Home - Sosial Media - Apa Itu Tanda Pagar (Hastag)

Apa Itu Tanda Pagar (Hastag)

Apa Itu Tanda Pagar (Hastag) – Tanda Pagar # atau masyarakat lebih banyak menamainya dengan HASTAG. Apa itu hastag atau tanda pagar ? Secara garis besar Hastag atau tanda pagar merupakan sebuah tanda yang banyak digunakan di sosial media untuk menandai topik yang dianggap penting atau juga bisa digunakan di dalam blog yang mana menunjukkan makna penting atau tanda penting seperti halanya di sosial media.

Baca juga : Tips Mengatasi Samsung Android Yang Lemot

Apa Itu Tanda Pagar (Hastag)

Asal Usul Tanda Pagar atau Hastag

Tanda Pagar atau Hastag atau juga bisa di singkat TAGAR (Tanda Pagar) awalnya digunakan untuk menunjukkan nomor. Misalnya #1 yang mana menunjukkan nomor satu atau juga bisa disebut tanda nomor. Di Kanada tanda ini saat itu populer digunakan. Di Amerika seita sendiri tanda ini dikenal sebagai tanda pon atau pound sign. Sedangkan di bagian amerika utara tanda ini digunakan di pesawat telepon yang dikenal sebagai Hash Key atau tanda pagar.

Pada tahun 1970 tanda pagar ini digunakan untuk menyoroti kasus tertentu. Pada tahun 1978, Brian Kernighan dan Dennis Ritchie menggunakan tanda pagar (#) dalam bahasa pemograman C.

Tanda pagar ini selanjutnya digunakan dalam jaringan IRC yang mana manfaatnya untuk mempermudah pengelompokkan topik tertentu.Pada umumnya tanda pagar ini digunakan untuk saluran (channel) atau topik yang ada di seluruh jaringan IRC.

Perkembangan Hastag Dalam Sosial Media

Penggunaan Hastag atau tanda pagar ini semakin berkembangan dengan berkembangannya sosial media, seperti twitter, facebook, google plus dan yang lainnya.

Untuk pertama kalinya tanda pagar di sosial media twitter di usulkan oleh seorang yang bernama Chris Messina. Chris Messina merupakan seorang advikat perangkat lunak sumber terbuka atau Open Source.

Akhirnya pada 2 Juli 2009 Twitter sebagai salah satu sosial media populer di dunia memberikan tautan untuk tanda dii seluruh tweet ke dalam hasil pencaria. Pada tahun 2010, twiiter memperkenalkan Trending Topik atau Topik Tren yang tampilan di halaman depan twitter yang mana menampilkan topik yang sedang populer dalam waktu tertentu. Saat ini sosial media lain pun menggunakan tanda pagar sebagai tanda untuk topik yang dibahas.

Tanda pagar dapat diibaratkan sebagai forum tanpa moderator yang mana dapat digunakan untuk membahas topik tertentu di dalam sosial media. Misalnya saja tentang #santri di facebook maka ketika kita mengklik #santri otomatis akan muncul orang yang sama-sama menggunakan tanda #santri ini. Hal ini merupakan upaya menarik orang lain untuk membahas topik tersebut. Bisa juga untuk digunakan mendukung, menolak, kuis berhadiah, atau yang lainnya

Semoga penjelasan tentang apa itu tanda pagar, asal usul tanda pagar, sejarah perkembangannya di sosial media ini dapat manambah wawasan kita. Semoga bermanfaat.

Loading...

About Jun Setyawan

Aku tak sebaik yang kau ucapkan tetapi aku juga tak seburuk yang terlintas di hatimu (Ali Bin Abi Tholib)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *