Home » Sosial Media » Apa itu Enkripsi End to End

Apa itu Enkripsi End to End

Apa itu Enkripsi End to End – Sering kali kita melihat tulisan Enkripsi End to End ini. Sebenarnya apa itu Enkripsi End to End ? Jika sobat belum ingat tentang Enkripsi End to End coba cek whatsapp sobat. Di sana ketika akan memulai chat dengan seseorang maka akan muncul tulisan Enkripsi End to End ini. Ada tulisan “You can send to this chat and calls now secured with end-to-end encryption.” Ingat kan ?

Apa itu Enkripsi End to End ?

Keamanan dalam sebuah teknologi sangatlah penting. Mengingat kerahasiaan seseorang atau perusahaan maka terciptalah teknologi kemananan yang mampu melindungi privasi dan keamanan pengguna jaringan internet. Contohnya kecil dalam hal kemanan jaringan internet. Misalnya saja ketika bertransaksi menggunakan internet banking maka keamanan adalah hal pokok. Kita harus benar-benar menyimpan password agar orang tidak mengetahuinya. Dan juga bertransaksi melalui jaringan aman https merupakan salah satu ciri transaksi yang aman.

Baca juga : Lebih Mengenal apa itu https ?

Salah satu satu teknologi keamanan jaringan adalah Enkripsi End to End. Enkripsi End to End merupakan pengamanan pengiriman data yang bersifat langsung dari pengirim ke penerima tanpa harus di simpan di server. Misalnya saja Ahmad mengirim pesan ke Maya menggunakan Enkripsi End to End maka pesan akan dibungkus dan dikirim ke Maya secara langsung dan tanpa harus disimpan di suatu server tertentu.

Apa itu Enkripsi End to End
Ilustrasi Enkripsi End to End

Karena pada umumnya pengiriman pesan tidak menggunakan Enkripsi End to End. Contohnya saja SMS. Ketika seseorang mengirim SMS ke pengguna lain maka selain penerima, server juga akan menerima pesan tersebut. Menurut situs resmi whatsapp yang mana merupakan sosial media populer yang sudah menggunakan teknologi Enkripsi End to End seperti di bawah ini :

Enkripsi end-to-end WhatsApp memastikan bahwa hanya Anda dan orang yang berkomunikasi dengan Anda sajalah yang dapat membaca apa yang telah dikirimkan, dan tidak ada orang lain di antara Anda, bahkan WhatsApp. Pesan-pesan Anda diamankan dengan sebuah kunci, dan hanya penerima dan Anda saja yang memiliki kunci spesial yang diperlukan untuk membuka dan membaca pesan Anda. Untuk keamanan tambahan, setiap pesan yang Anda kirimkan memiliki kunci yang unik. Semua ini terjadi secara otomatis: tidak perlu mengaktifkan pengaturan tertentu atau mengatur sebuah chat spesial yang rahasia untuk mengamankan pesan-pesan Anda.

Bagaimana ? Apa sobat sudah paham Apa itu Enkripsi End to End ? Jadi jika menggunakan jenis Enkripsi End to End pesan tidak bisa disadap loh, jadi lebih aman. Kiranya cukup sekian dulu tentang Apa itu Enkripsi End to End ini ya. Semoga bermanfaat dan jangan lupa share artikel Apa itu Enkripsi End to End ini agar lebih bermanfaat sob.

About Jun Setyawan

Aku tak sebaik yang kau ucapkan tetapi aku juga tak seburuk yang terlintas di hatimu (Ali Bin Abi Tholib)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *