Apa Itu Chromebook ? Kelebihan dan Kekurangan Chromebook

Apa Itu Chromebook ? Kelebihan dan Kekurangan Chromebook – Chromebook merupakan notebook atau laptop yang menggunakan sistem operasi Chrome OS besutan raksasa teknologi Google Inc.

Itulah cuplikan apa itu Chromebook. Karena beberapa hari ini banyak orang membicarakan hal ini. Mengapa demikian ?

Pemerintah Indonesia berencana membagikan laptop kepada para siswa atau mahasiswa yang mana harga laptop sekitar 10 juta.

Dengan harga 10 juta ini para siswa akan mendapatkan laptop dengan spesifikasi yang bisa dibilang terlalu mahal kalau dibanderol 10 juta.

Baca juga :  Cara Memblokir Situs di Laptop atau PC Komputer

Sebagai netizen pun saya kaget karena dengan harga 10 juta ini saya bisa mendapatkan laptop dengan spesifikasi cukup jauh di atas spesifikasi yang akan dibagikan pemerintah tersebut.

Dan pemerintah berencana akan menggandeng produsen laptop lokal seperti Zyrex, Advance. Laptop 10 juta yang akan dibagikan ini minimum spesifikasi nya sebagai berikut :

  • Tipe prosesor core: 2, frekuensi: ≥ 1,1 GHz, Cache 1M.
  • Memori standar terpasang : 4 GB DDR4.
  • Hard drive : 32GBUSB.
  • Port : dilengkapi USB 3.0.
  • Networking : WLAN adapter (IEEE 802.11ac/b/g/n)
  • Tipe grafis : HD integrated.
  • Audio : integrated.

 

Kalau dilihat spesifikasi dengan harga 10 juta tentu membuat kaget masyarakat. Pasalnya dengan harga seperti itu rasanya harganya mahal. Karena di brand lain harga 10 juta bisa dapat spesifikasi yang cukup handal.

Tapi dengar-dengar dengan harga 10 juta ini tidak hanya mendapatkan laptop tapi juga mendapatkan -kipas angin, kulkas- peralatan lainnya misalnya proyektor, dan lainnya. Entahlah

Dari spesifikasi di atas ada yang tidak biasa, yakni laptop tersebut di wajibkan menggunakan Chrome OS.

Baca juga :  Cara format Flasdisk Dengan Command Prompt atau CMD

Apa itu Chrome OS dan Chromebook ?

Chromebook merupakan laptop atau notebook yang menggunakan Chrome OS sebagai sistem operasinya. Jika kalian baru mendengar tentang Chrome OS maka tidak salah.

Karena di Indonesia sendiri Chromebook kurang populer. Kalah dengan Windows OS dan juga Mac OS. Tapi walaupun begitu Chrome OS ini cukup populer di luar negeri.

Chromebook pertama kali hadir ke publik tahun 2011. Cukup lama memang. Mengapa menggunakan nama Chrome OS. Tentu saja, karena sistem Operasi ini merupakan sistem operasi yang dikembangkan oleh Google Inc.

Dan yang paling asyik adalah UI atau tampilan dari sistem operasi ini mirip dengan Android. Jika mirip android maka tentu saja ada Playstore tempat download aplikasi gratis.

Atau bisa dikatakan Chromebook merupakan Android versi desktop. Karena memang dengan Chromebook ini pengguna berpindah dari android ke laptop dengan tampilan yang mirip.

Pengguna Chromebook harus bisa mengendalikan bermain game tentunya. Karena Chromebook ini tidak cocok untuk bermain game.

Chromebook cocok digunakan untuk penggunaan standar, misalnya ketik mengetik, browsing, dan hal standar lainnya.

Untuk editing pun mohon maaf, Chromebook tidak begitu cocok. Hal ini karena spesifikasi hardware yang biasanya digunakan masih standar.

Kalau hardware spesifikasi tinggi dan menggunakan Chrome OS bagaimana ? Jarang yang seperti. Kalau punya spesifikasi hardware high level ya lebih menggunakan sistem operasi yang lebih cocok, Windows misalnya.

Baca juga :  Cara Reset Printer Canon MP287 Error E08

Kelebihan Chromebook dan Chrome OS

Mengapa pemerintah memilih Chromebook sebagai notebook yang dibagikan secara gratis kepada siswa atau mahasiswa ? Mengapa menggunakan brand lokal? Mengapa tidak menggunakan laptop atau notebook brand luar ?

Tentu untuk kebaikan bersama. Industri perakitan atau pembuatan Chromebook asal Indonesia tentu akan membuat industri bergerak. Lebih membuka lapangan kerja juga tentunya.

Disisi lain juga karena Chromebook dianggap sebagai sistem operasi yang ringan. Tidak butuh hardware yang tinggi, cocok untuk pasar siswa dan mahasiswa yang harus serba online.

Dengan UI atau tampilan yang mirip android diharapkan siswa lebih antusias belajar. Bukan malah melakukan hal yang mubadzir dengan laptop tersebut.

Di buat bermain game pun tidak bisa. Tentu sisi positif akan membuat siswa lebih fokus belajar.

Untuk menjalankan Chrome OS ini tidak perlu hardware yang berlebihan. Cukup dengan spesifikasi di bawah ini kita menggunakan Chrome OS ini

  • Prosesor Intel Celeron Series atau MediaTek
  • RAM 2 GB atau 4 GB
  • Memori penyimpanan 64 GB
  • Layar HD (1.366 x 768 piksel)

Selain spesifikasi yang minimalis kita juga bisa menginstal aplikasi Android. Seru bukan ? Tentu saja. Dengan beragam aplikasi gratis dan instal yang sangat memuaskan untuk para pengguna.

Dan Chromebook ini merupakan sistem operasi open source. Alias gratis. Bukan seperti Windows atau Mac yang closed source atau berbayar. Tidak butuh crack dan sebagainya.

Baca juga :  Cara Mengatasi Flashdisk Yang Tidak Bisa Mengcopy File Besar

Kekurangan Chromebook dan Chromebook

Chromebook merupakan sistem operasi yang basisnya online. Sangat tergantung dengan jaringan internet.

Hal ini akan menjadi problem bagi masyarakat yang keterbatasan akan jaringan internet. Siswa yang jaringan internetnya stabil tentu tidak masalah. Tapi bagaimana dengan siswa atau siswa yang tinggal di daerah sulit mendapatkan jaringan internet ?

Untuk bermain game yang berat sebaiknya jangan menggunakan Chrome OS ini. Karena beda ekosistem. Chromebook ini cocok untuk pelajar tidak begitu bermain game.

Untuk desain grafis jangan berharap banyak. Sebaiknya untuk proses editing foto dan video menggunakan sistem operasi lainnya. Agar hasilnya maksimal.

Baca juga :  Penyebab Komputer Lemot dan Hang

Kesimpulan Penggunaan Chromebook

Dari ulasan di atas tentang Kelebihan dan Kekurangan Chromebook maka dapat kita simpulkan beberapa poin tentang Chromebook ini

  • Di desain untuk belajar mengajar
  • Aplikasi melimpah karena dapat menginstal aplikasi android
  • Spesifikasi hardware standard dan minimalis
  • Tidak cocok bermain game dan desain

Kalau menurut kalian dengan harga 10 juta ini apakah cocok dengan spesifikasi tersebut ? Kalau saya pribadi tentu saja tidak setuju. Dengan harga 10 juta kita bisa mendapatkan laptop yang lebih baik, bahkan di bawah 10 juta pun kita bisa mendapatkan spesifikasi yang sudah lumayan.

Ya semoga saja ada kabar baik dari pemerintah terkait soal laptop merah putih ini. Sekian dan terima kasih.

Apa Itu Chromebook ? Kelebihan dan Kekurangan Chromebook
Next Post

No more post

Aku tak sebaik yang kau ucapkan tetapi aku juga tak seburuk yang terlintas di hatimu (Ali Bin Abi Tholib)

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *