Home » Software » Apa Itu Framework Dalam Dunia Pemrograman

Apa Itu Framework Dalam Dunia Pemrograman

Apa Itu Framework Dalam Dunia Pemrograman – Untuk membuat suatu aplikasi maka diperlukan adalah proses pemrograman atau coding. Membuat aplikasi tidaklah semua yang orang bayangkan. Tetapi bagi yang sudah expert atau memiliki pasion dalam bidang pemograman maka untuk membuat aplikasi adalah yang biasa atau bahkan bisa dibilang mudah.

Baca juga : Kelebihan Menulis Di Blog

Berbicara masalah pemograman. Seiring perkembangan teknologi kini telah hadir yang namanya framework. Framework merupakan sebuah software untuk memudahkan para programer untuk membuat sebuah aplikasi web yang di dalamnya terdapat berbagai fungsi diantaranya plugin dan konsep untuk membentuk suatu sistem tertentu supaya tersusun dan tersetruktur dengan rapih.

Apa Itu Framework Dalam Dunia Pemrograman

Apa Itu Framework Dalam Dunia Pemrograman

Framework bisa di ibaratkan sebuah komponen dari suatu mesin yang sudah siap digunakan. Mekanik tinggal merangkaianya saja. Mungkin ada bagian yang dikurangi dan juga ditambahi. Seperti itu juga framework. Developer atau orang yang membuat aplikasi akan merakit sebuah mesin dari bagian-bagian yang terpisah.

Walaupun “merakit” namun bukan berarti bukan bebas koding tetap saja developer harus paham tentang coding. Kalau memasang bagian mesin tentunya juga harus paham seperti apa dan dimana dipasang bagian tersebut. Untuk bisa paham tentang framework paling tidak haruslah paham tentang dasar-dasar dari bahasa pemograman PHP.

Secara garis besar framework saat ini dibagi menjadi 2 jenis yakni Framework PHP dan Framework CSS. Framework PHP merupakan framework yang tujukan untuk merancang sebuah sistem aplikasi. Sedangkan Framework CSS digunakan untuk merancang tampilan dari sebuah aplikasi.

Dan perlu diketahui Framework PHP juga ada banyak macamnya. Misalnya saja : Laravel, Yii, Code Igniter, Symfoni, Zend Framework, Cake PHP dan lain-lain. Sedangkan di Framework CSS ada Bootstrap, Gumby, Foundation, Less Framework, JQuery UI, Unsemantic, Blue Print CSS.

Baca juga : Pengertian Domain dan Hosting

Sudah paham kan tentang framework ? Jika kurang paham tentang artikel Apa Itu Framework Dalam Dunia Pemrograman ini bisa ditanyakan di kolom komentar. Atau apabila ada kalimat atau kata yang kurang tepat di dalam artikel ini bisa sobat benarkan. Semoga bermanfaat dan jangan lupa share ya.

About Jun Setyawan

Aku tak sebaik yang kau ucapkan tetapi aku juga tak seburuk yang terlintas di hatimu (Ali Bin Abi Tholib)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *