Home » INTERNET » Apa itu FUP (Fair Usage Policy)

Apa itu FUP (Fair Usage Policy)

Apa itu FUP (Fair Usage Policy) – Zaman sekarang paket internet lebih penting daripada pulsa biasa. Sampai-sampai berbagai proveder kartu seluler menyediakan paket khusus internet. Coba ingat beberapa tahun yang lalu, apakah ada banyak paket internet seperti sekarang?

Hampir semua provider telepon selular menyediakan paket internet. Tidak hanya provider GSM tetapi juga CDMA. Dan juga di setiap provider banyak sekali jenis paket internetnya. Ada yang midnight, 24 Jam, dan lain sebagainya, sampai bingung pilih yang mana. 😀

Baca juga : Paket Internet Murah dari Telkomsel

Paket internet dari operator yang banyak dicari oleh masyarakat adalah paket unlimited. Tetapi sampai sekarang saya belum menemukan paket internet unlimited yang disediakan provider GSM ini. Ada yang unlimited tetapi ada FUP-nya. FUP itu apa ? Yuks kita bahs di artikel Apa itu FUP (Fair Usage Policy) ini

Apa itu FUP (Fair Usage Policy)

Apa itu FUP (Fair Usage Policy)

ket internet unlimited merupakan paket data yang tidak membatasi kuoata pengguna. Misalnya saja selama sebulan menggunakan 7 Gb atau 12 Gb maka bayarnya tetap saja sama. Misalnya saja bayarnya 200ribu. Maka setiap bulan bayarnya tetap 200rb walau internet tidak dipakai sekalipun.

Tetapi paket unlimited seperti di atas biasanya hanya ada di provider yang menggunakan kabel seperti MNC Play, My Republic dan lainnya. Bagaimana dengan provider GSM dan CDMA ? Apakah mereka menyediakan paket internet unlimited ?

Sampai saat ini belum ada operator GSM dan CDMA yang berani menyediakan paket unlimited tanpa FUP. FUP adalah kepanjangan dari Fair Usage Policy atau batas penggunaan wajar. Misalnya saja Operator A menyediakan paket internet unlimited dengan FUP 4 GB. Maka jika sudah melebihi 4 GB tersebut operator akan menurunkan kecepatannya. Jika masih di bawah 4 Gb maka kita bisa menggunakan kecepatan penuh dan stabil. Tetapi jika lebih dari 4 Gb kecepatannya turun.

Mengapa sampai ada FUP ? FUP bertujuan agar adil ke semua pelanggan dari operator. Karena bisa saja pelanggan 1 menggunakan internet yang tidak wajar. Karena ada pengguna yang menggunakan layanan internet untuk mendownload data baik itu film atau permainan secara terus-menerus. Dan hal itu dilakukan sampai ke level tak wajar. Hal itulah yang dapat mengganggu kualitas layanan dan kenyamanan pengguna lainnya yang membayar tarif yang sama. Karena itulah perlu adanya batasan semacam FUP ini.

Seperti itulah FUP (Fair Usage Policy). Sekarang sudah paham kan tentang Apa itu FUP (Fair Usage Policy). Semoga bermanfaat dan jangan lupa share.

Bagikan / Share

About Jun Setyawan

Aku tak sebaik yang kau ucapkan tetapi aku juga tak seburuk yang terlintas di hatimu (Ali Bin Abi Tholib)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *