Home - Blog - Apa Bedanya Web Hosting dan Cloud Server

Apa Bedanya Web Hosting dan Cloud Server

Apa Bedanya Web Hosting dan Cloud Server – Bagi yang bergelut dengan dunia web mungkin sudah tidak asing lagi dengan istilah hosting. Hosting merupakan layanan penyewaan space hardisk (tempat penyimpanan data) yang dapat digunakan untuk menyimpan data untuk website, blog, email ataupun yang lain.

Baru-baru ini muncul istilah hosting Cloud Server. Mungkin bagi seseorang yang baru mengenal dunia hosting akan kebingungan dengan istilah ini. Lalu apa bedanya dengan hosting biasa yang telah lama ada. Apa kelebihannya ? Mari kita bahas satu persatu.

Web Hosting Biasa (Tradisional)

Ketika kita mencari hosting di internet maka akan muncul beberapa istilah seperti VPS, Web Hosting dan juga Cloud Server. Untuk masalah VPS sudah pernah saja jelaskan pada artikel Jenis-jenis hosting dan Domain.

Tradisional disini bukanlah hosting yang kuno, hanya agar lebih mudah dipahami saja istilah tradisional tersebut dipakai. Web Hosting merupakan kita menyewa sebuah space hardisk dengan kapasitas tertentu. Web Hosting digunakan untuk menyimpan berbagai aplikasi berbasis web. Tempat penyimpnan yang kita sewa ini tidaklah semuanya misalnya kita membeli 1 GB maka kita hanya mendapatkan space 1 GB tersebut. Yang sisanya kemana ? Tentunya di sewakan ke penyewa yang lain. Web Hosting sendiri terbagi menjadi beberapa macam, ada istilah shared hosting, dedicated hosting dan ada pula VPS (Virtual Private Server). Pada intinya web hosting ini hanya mengandalkan satu mesin server jadi ketika dipakai bersama dengan penyewa lain.

Kelebihan Web Hosting ini adalah harga sewa lebih murah dari pada Cloud Server cocok untuk pemula yang ingin belajar tentang internet.

Kekurangan Web Hosting ini adalah apabila server down maka akan membutuhkan waktu yang lama untuk memperbaikinya. Namun terkadang hal itu tidak berlaku jika penjual web hosting tersebut langsung tanggap memperbaikinya. Kalau saya sendiri sekarang ini masih menyewa hosting di jayahost. Baca alasan saya menggunakan jayahost ya 😀

Cloud Server

Mungkin ada pernah melihat iklan Cloud Server. Mungkin muncul tanda tanya di kepala anda apa itu Cloud Server ?

Cloud Server merupakan teknologi penggabungan beberapa server hosting menjadi satu. Antara satu server dan yang lain saling terhubung. Sistem yang berjalan di server inipun tidak hanya satu. Ibaratnya seperti jaringan LAN. Kalau dalam dunia fisik disebut LAN sedang dalam Cloud Server ini disebut VLAN (Virtual Local Area Network). Jadi jika ada salah sistem yang down maka otomatis akan digantikan oleh sistem yang lain. Sistem ini maksutnya apa ? sistem disini maksutnya adalah sistem aplikasi yang mengelola dan mengatur hosting. Cloud Server juga dapat digunakan untuk merubah kebutuhan Core CPU dan juga RAM yang biasa disebut On Demand. Namun tidak semua cloud server mendukung On Demand, ada pula yang tidak mendukung On Demand ini.

Kelebihan Cloud Server ini adalah seperti yang disebutkanb di atas bahwa ketika salah satu sistem down maka akan digantikan oleh sistem yang lain, jadi pengujung website atau blog anda tidak akan kecewa karena website tetap dapat di akses sepenuhnya.

Kekurangan Cloud Server ini adalah harga yang ditawarkan relatif lebih mahal daripada hosting biasa. Istilahnya ada uang ada barang. Memang demikian, jika harga lebih mahal tentunya fasilitas yang diberikan juga lebih banyak.

Begitulah beda antara web hosting dengan cloud server. Jika penjelasan di atas kurang memahamkan mohon maaf ya 😀 Namun saya harap tulisan ini tetap bisa memahamkan para pembaca

About Jun Setyawan

Aku tak sebaik yang kau ucapkan tetapi aku juga tak seburuk yang terlintas di hatimu (Ali Bin Abi Tholib)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *