yang terlintas di hatimu (Ali Bin Abi Tholib)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *